Pengertian Xilem dan Floem beserta Unsur-Unsurnya

Posted on

Pengertian Xilem dan Floem – Hai sobat, bertemu lagi dengan Sumberpengertian.com yang akan berabagi informasi terkait pengertian Xilem dan Floem beserta unsur-unsurnya. Agar lebih mudah memahaminya simaklah artikel ini dengan seksama yaa 🙂

Pengertian Xilem dan Floem

Pengertian Xilem (Pembuluh Kayu)

Pengetian Xilem adalah jaringan pengangkut pada tumbuhan yang berfungsi mengangkut air dan mineral dari akar menuju daun.

Xilem merupakan jaringan yang sangat kompleks dan terdiri dari berbagai macam sel. Umumnya jaringan ini terdiri dari sel mati dengan dinding tebal yang mengandung lignin.

Selain berfungsi sebagai jaringan pengankut xilem juga berfungsi sebagai jaringan penguat. Jaringan xylem disebut juga dengan istilah pembuluh kayu.

Unsur-unsur Xilem

Xilem terdiri dari beberapa komponen yakni trakea, trakeida, serat xilem dan parenkim xilem. Berikut adalah penjelasan terkait unsur-unsur yang ada dalam xilem.

Trakea

Trakea yakni komponen dari xilem yang terdiri dari tabung-tabung berdinding tebal. Tabung-tabung tersebut dilapisi oleh selulosa sekunder dan lignin sehingga teksturnya keras dan kuat.

Umumnya unsur trakea hanya terdapat pada tumbuhan berbiji tertutup atau yang disebut dengan angiospermae. Pengecualian untuk tumbuhan berbiji terbuka hanya ditemukan pada tanaman melinjo.

Trakeid

Trakeid yakni sebuah trakea yang memiliki diameter lebih kecil dibandingkan dengan diameter trakea. Diameter rata-ratanya adalah 30 mm dan pada trakeida terdapat pada semua tumbuhan berbiji (spermatophyta).

Parenkim Xilem

Parenkim Xilem tediri dari sel-sel yang masih hidup. Parenkim Xilem dapat ditemukan pada xilem primer dan xilem sekunder. Untuk xilem sekunde dapat ditemukan 2 jenis parenkim yakni parenkim kayu dan jari-jari empulur.

Sel parenkim berfungsi sebagai tempat cadangan makanan berupa zat tepung. Zat tepung ini biasanya tertimbun sampai saat-saat pertumbuhan kemudian berkurang bersamaan dengan kegiatan kambium.

Baca juga : Pengertian Qanaah, Dasar Hukum, Manfaat dan Contohnya

Pengertian Floem

Pengertian Floem adalah sebuah jaringan pengangkut pada tuanaman yang berfungsi menyalurkan hasil fotosintesis dari daun ke seluruh bagian tanaman.

Hasil fotosintesis ini berguna untuk proses pertumbuhan pada tanaman. Jaringan floem terdiri dari sel-sel hidup dan sel-sel mati.

Unsur-unsur Floem

Jaringan floem terdiri dari beberapa unsur yakni parenkim floem, sel pengantar, sel albumin, serat-serat floem, dan unsur tapis. Berikut adalah penjelasannya :

Unsur-unsur Tapis

Unsur tapis memiliki ciri daerah tipis di bagian dinding dan intinya hilang dari protoplas. Daerah tapis ini merupakan daerah noktah yang termodifikasi dan tampak sebagai daerah cekung di dinding yang berpori-pori.

Sel Pengantar

Sel Pengantar merupakan sel muda yang bersifat meristematis. Komponen ini diperkirakan berfungsi sebagai pembawa hormon penyembuh luka dan sebagai penya;ur fotosintat bagi sel-sel tapis.

Parenkim Floem

Parenkim Floem adalah jaringan parenkim yang berada di jaringan pengangkut tapis. Fungsinya adalah sebagai tempat penyimpanan karbohidrat, tanin, resin, lemak dan zat organik lainnya.

Sel Albumin

Jaringan Floem yang satu ini merupakan sebuah sel jari empulur yang kaya akan zat putih telur. Sel ini berupa sel mati yang berfungsi sebagai pelindung sel pengantar.

Serat-serat Floem

Serat-serat Floem merupakan penyusun yang terdiri dari dua komponen yakni komponen floem primer dan floem sekunder.

Floem primer terletak pada organ tumbuhan yang masih mengalami pertumbuhan memanjang. Sedangkan Floem Sekunder terletak di dalam sel-sel kambium.

Demikian penjelasan tentang pengertian xilem, pengertian floem serta unsur-unsur penyusunya. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan anda 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *