Pengertian Yudisium dan Wisuda dalam Perkuliahan

Posted on

Pengertian Yudisium dan Wisuda – Dalam sistem akademik khususnya sekolah tinggi atau Universitas terdapat istilah yang disebut dengan Yudisium. Meski sudah banyak yang mengalami proses ini namun tidak semua mengetahui apa itu Yudisium. Karenanya mimin secara khusus mengulaskannya untuk sobat.

Pengertian Yudisium dan Wisuda dalam Perkuliahan

Pengertian Yudisium

Yudisium adalah proses akademik yang menyangkut penerapan nilai dan kelulusan mahasiswa dari seluruh proses akademik yang telah dijalaninya.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia yudisium adalah penentuan nilai (lulus) suatu ujian sarjana lengkap (di perguruan tinggi).

Rapat Yudisium diseleggarakan oleh Senat Fakultas atau Program Pascasarjana, sedangkan keputusan Yudisium dinyatakan dengan keputusan Dekan atau Direktur Program Pascasarjana.

Dapat diartikan bahwa pengertian Yudisium merupakan pengumuman nilai pada mahasiswa sebagai proses penilaian akhir dari seluruh mata kuliah yang telah diambil mahawiswa dan penetapan dilai dalam transkip akademik, serta memutuskan lulus atau tidaknya mahasiswa dalam jangka waktu tertentu yang ditetapkan oleh yang berwenang yang dihasilkan dari keputusan rapat.

Baca juga : Pengertian Lembaga Sosial, Jenis dan Fungsinya

Pengertian Wisuda

Wisuda adalah proses akhir dalam rangkaian kegiatan akademik pada sebuah perguruan tinggi. Wisuda juga merupakan tanda pengukuhan atas selesainya studi dan diadakan prosesi pelantikan melalui rapat senat terbuka.

Upacara wisuda ini biasanya diadakan bebarengan dengan seluruh program studi dalam sebuah universitas.

Prosesi wisuda ini tidak sama waktunya pada setiap Universitas. Ada yang dilakukan dua kali setahun ada yang sekali setahun dan lain lain. Hal ini bertujuan untuk menghindari terlalu banyaknya peserta.

Perbedaan Yudisium dan Wisuda

Yudisium adalah penerapan nilai dan kelulusan mahasiswa, sedangkan wisuda adalah tanda pengukuhan selesainya studi.

Bagaimana sobat apakah sudah faham tentang pengertian Yudisium, pengertian wisuda, serta perbedaan dari keduanya? Simak info lainnya hanya di Sumberpengertian.com yaa 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *