10 Pengertian Wirausaha Menurut Para Ahli

Umum Melisa

Pengertian Wirausaha Menurut Para Ahli – Kita pasti sering mendengar istilah Wirausaha. Istilah ini sering digunakan dalam kehidupan dan pekerjaan. Jadi apa sih pengertian Wirausaha ? Baiklah langsung saja kita simak artikel selengkapnya.

Pengertian Wirausaha Menurut Para Ahli

Pengertian Wirausaha Secara Umum

Pengertian Wirausaha adalah kemampuan untuk berdiri sendiri mengejar peluang yang menuntut kemampuan mengelola dan pengalaman untuk memacu kreativitas.

Sehingga dikatakan bahwa wirausaha adalah suatu proses dalam mengerjakan sesuatu yang baru, kreatif, dan inovatif yang bermanfaat dan memiliki nilai lebih.

Baca juga : Pengertian Warga Negara Menurut Para Ahli

Pengertian Wirausaha Menurut Para Ahli

Joko Untoro

Joko Untoro mengemukaakan bahwa pengertian kewirausahaan adalah suatu keberanian untuk melakukan upaya upaya memenuhi kebutuhan hidup yang dilakukan oleh seseorang, atas dasar kemampuan dengan cara manfaatkan segala potensi yang dimiliki untuk menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi dirinya dan orang lain.

J.Leach Ronald Melicher

J.Leach Ronald Melicher mengartikan kewirausahaan sebagai sebuah proses dalam merubah ide menjadi kesempatan komersil dan menciptakan nilai (harga).

Eddy Soeryanto Soegoto

Menurut Eddy Soeryanto Soegoto kewirausahaan atau entrepreneurship adalah usaha kreatif yang dibangun berdasarkan inovasi untuk menghasilkan sesuatu yang baru, memiliki nilai tambah, memberi manfaat, menciptakan lapangan kerja dan hasilnya berguna bagi orang lain.

Stein dan John F. Burgess (1993:35)

Pengertian wirausaha menurut Stein dan John F. Burgess adalah orang yang mengelola, mengorganisasikan, dan berani menanggung segala risiko untuk menciptakan peluang usaha dan usaha baru.

Ahmad Sanusi (1994)

Pengertian kewirausahaan adalah suatu nilai yang diwujudkan dalam perilaku yang dijadikan sumber daya, tenaga penggerak, tujuan, siasat, kiat, proses, dan hasil bisnis .

Zimmerer (1996)

Pengertian Wirausaha menurut Zimmerer adalah suatu proses penerapan kreativitas dan keinovasian dalam memecahkan persoalan dan menemukan peluang untuk memperbaiki kehidupan usaha.

Baca juga : Pengertian Konstitusi Menurut Para Ahli

Soeharto Prawiro (1997)

Pengertian Wirausaha adalah suatu nilai yang dibutuhkan untuk memulai usaha dan mengembangkan usaha.

Siswanto Sudomo (1989)

Pengertian Kewirausahaan atau entrepreneurship menurut Siswanto Sudomo adalah segala sesuatu yang penting mengenai seorang wirausaha, yakni orang yang memiliki sifat bekerja keras dan berkorban, memusatkan segala daya dan berani mengambil risiko untuk mewujudkan gagasannya.

Joseph C. Schumpeter

Joseph C. Schumpeter berpendapat bahwa wirausaha adalah orang yang mampu menghancurkan keseimbangan pasar dan kemudian membentuk keseimbangan pasar yang baru dan mengambil keuntungan-keuntungan atas perubahan-perubahan tersebut.

 J.B Say (1803)

Menurut J.B Say wirausaha adalah pengusaha yang mampu mengelola sumber-sumber daya yang dimiliki secara ekonomis (efekif dan efisien) dan tingkat produktivitas yang rendah menjadi lebih tinggi.

Demikian 10 Pegertian Wirausaha Menurut Para Ahli yang dapat kami sampaikan untuk sobat. Semoga informasi yang ada di Sumberpengertian.com ini dapat bermanfaat bagi anda.

You Might Also Like

No Comments

Leave a Reply

Most popular articles related to 10 Pengertian Wirausaha Menurut Para Ahli