Pengertian Sistem Secara Umum dan Menurut Para Ahli Lengkap !

Posted on

Salam jumpa sobat, pada kesempatan yang baik ini Sumberpengertian.com akan menyapa anda dengan pokok bahasan pengertian Sistem. Yuk belajar bersama-sama tentang definisi sistem, tujuan sistem dan apa saja unsur-unsurnya 🙂Pengertian Sistem Secara Umum dan Menurut Para Ahli

Pengertian Sistem

Pengertian sistem adalah suatu kesatuan yang terdiri komponen atau elemen yang dihubungkan bersama untuk memudahkan aliran informasi, materi atau energi untuk mencapai suatu tujuan.

Kata Sistem berasal dari bahasa Latin (systēma) dan bahasa Yunani (sustēma).

Dapat diartikan bahwa Sistem adalahkesatuan bagian-bagian yang saling berhubungan yang berada dalam suatu wilayah serta memiliki item-item penggerak, contoh umum misalnya seperti negara.

Pengertian Sistem Menurut Para Ahli

Sistem juga didefinisikan dalam beberapa pengertian menurut para ahli yakni :

Colin Cherry

Pengertian sistem adalah suatu keseluruhan yang telah dibentuk dari berbagai macam bagian atau suatu assambel dari berbagai macam sifat dan bagian-bagian tersebut.

Davis, G.B

Sistem adalah gabungan dari berbagai elemen yang bekerja sama untuk mencapai suatu target.

Indrajit

Sistem merupakan kumpulan dari komponen – komponen yang memiliki elemen saling berhubungan satu sama lain.

Harijono Djojodihardjo

Harijono Djojodihardjo menyatakan bahwa sistem adalah gabungan obyek yang memiliki hubungan secara fungsi dan hubungan antara setiap ciri obyek, secara keseluruhan menjadi suatu kesatuan yang berfungsi.

Jogianto

Sistem adalah gabungan dari berbagai elemen yang berhubungan dan berinteraksi untuk menyelesaikan tujuan tertentu. Sistem ini menggambarkan kejadian- kejadian dan kesatuan adalah obyek nyata.

Jerry Futz Gerald

Sistem adalah sebuah jaringan kerja daripada prosedur-prosedur yang saling berkaitan, berkumpul secara bersama-sama agar bisa beroperasi sebuah kegiatan atau menyelesaikan tujuan tertentu.

Lani Sidharta

Lani Sidharta menyatakan bahwa Sistem merupakan sekumpulan unsur – unsur yang saling berkaitan yang secara bersama beroperasi untuk meraih tujuan yang sama.

Ludwig Von Bertallanffy

Ludwig Von Bertallanffy berpendapat bahwa pengertian sistem adalah suatu kumpulan unsur yang berada pada kondisi yang saling berinteraksi.

Murdick, R.G

Sistem menurut Murdick, R.G adalah sekumpulan elemen yang terdiri dari prosedur atau bagan pengolahan untuk mencari tujuan bersama atau tujuan bagian dengan cara mengoperasikan barang atau data pada waktu tertentu. Agar bisa menghasilkan informasi, energi atau data yang diinginkan.

Prajudi

Pengertian sistem menurut prajudi adalah suatu jaringan dari beberapa prosedur yang saling memiliki keterkaitan satu sama lain berdasarkan pola atau skema yang bulat untuk menggerakkan suatu fungsi yang utama dan suatu urusan ataupun usaha.

R. Fagen dan A.Hall

Fagen Dan A.HAll menyatakan bahwa pengertian sistem adalah suatu kumpulan objek yang meliputi hubungan antara objek tersebut atau Understanding of the system is a set of objects, which includes the relationship between the objeck, serta hubungan antara sifat yang mereka punya (the relationship between their properties).

Sumantri

Sumantri menyatakan bahwa pengertian sistem adalah sekelompok bagian yang saling bekerja sama untuk menjalankan suatu maksud.

W.J.S Poerwadarminta

Definisi sistem adalah sekelompok bagian atua alat dan sebagainya yang saling bekerjasama untuk bisa melakukan suatu maksud.

Baca juga : 40+ Pengertian Sejarah Menurut Para Ahli

Demikian pengertian Sistem secara umum dan menurut pendapat para ahli. Semoga artikel yang kami sajikan ini dapat bermanfaat bagi kita semua yaa 🙂 Sampai jumpa pada artikel pendidikan lainnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *