15+ Pengertian Sosiologi Menurut Para Ahli

Posted on

Pengertian Sosiologi – Dari materi akutansi yakni pada sub bab pajak kita beralih pada materi sosiologi. Ini adalah artikel pertama bagi Sumberpengertian.com membahas tentang Ilmu Sosiologi oleh karena itu mari kita bahas terlebih dahulu apa itu definisi Sosiologi dan bagaimana pandangan sosiologi menurut para ahli.

Pengertian Sosiologi Menurut Para Ahli

Pengertian Sosiologi Menurut Para Ahli

Berikut adalah pengertian Ilmu Sosiologi Menurut Para Ahli

Anthony Giddens

Definisi Sosiologi adalah studi tentang kehidupan sosial manusia, kelompok-kelompok manusia, dan masyarakat.

Allan Johnson

Menurut pandangan Allan Johnson, Ilmu Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari kehidupan dan perilaku terutama dalam kaitannya dengan suatu sistem sosial dan bagaimana sistem tersebut mempengaruhi orang dan bagaimana pula orang yang terlibat di dalamnya mempengaruhi sistem tersebut.

Auguste Comte

Sosiologi adalah suatu studi positif tentang hukum-hukum dasar dari berbagai gejala sosial yang dibedakan menjadi sosiologi statis dan sosiologi dinamis.

Drs. Ary H. Gunawan

Definisi Sosiologi adalah ilmu pengetahuan yang berusaha memecahkan masalah dengan analisis atau pendekatan sosiologis.

Charles Ellwood

Sosiologi menurut Charles Ellwood adalah pengetahuan yang menguraikan hubungan manusia dan golongannya, asal kemajuannya, bentuk, dan kewajibannya.

Emile Durkheim

Menurut Emile Durkheim, pengertian Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari fakta sosial. Fakta sosial adalah cara bertindak, berpikir, dan mampu melakukan pemaksaan dari luar terhadap individu.

J. A. A. Von Dorn dan C. J. Lammers

Menurut J. A. A. Von Dorn dan C. J. Lammers, Sosiologi merupakan ilmu pengetahuan tentang struktur-struktur dan proses-proses kemasyarakatan yang bersifat stabil.

J. Gillin

Sosiologi menurut pandangan J. Gillin adalah ilmu yang mempelajari interaksi yang timbul di dalam masyarakat.

Herbert Spencer

Sosiologi menurut Herbert Spencer merupakan ilmu yang menyelidiki tentang susunan-susunan dan proses kehidupan sosial sebagai suatu keseluruhan atau suatu sistem.

Hassan Shandily

Hassan Shandily mengartikan Sosiologi sebagai sebuah ilmu yang mempelajari hidup bersama dalam masyarakat dan menyelidiki ikatan-ikatan antara manusia yang menguasai kehidupan dengan mencoba mengerti sifat dan maksud hidup bersama cara terbentuk dan tumbuh, serta berubahnya perserikatan-perserikatan hidup serta kepercayaan.

George Simmel

George Simmel menyatakan bahwa Sosiologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari hubungan sesama manusia.

Koentjaraningrat

Sosiologi menurut pandangan Koentjaraningrat adalah suatu proses yaitu proses belajar kebudayaan dalam hubungan dengan sistem sosial.

Selo Soemardjan dan Soelaeman Soemardi

Sosiologi merupakan ilmu kemasyarakatan yang mempelajari struktur sosial dan proses-proses sosial termasuk perubahan sosial.

Max Weber

Sosiologi menurut pandangan Max Weber ilmu yang berupaya memahami tindakan-tindakan sosial. Tindakan sosial adalah tindakan yang dilakukan dengan mempertimbangkan dan berorientasi pada perilaku orang lain.

P. J. Baouman

Sosiologi ialah ilmu pengetahuan tentang manusia dan hubungan-hubungan antar golongan manusia.

Paul B. Horton

Menurut Paul B. Horton Sosiologi merupakan ilmu yang memusatkan kajian pada kehidupan kelompok dan produk kehidupan kelompok tersebut.

Mr. J. Bierens De Haan

Sosiologi menurut Mr. J. Bierens De Haan adalah ilmu pengetahuan tentang masyarakat manusia, baik mengenai hakekat, susunannya, hubungannya, kodrat-kodrat yang menggerakannya, mengenai kesehatan, dan perkembangan masyarakat.

Soerjono Soekanto

Sosiologi berdasarkan pandangan Soerjono Soekanto adalah ilmu yang memusatkan perhatian pada segi-segi kemasyarakatan yang bersifat umum dan berusaha untuk mendapatkan pola-pola umum kehidupan masyarakat.

Demikian pengertian Sosiologi Menurut Para Ahli. Semoga artikel ini dapat memperluas wawasan anda dan bermenfaat bagi kita semua. Sampai jumpa pada artikel selanjutnya yaa 🙂

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *