Pengertian Wawancara (Interview), Jenis-jenis dan Tujuan Wawancara

B. Indonesia Melisa

Pengertian Wawancara, Jenis-jenis dan Tujuan Wawancara – Kalian mungkin pernah mendengar seseorang melakukan wawancara di televisi. Atau mungkin saja kala pernah melakukan wawancara atau interview untuk melamar pekerjaan. Jadi apasih yang dimaksud dengan wawancara? Untuk sobat yang belum tau mimin akan menjelaskannya langsung kepada sobat. Simak dengan seksama yaa 🙂

Pengertian Wawancara, Jenis dan Tujuan Wawancara

Pengertian Wawancara (Interview)

Wawancara adalah percakapan antara dua orang atau lebih dan berlangsung antara narasumber dan pewawancara.
Wawancara berasal dari Bahasa Inggris yakni Interview. Wawancara juga disebut dialog panjang.

Orang yang mencari informasi disebut pewawancara (interviewer ) , sedangkan orang yang memberikan informasi disebut narasumber (interviewee).

Baca juga : 25 Pengertian Seni Tari Menurut Para Ahli Lengkap !

Jenis-Jenis Wawancara

Jenis-jenis wawancara dapat dibedakan menjadi berikut :

Wawancara bebas

Wawancara bebas merupakan kegiatan wawancara yang pertanyaannya tidak disusun lebih dahulu. Wawancara jenis ini juga biasanya disebut dengan wawancara tidak terstruktur.

Wawancara terpimpin

Wawancara terpimpin merupakan wawancara yang mana pertanyaannya sudah disiapkan sebelumnya. Wawancara jenis ini biasa disebut dengan wawancara berstuktur.

Wawancara Individual

Merupakan wawancara yang dilakukan oleh seorang wawancara pada narasumber tunggal.

Wawancara konferensi

Wawanara Konferensi merupakan wawancara yang dilakukan oleh pewawancara dengan sejumlah responden atau wawancara yang dilakukan oleh sejumlah pewawancara dengan seorang responden.

Wawancara terbuka

Wawancara jenis ini memiliki pertanyaan yang tidak terbatas (tidak terikat) jawabanya. biasanya pertanyaan akan menghendaki penjelasan serta pendapat.

Wawancara tertutup

Wawancara tertutup yaitu wawancara yang memiliki pertanyaan terbatas. Biasanya wawancara ini sudah disiapkan lembar pertanyaan (questionaire) dengan jawaban yang telah disiapkan untuk dipilih.

Baca juga : Pengertian Waralaba (Franchise) Menurut Para Ahli beserta Jenis-jenisnya

Tujuan Wawancara

Wawancara memilki beberapa tujuan yang memenuhinya diantaranya adalah :

  • Tujuan wawancara adalah untuk mendapatkan data dari tangan pertama (primer), sehingga data yang didapat akan lebih akurat.
  • Untuk melengkapi beberapa pengumpulan data dari teknik lainnya
  • Tujuan wawancara adalah untuk menguji hasil data yang sebelumnya sudah terkumpul.

Wawancara dapat ditemukan diberbaagai media, baik media elektronik maupun media massa. Dalam media elektronik wawancara dapat ditemukan baik di televisi, radio, maupun internet. Sementara itu, dari media massa wawancara dapat ditemukan di surat kabar dan majalah.

Demikian informasi yang dapat mimin sampaikan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sampai jumpa pada artikel selanjutnya di Sumberpengertian.com 🙂

 

You Might Also Like

No Comments

Leave a Reply