Pengertian Zuhud Menurut Bahasa dan Istilah (Hukum – Contoh – Manfaat)

Agama Melisa

Hello sobat apa kabar ? Berjumpa lagi dengan admin Sumberpengertian.com yang akan membagikan info tentang Pengertian Zuhud, Contoh Perilaku Zuhud dalam kehidupan sehari-hari dan Hikmah atau Manfaat dari perilaku Zuhud.

Pengertian Zuhud Menurut Bahasa dan Istilah

Pengertian Zuhud Menurut Bahasa dan Istilah

Pengertian Zuhud menurut bahasa adalah meninggalkan, tidak menyukai, atau menjauhkan diri.

Pengertian Zuhud menurut istilah tidak mementingkan hal – hal yang bersifat keduniawian, atau meninggalkan gemerlap kehidupan yang bersifat material dalam mengabdikan diri kepada Allah SWT.

Gemerlapnya kehidupan dunia ini menjadikan perilaku zuhud sangat penting untuk dimiliki. Hal ini juga dapat mengendalikan diri dari hal-hal negatif yang bersifat keduniawian.

Baca juga : Pengertian Korelasi dan Jenis-jenisnya

Hukum Perilaku Zuhud

Hukum dan dasar perilaku zuhud terdapat firman Allah dalam

Q.S An-nissa ayat 77

“Tidakkah kamu perhatikan orang-orang yang dikatakan kepada mereka: “Tahanlah tanganmu (dari berperang), dirikanlah sembahyang dan tunaikanlah zakat!” Setelah diwajibkan kepada mereka berperang, tiba-tiba sebahagian dari mereka (golongan munafik) takut kepada manusia (musuh), seperti takutnya kepada Allah, bahkan lebih sangat dari itu takutnya. Mereka berkata: “Ya Tuhan kami, mengapa Engkau wajibkan berperang kepada kami? Mengapa tidak Engkau tangguhkan (kewajiban berperang) kepada kami sampai kepada beberapa waktu lagi?” Katakanlah: “Kesenangan di dunia ini hanya sebentar dan akhirat itu lebih baik untuk orang-orang yang bertakwa, dan kamu tidak akan dianiaya sedikitpun.” (Q.S An – Nisa ayat 77 )

Q.S Al – Qasas ayat 77

Dan carilah pada apa yang telah dianugerahkan Allah kepadamu (kebahagiaan) negeri akhirat, dan janganlah kamu melupakan bahagianmu dari (kenikmatan) duniawi dan berbuat baiklah (kepada orang lain) sebagaimana Allah telah berbuat baik, kepadamu, dan janganlah kamu berbuat kerusakan di (muka) bumi. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berbuat kerusakan.” (Q.S Al – Qasas ayat 77)

Q.S Al -an’am ayat 32

“Dan tiadalah kehidupan dunia ini, selain dari main-main dan senda gurau belaka. Dan sungguh kampung akhirat itu lebih baik bagi orang-orang yang bertakwa. Maka tidakkah kamu memahaminya?” (Q.S Al -an’am ayat 32)

Contoh Perilaku Zuhud

Berikut adalah contoh perilaku zuhud yang ada dalam kehidupan sehari-hari :

  • Selalu bersyukur atas nikmat Allah
  • Hidup dengan sederhana
  • Tidak bersikap sombong
  • Selalu mencintai Allah dan mengharapkan ridhonya
  • Tidak bermewah-mewahan

Hikmah dan Manfaat Perilaku Zuhud

Banyak sekali manfaat dan hikmah yang diperoleh dari perilaku zuhud diantaranya :

  • Hatinya tentram dan damai
  • Selalu merasa cukup atas nikmat yang diberikan Allah SWT
  • Hidupnya selalu bahagia
  • Tidak terlena dengan kehidupan dunia
  • Dapat menahan diri dan menahan dari hal-hal yang negatif

Baca juga : Pengertian Tasamuh Beserta Dalil dan Contohnya

Demikian informasi tentang pengertian Zuhud, hikmah perilaku zuhud, Contoh perilaku zuhud serta hikmahnya. Semoga informasi ini bermanfaat bagi pembaca sekaligus penulis. Sampai jumpa pada artikel selanjutnya 🙂

You Might Also Like

No Comments

Leave a Reply

Most popular articles related to Pengertian Zuhud Menurut Bahasa dan Istilah (Hukum – Contoh – Manfaat)