Pengertian Website Menurut Para Ahli Terlengkap !

Posted on

Pengertian Website – Hai sobat, tau nggak sih apa itu pengertian Website ? Meskipun kita sudah sering mengunjungi situs internet namun tentunya masih banyak yang belum faham tentang definisi Website. Untuk itu kami akan mengulas pengertian Website secara umum dan menurut pendapat para ahli.
Pengertian Website Menurut Para Ahli

Pengertian Website

Website adalah halaman web atau situs yang saling berhubungan oleh perorangan, kelompok atau organisasi.

Umunya sebuah situs ditempatkan pada sebuah server web yang dapat diakses melalui jaringan seperti Internet atau jaringan area lokal (LAN) melalui alamat internet yang dikenal dengan URL.

Kombinasi dari semua situs yang dapat diakses publik di internet juga dikenal dengan World Wide Web atau disingkatan WWW.

Pengertian Website Menurut Para Ahli

Beberapa ahli telah mendefinisikan Website dengan cara pandang yang berbeda antara lain :

A. Taufiq Hidayatullah

Mendurut pandangan A. Taufiq Hidayatullah Web adalah bagian yang paling terlihat sebagai jaringan terbesar di dunia, yaitu intrenet.

Ali Zaki & Smitdev Community

Website menurut Ali Zaki & Smitdev Community adalah beberapa kumpulan dari halaman web yang terdapat pada satu domain, yang terdiri dari 2 atau lebih halaman web.

Boone (Thomson)

Pengertian Website Menurut Boone (Thomson) adalah kumpulan grafis yang kaya sumber daya yang saling berhubungan satu sama lain di Internet yang lebih besar.

Feri Indayudha

Pengertian website menurut Feri Indayudha adalah sebuah program yang dapat memuat film, gambar, suara & musik yang ditampilkan di internet.

Gregorius, 2000:30

Menurut Gregorius, 2000:30 Website adalah kumpulan halaman web yang saling terhubung dan file-filenya saling terkait. Web terdiri dari page atau halaman, dan kumpulan halaman yang dinamakan homepage. Homepage berada pada posisi teratas, dengan halaman-halaman terkait berada di bawahnya. Biasanya setiap halaman di bawah homepage disebut child page, yang berisi hyperlink ke halaman lain dalam web.

Haer Talib

Haer Talib berpendapat bahwa Website adalah tempat di Internet yang mempunyai nama serta alamat.

Hakim Lukmanul

Hakim Lukmanul berpendapat bahwa Website merupakan fasilitas internet yang menghubungkan dokumen dalam lingkup lokal maupun jarak jauh. Dokumen pada website disebut dengan web page dan link dalam website memungkinkan pengguna bisa berpindah dari satu page ke page lain (hyper text), baik diantara page yang disimpan dalam server yang sama maupun server diseluruh dunia. Pages diakses dan dibaca melalui browser seperti Netscape Navigator, Internet Explorer, Mozila Firefox, Google Chrome dan aplikasi browser lainnya

Jasmadi

Menurut Jasmadi website adalah kumpulan halaman-halaman web beserta file-file pendukungnya, seperti gambar, video, dan file digital lainnya yang diletakkan di host atau web server yang umumnya diakses melalui internet.

Sukarno & Hianoto

Menurut Sukarno & Hianoto Website adalah aset sama seperti halnya rumah, dan saat ini mulai lumrah di perjual belikan.

Suwanto Raharjo S.Si, M.Kom

Suwanto Raharjo S.Si, M.Kom menyatakan bahwa Layanan Web adalah salah satu Internet yang paling banyak dipergunakan dibandingkan dengan layanan lain seperti ftp, gopher, news atau bahkan email.

Yuhefizar

Pengertian Website Menurut Yuhefizar adalah metode untuk menampilkan informasi di internet, baik itu berupa teks, gambar, video & suara maupun interaktif memiliki keuntungan yang menghubungkan (link) dari dokumen dengan dokumen lainnya (hypertext) yang dapat diakses melalui browser.

Baca juga :

Inilah Pengertian Website secara umum dan menurut pendapat para ahli. Semoga artikel yang kami bagikan ini dapat bermanfaat dan memperluas wawasan sobat 🙂 Sampai jumpa pada artikel pendidikan lainnya yaa 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *