Pengertian Teks Deskripsi (Jenis, Ciri-ciri, Struktur, dan Contohnya )

Posted on

Selamat pagi sobat, yuk belajar tentang teks deskripsi, ciri-ciri teks deskripsi, struktur, tujuan, jenis-jenis dan Contoh Teks Deskripsi. Bagi sobat yang belum faham dengan materi simaklah dengan seksama yaa 🙂

Pengertian Teks Deskripsi (Jenis, Ciri-ciri, Struktur, dan Contohnya )

Pengertian Teks Deskripsi

Definisi Teks Deskripsi adalah sebuah karangan yang gagasan utamanya disampaikan dengan cara menggambarkan secara jelas objek, tempat atau peristiwa yang sedang menjadi topik kepada pembaca, yang sehingga pembaca seolah-olah merasakan langsung apa yang sedang diungkapkan dalam teks tersebut.

Pengertian Teks Deskripsi Menurut Para Ahli

Setelah mengetahui pengertian teks deskripsi secara umum simaklah definisi teks deskripsi menurut pandangan para ahli.

Keraf (1995)

Menurut Keraf, Deskripsi juga bisa didefinisikan sebagai suatu wacana yang berusaha menyajikan suatu hal atau objek pembicaraan yang seakan-akan para pembaca melihat sendiri objek tersebut se olah-olah berada di depan mata para pembaca.

Tarigan (1994)

Deskrisi adalah Tulisan yang bisa melukiskan sebuah kisah dengan tujuan untuk mengajak pembaca memahami merasakan dan menikmati objek yang dibicarakan seperti suasana hati, orang aktivitas dan sebagainya.

Wiyanto (2014)

Menurut Wiyanto, pengertian Deskripsi adalah menguraikan atau melukiskan.

Baca juga : Pengertian Ekologi Lengkap | Prinsip, Jenis-jenis dan Contoh Ekologi

Ciri-ciri Teks Deskripsi

Untuk membedakan teks deskripsi dengan teks lainnya simaklah ciri-ciri teks deskripsi dibawah ini :

  • Paragraf/karangan deskripsi menggambarkan atau melukiskan sesuatu.
  • Paragraf yang digambarkan dijelaskan secara sangat jelas dan rinci serta melibatkan kesan indera.
  • Ketika pembaca membaca teks deskripsi, maka seolah-olah merasakan langsung apa yang sedang dibahas di dalam teks.
  • Penggambaran atau penjelasan suatu objek yang menjadi topik di tuliskan secara detail.
  • Teks deskripsi menjelaskan ciri-ciri fisik objek, seperti bentuk, ukuran, warna, atau ciri-ciri psikis/keadaan suatu objek dengan rinci.

Struktur Teks Deskripsi

Untuk membangun karangan deskripsi secara utuh harus memenuhi 3 strukturnya yakni :

Identifikas

Identitas merupakan bagian yang berisikan penentuan dari identitas seseorang, benda, atau objek lainya.

Klasifikasi

Klasifikasi merupakan sebuah unsur penyusun yang bersisitem dalam kelompok menurut suatu kaidah atau standart yang sebelumnya telah ditetapkan.

Deskripsi

Struktur yang terakhir adalah deskripsi yang berisikan gambaran atau penjelasan tentang suatu objek, atau topik yang ada dalam teks tersebut.

Pola Pengembangan Paragraf Deskripsi

Pola pengembangan paragraf deskripsi ada 3 yakni pola pengembangan teks deskripsi subyektif, pola pengembangan teks deskripsi spatial, dan pola pengembangan teks deskripsi obyektif. Berikut adalah penjelasannya.

Deskripsi subjektif

Deskripsi subjektif merupakan teks descriptif yang dalam penggambaran obyeknya berdasarkan atas kesan yang dimiliki oleh penulis teks tersebut.

Deskripsi Spatial

Teks paragraf spatial adalah tek deskripsi dengan objek yang digambarkan hanya berupa benda, tempat, ruang dan sebagainya.

Deskripsi Obyektif

Teks deskripsi jenis ini merupakan teks deskripsi yang penggambaran objeknya digambarkan dengan apa adanya berdasarkan keadaan objek yang sebenarnya tanpa penambahan opini dari penulis itu sendiri.

Jenis-jenis Teks Deskripsi

Tesk deskripsi dibedakan menjadi dua jenis yakni teks deskripsi imaginatif dan teks deskripsi faktual.

Deskripsi Imajinatif (Impresionis)

Deskripsi imajinatif atau impresionis adalah paragraf yang melukiskan ruang atau tempat berlangsungnya suatu peristiwa. Pelukisannya harus dilihat dari berbagai segi agar ruang tersebut tergambar dengan jelas dalam pikiran dan perasaan pembaca.

Deskripsi faktual/ekspositoris

Deskripsi faktual/ekspositoris adalah paragraf yang menggambarkan suatu hal atau orang dengan mengungkapkan identitasnya secara apa adanya sehingga pembaca dapat membayangkan keadaannya. Agar suatu objek mampu membangkitkan daya khayal pada diri pembaca, penulis harus melukiskannya dari berbagai sudut pandang.

Semakin rinci penulisannya, semakin jelas tergambar dalam bayangan pembaca. Apabila objek yang dilukiskan itu adalah seseorang, perinciannya dapat dilakukan terhadap aspek fisik maupun aspek rohaninya. Aspek rohani meliputi perasaan, watak, bakat, peranannya dalam suatu bidang kerja, dan sebagainya.

Contoh Teks Deskripsi

Untuk lebih memahami tentang teks deskripsi simaklah contoh berikut ini :

Pempek merupakan salah satu makanan khas dari Palembang. Makanan lezat ini terbuat dari campuran tepung tapioka, tepung terigu dan gilingan ikan segar serta bumbu lainnya. Pempek ini banyak sekali jenis nya mulai dari pempek kapal selam, pempek ikan, pempek lenjer dan lain-lain.

Contoh Teks Deskripsi Orang

Tania merupakan penjaga perpustakaan yang amat cantik. Ia memiliki rambut panjang berwarna hitam. Kulitnya putih dan merona, wajahnya cantik dan indah. Siapa saja yang melihatnya akan merasa tenang. Dia juga ramah kepada setiap orang, wajar saja jika tania banyak digemari oleh teman sekelasnya.

Baca juga : Pengertian Ekologi Menurut Para Ahli !

Demikian tentang penjelasan Definisi Teks Deskripsi, Jenis-jenis, Ciri dan Karakteristik Teks Deskripsi serta Contoh Teks Deskripsi. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan sobat tentang jenis-jenis teks. Sampai jumpa pada artikel selanjutnya di Sumberpengertian.com yaa 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *