Pengertian Ulul Azmi dan 5 Rasul Yang Mendapat Gelar Ulul Azmi

Agama Melisa

Pengertian Ulul Azmi – Pada pokok bahasan sebelumnya Sumberpengertian.com telah membahas terkait tentang Bank Sentral dan segala macam seluk beluknya. Untuk postingan kali ini mimin akan mengajak anda untuk memahami pengertian Ulul Azmi.

Pengertian Ulul Azmi

Pengertian Ulul Azmi

Pengertian Ulul Azmi adalah gelar khusus yang diberikan kepada Nabi dan Rasul yang memiliki ketabahan dan kesabaran luar biasa dalam menyebarkan Agama Tauhid.

Ulul Azmi sendiri berasal dari Bahasa Arab. Gelar ini merupakan gelar yang sangat istimewa kedudukannya di mata Allah. Terdapat 5 Nabi yang menerima gelar Ulul Azmi karena ketabahannya.

Baca juga : Pengertian ZEE, Zona Tambahan, Laut Teritorial dan Deklarasi Juanda

5 Rasul Ulul Azmi dan Mukzizatnya

Diantara banyaknya utusan Allah terdapat 5 Nabi dan Rasul yang mendapatkan gelar Ulul Azmi. Berikut ini cerita singkat tentang ke lima Rasul Ulul Azmi dan mukzizatnya :

Nabi Nuh

Nabi Nuh merupakan salah satu Nabi yang menerima gelar Ulul Azmi karena kesabarannya dalam menyebarkan Agama Islam. Dalam menyebarkan dakwah banyak dari umatnya yang tidak percaya dan juga menolak keras ajaran yang dibawa Nabi Nuh.

Singkat cerita Allah kemudian murka kepada umat Nabi Nuh. Nabi Nuh diperingatkan bencana banjir besar yang akan terjadi. Kepadanya Allah kemudian memerintahkan untuk membuat sebuah kapal yang sangat besar.

Peringatan ini kemudian disampaikan oleh Nabi Nuh kepada umatnya. Namun banyak umatnya yang tidak percaya dan menentang keras bahkan mencemooh Nabi Nuh.

Meskipun saat itu merupakan musim kemarau yang sangat panjang. Tetapi peringatan tersebut benar adanya. Terjadilah banjir besar yang kemudian menenggelamkan seluruh umat-umat Nabi Nuh yang tidak patuh akan peringatan Allah.

Nabi Ibrahim

Pasti banyak dari para pembaca yang telah atau bahkan sering mendengar kisah ini. Nabi Ibrahim diberikan banyak sekali ujian sekaligus mukzizat dari Allah.

Selain membangun Ka’bah dan menjadi sejarah adanya penyembelihan Qurban Nabi Ibrahim memiliki mu’zizat yakni selamat dari kobaran api oleh Raja Namruj.

Nabi Musa

Sebuah kisah Nabi Musa dan Fir’aun merupakan cerita yang sangat populer. Ketika menyebarkan Agama Islam Nabi Musa diberi tantangan untuk mendakwahi Fir’aun.

Nabi Musa memiliki muzizat dapat membelah lautan dengan tongkatnya dan juga dapat membuat tongkatnya berubah menjadi ular. Namun hal tersebut tak pelak membuat fir’aun menjadi taat.

Karena kegigihan dan kesabarannya dalam menyebarkan agama tauhid Nabi Musa menjadi salah satu Nabi yang mendapatkan gelar Ulul Azmi.

Nabi Isa

Nabi selanjutnya yang mendapatkan gelar Ulul Azmi adalah Nabi Isa. Banyak sekali mu’zizat yang didapatkan beliau.

Beliau dapat membuat seekor burung dari tanah liat, menghidupkan orang mati, sudah dapat berbicara ketika masih bayi, mendatangkan makanan, selamat dari penyaliban, menyembuhkan kebutaan dan masih banyak lagi.

Salah satu mu’zizat lainnya adalah diturunkannya kitab Injil kepadanya sebagai pedoman bagi umat Islam pada masanya.

Nabi Muhammad

Nabi Muhammad merupakan Nabi terakhir bagi Umat Islam. Nabi Muhammad merupakan Nabi yang paling banyak diuji oleh Allah. Namun beliau juga merupakan Nabi yang paling banyak mendapatkan mu’zizat.

Diantara banyaknya mu’zizat dan kelebihan yang diberikan kepada Nabi Muhammad SAW adalah diturunkannya Kitab Suci Al-quran sebagai pedoman hidup umat manusia.

Demikian ulasan terkait Pengertian Ulul Azmi dan 5 Rasul yang mendapatkan gelar tersebut. Simak terus informasi lainnya pada artikel selanjutnya 🙂

You Might Also Like

No Comments

Leave a Reply