Pengertian Variabel Penelitian Menurut Para Ahli dan Umum Serta Jenisnya

Posted on

Pengertian Variabel Penelitian – Pada kesempatan yang baik ini Sumberpengertian.com akan membagikan informasi mengenai Pengertian Variabel Penelitian dan Jenis-jenis Variabel Penelitian.

Pengertian Variabel Penelitian Menurut Para Ahli dan Umum Serta Jenisnya

Pengertian Variabel Penelitian Secara Umum

Pengertian Variabel Penelitian adalah suatu objek yang menjadi titik perhatian dalam sebuah penelitian/riset.

Pengertian Variabel Penelitian menurut Para Ahli

  • Kerlinger (2006 : 49) – Variabel Penelitian adalah konstruk atau sifat yang akan dipelajari yang memiliki nilai yang bervariasi. Variabel juga sebuah lambang atau nilai yang padanya kita letakkan sembarang nilai atau bilangan.
  • Sugiyono (2009 : 60) – Variabel Penelitian adalah sesuatu yang berbentuk apasaja yang ditetapkan oleh seorang peneliti untuk dipelajari sehingga diperoleh informasi mengenai hal tersebut, kemudian ditarik kesimpulannya.
  • Suharsimi Arikunto (1988: 99) – Variabel Penelitian adalah objek  penelitian atau apa yang menjadi titik perhatian suatu penelitian.
  • Freddy Rangkuti – Variabel Penelitian adalah sebuah konsep yang mempunyai nilai yang bervariasi. Dari nilai variabel tersebut dapat dibedakan menjadi empat tingkatan skala yaitu rasio, ordinal, nominal dan internal.
  • Sutrisno Hadi – Variabel Penelitian adalah variasi dari objek penelitian seperti ukuran tinggi manusia yang divariasikan menjadi tingkatan umur, kelamin bahkan lokasi tinggal manusia tersebut.
  • Eddy Soeryanto – Variabel Penelitian adalah objek penting dalam riset pemasaran.
  • Robbin Pearson – Variabel Penelitian adalah semua karakteristik umum yang dapat diukur dan dapat berubah dalam intensitas, keleluasaan atau keduanya.
  • Bagja Waluya – Variabel Penelitian adalah konsep yang tidak pernah ketinggalan dalam setiap eksperimen atau penelitian.
  • Tia Mutiara – Variabel Penelitian adalah sesuatu yang menjadi fokus perhatian atau pusat yang memberikan pengaruh dan mempunyai nilai.

Baca juga : Pengertian Bank Sentral, Sejarah, Tujuan, Tugas dan Fungsinya

Jenis-jenis Variabel Penelitian

Terdapat beberapa jenis variabel menurut Karlinger (2006: 58) yakni Variabel Bebas dan Terikat, Variabel Aktif dan Atribut, dan Variabel Kontinu dan Variabel Kategori. Berikut adalah penjelasannya :

Variabel Bebas dan Terikat

Variabel Bebas (Independen) adalah variabel yang mempengaruhi atau yang menjadi sebab perubahan timbulnya variabel terikat.

Variabel Terikat (Dependen) adalah variabel yang dipengaruhi atau yang menjadi akibat adanya variabel bebas.

Variabel Aktif dan Atribut

Variabel aktif adalah suatu variabel bebas yang dimanipulasi.

Variabel Atribut adalah variabel yang tidak dapat dimanipulasi atau variabel yang sudah melekat pada subyek penelitian.

Variabel Kontinu dan Variabel Kategori

Variabel Kontinue merupakan sehimpunan harga yang teratur dalam suatu cakupan atau range tertentu.

Variabel Kategori merupakan variabel yang berkaitan dengan suatu jenis pengukuran nominal.

Demikian informasi terkait Pengertian Variabel Penelitian dan jenis-jenisnya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi para pembaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *