Pengertian Wawasan Nusantara Menururt Para Ahli

Posted on

Pokok bahasan kali ini adalah tentang Pengertian Wawasan Nusantara. Wawasan Nusantara sangat erat kaitanya dengan cara hidup berbangsa dan bernegara. Jadi apa sih wawasan nusantara itu ? Yuk kita simak pengertian selengkapnya.

Pengertian Wawasan Nusantara Menurut Para Ahli

Pengertian Wawasan Nusantara

Wawasan Nusantara adalah cara pandang terhadap kesatuan kepulauan yang terletak antara dua benua yaitu asia dan australia dan dua samudra yaitu samura hindia dan samudra pasifik.

Wawasan Nusantara merupakan istilah yang berasal dari bahasa Jawa yakni dari kata “Wawas” yang diartikan sebagai pandangan, tinjauan, atau penglihatan inderawi dan Nusantara yakni kesatuan kepulauan yang terletak dari dua benua yaitu asia dan australia dan dua samudra yaitu samudra hindia dan pasifik.

Pengertian Wawasan Nusantara Menurut Para Ahli

Kamus Besar Bahasa Indonesia

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia pengertian wawasan nusantara adalah pandangan atau anggapan bahwa Nusantara adalah kepulauan yang merupakan suatu kesatuan, termasuk semua laut dan selatnya.

Wikipedia

Menurut Wikipedia pengertian wawasan nusantara adalah adalah cara pandang dan sikap bangsa Indonesia mengenai diri dan bentuk geografinya berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

Dalam pelaksanaanya wawasan nusantara mengutamakan kesatuan wilayah dan menghargai kebhinekaan untuk mencapai tujuan nasional.

Tap MPR Tahun 1993 dan 1998 Tentang GBHN,

Menurut Tap MPR Tahun 1993 dan 1998 Tentang GBHN wawasan nusantara diartikan sebagai ara pandang dan sikap bangsa Indonesia mengenai diri dan lingkungan dengan mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa serta kesatuan wilayah dalam menyelenggarakan kehidupan masyarakat, berbangsa, dan bernegara untuk mencapai tujuan nasional.

Kel. Kerja LEMHANAS

Menurut Kel. Kerja LEMHANAS (Lembaga Pertahanan Nasional) tahun1999 adalah cara pandang dan sikap bangsa indonesia mengenai diri dan lingkungan yang beragam dan bernilai startegis dengan mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa dan kesatuan wilayah dalam menyelenggarakan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara untuk mencapai tujuan nasional.

Baca juga : Pengertian Dongeng, Struktur dan Jenisnya

Fungsi Wawasan Nusantara

Wawasan nusantara memiliki banyak fungsi yakni :

Wawasan nusantara sebagai konsepsi ketahanan nasional

Wawasan nusantara dijadikan konsep dalam pembangunan nasional, pertahanan keamanan, dan kewilayahan.

Wawasan nusantara sebagai wawasan pembangunan

Fungsi wawasan nusantara yakni dalam bidang pembangunan yang  mempunyai cakupan kesatuan politik, kesatuan ekonomi, kesatuan sosial dan ekonomi, kesatuan sosial dan politik, dan kesatuan pertahanan dan keamanan.

Wawasan nusantara sebagai wawasan pertahanan dan keamanan negara

Dalam hal ini wawasan nasional merupakan pandangan geopolitik Indonesia dalam lingkup tanah air Indonesia sebagai satu kesatuan yang meliputi seluruh wilayah dan segenap kekuatan negara.

Wawasan nusantara sebagai wawasan kewilayahan

Wawasan nusantara juga berfungsi sebagai wawasan kewilayahan dan berfungsi dalam pembatasan negara, agar tidak terjadi sengketa dengan negara tetangga.

Tujuan Wawasan Nusantara

Tujuan dari wawasan nusantara terbagi menjadi dua hal yakni :

Tujuan Nasional

Tujuan nasional dapat dilihat dalam Pembukaan UUD 1945, dijelaskan bahwa tujuan kemerdekaan Indonesia adalah “untuk melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk mewujudkan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan perdamaian abadi dan keadilan sosial”.

Tujuan ke Dalam

Tujuan kedalam adalah mewujudkan kesatuan segenap aspek kehidupan baik alamiah maupun sosial, maka dapat disimpulkan bahwa tujuan bangsa Indonesia adalah menjunjung tinggi kepentingan nasional, serta kepentingan kawasan untuk menyelenggarakan dan membina kesejahteraan, kedamaian dan budi luhur serta martabat manusia di seluruh dunia.

Asas Wawasan Nusantara

Beberapa asas atau landasan yang harus dipenuhi dalam mewujudkan hal tersebut diantaranya :

  • Keadilan
  • Kejujuran
  • Kepentingan/tujuan yang sama
  • Kerja sama
  • Kesetiaan terhadap kesepakatan
  • Solidaritas

Dasar Wawasan Nusantara

Dasar atau landasan dari wawasan nusantara sendiri mengacu kepada dua hal yakni :

  • Landasan Idil yakni : pancasila
  • Landasan Konstitusional yanki : Undang-undang Dasar 1945

Dasar Hukum Wawasan Nusantara

Wawasan Nusantara memiliki dasar hukum yang kuat yakni :

  • Tap MPR. No. IV/MPR/1973 pada tanggal 22 maret 1973
  • Tap MPR. No IV/1978/22/Maret/1978/ tentang GBHN
  • Tap MPR. No. II/MPR/1983/12/Maret/1983

Demikian pengertian wawasan nusantara, landasan hukum, fungsi serta tujuannya. Semoga pengetahuan akan wawasan nusantara ini dapat bermanfaat bagi anda. Simak info penting lainnya di Sumberpengertian.com yaa 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *