Pengertian Teks Eksposisi, Struktur, Ciri, Jenis dan Contohnya

Posted on

Dalam pelajaran Bahasa Indonesia, kita telah banyak sekali mempelajari macam-macam teks salah satunya Teks Eksposisi. Nah bagi sobat yang belum tahu ataupun pernah memperlajarinya namun lupa, yuk kita mengingat-ingat pelajaran yang satu ini.

Pengertian Teks Eksposisi dan Strukturnya

Pengertian Teks Eksposisi

Pengertian teks eksposisi adalah teks yang berisi paragraf atau karangan yang didalamnya terkandung sejumlah pengetahuan dan informasi yang disajikan secara singkat, padat, akurat dan mudah dipahami.

Pengertian Teks Eksposisi menurut Wikipedia adalah salah satu jenis pengembangan paragraf dalam penulisan yang dimana isinya ditulis dengan tujuan untuk menjelaskan atau memberikan pengertian dengan gaya penulisan yang singkat, akurat, dan padat.

Struktur Teks Eksposisi

Struktur Teks Eksposisi terdiri dari 3 hal yakni :

Pernyataan Pendapat (tesis)

Pernyataan pendapat adalah bagian teks yang berisikan tesis dari sang penulis. Pernyataan pendapat ini biasanya disebut juga dengan istilah pendahuluan.

Argumentasi

Bagian kedua adalah Argumentasi yakni bagian yang berisikan alasan yang dapat memperkuat argumen penulis dalam memperkuat ataupun menolak suatu gagasan.

Penegasan Ulang Pendapat

Bagian ketiga yakni penegasan pendapat yang merupakan bagian berisi penegasan ulang pendapat sang penulis.

Baca juga : Pengertian Renang Menurut Para Ahli dan Macam-macam Renang

Ciri-Ciri Teks Eksposisi

Untuk dapat membedakan jenis teks eksosisi dengan jenis teks lainnya berikut adalah ciri-cirinya :

  • Menjelaskan informasi tentang suatu hal
  • Gaya informasi yang bersifat mengajak
  • Penyampaian menggunakan bahasa baku dan disampaikan secara lugas
  • Bersifat netral atau tidak memihak
  • Fakta dipakai sebagai alat kontritasi dan alat kontribusi

Jenis-jenis Teks Eksposisi

Teks Eksposisi diklasifikasikan dalam beberapa jenis yakni :

Eksposisi Ilustrasi

Teks Eksposisi Ilustrasi menggunakan penggambaran sederhana atau bentuk konkret dari suatu ide. Mengilustrasikan sesuatu yang memiliki kesamaan sifat. Menggunakan frasa penghubung.

Eksposisi Berita

Teka Eksposisi Berita memberikan informasi dari suatu kejadian. Teks eksposisi ini sering dijumpai dalam berita dan surat kabar/koran.

Eksposisi Perbandingan

Menerangkan ide atau gagasan pada kalimat utama dengan metode perbandingan.

Eksposisi Proses

Teks ini berisi tentang panduan atau tata cara membuat sesuatu.

Eksposisi Definisi

Eksposisi Definisi berisi tentang pengertian dari suatu obyek.

Eksposisi Pertentangan

Teks ini berisikan eksposisi ini berisi tentang hal pertentangan akan suatu hal dengan hal lainnya.

Eksposisi Analisis

Teks Eksposisi Analisis merupakan proses memisah-misahkan suatu masalah dari suatu gagasan utama menjadi beberapa sub-bagian, Kemudian melakukan pengembangan secara berurutan.

Contoh Teks Eksposisi

Untuk lebih memahami tentang bagaimana teks eksposisi, mimin akan memberikan contoh singkan sekaligus struktur pendirinya.

Fakta Hukum di Indonesia

Tesis :
Semestinya hukum di Indonesia sebagaimana yang telah diatur pada Undang-undang sudah secara tegas mengatur hukuman untuk para pelaku tindak kejahatan.

Akan tetapi, faktanya kerapkali terjadi ketidakadilan hukum yang dapat merugikan banyak orang. Hukum bisa saja tegas, namun menjadi mendadak tumpul ketika dihadapkan dengan koruptor, itulah terjadi saat ini.

Argumentasi
Bukan menjadi rahasia umum lagi bahwa para koruptor di Indonesia menerima hukuman yang tingkatannya masih terbilang ringan, bahkan ada koruptor yang mendapatkan tunjangan fasilitas mewah padahal sudah dianggap merugikan negara.

Seringkali kita melihat berita bahwa seorang maling, pencopet dan penjambret dihajar masa hingga tewas. Namun, belum pernah kita mengetahui koruptor di Indonesia dikeroyok masa sampai tewas.

Penegasan Ulang :
Hukum di Indonesia itu bisa dibilang hanya tegas dihadapan rakyat kecil. Contohnya kasus yang pernah menimpa Nenek Asyani.

Kasusnya hanya karena diduga mencuri kayu, ia terancam dengan hukuman selama lima tahun penjara. Sungguh ironis dan tidak adil memang, apabila dibandingkan dengan hukuman yang akan diterima oleh koruptor.

Demikian pejelasan tentang teks eksposisi beserta contohnya, semoga informasi ini bermanfaat bagi pembaca dan juga bagi penulis. Semoga informasi yang telah Sumberpengertian.com sajikan dapat bermanfaat 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *