Pengertian Seni Rupa 3 Dimensi, Teknik Pembuatan, Unsur dan Contohnya

Posted on

Sebelumnya kami telah membagikan informasi terkait Pengertian Seni Rupa 2 Dimensi lengkap dengan contohnya. Kali ini Sumberpengertian.com akan mengulas pengertian Seni Rupa 3 Dimensi. Bagi sobat yang belum faham terkait hal ini, simak baik baik yaa 🙂

Pengertian Seni Rupa 3 Dimensi dan Contohnya

Pengertian Seni Rupa 3 Dimensi

Karya Seni Rupa 3 ( tiga ) Dimensi merupakan karya seni rupa yang memiliki panjang, lebar, dan tinggi. Karya Seni Rupa 3 Dimensi ini disebut juga dengan istilah 3D.

Perbedaan Seni Rupa 2 Dimensi dengan Seni Rupa 3 Dimensi

Perbedaan Seni Rupa 2 Dimensi dengan Seni Rupa 3 Dimensi terletak pada bidang Ruang. Karya Seni Rupa 3 dimensi ini terus mengalami perubahan, baik dari sudut pandang, model ruang, pola berkarya hingga jenisnya.

Baca juga : Pengertian Seni Rupa 2 Dimensi beserta Contohnya

Teknik Seni Rupa 3 Dimensi

Teknik Aplikasi

Tehnik Aplikasi merupakan teknik karya hias dalam seni menjahit dengan cara menempelkan bermacam-macam guntingan-guntingan kain yang berbentuk hiasan seperti binatang, bunga maupun bentuk lainnya pada sebuah kain lain sebagai hiasan.

Teknik Mozaik

Teknik Mozaik merupakan cara membuat karya seni dengan cara menempel benda 3 dimensi yang diatur dan ditata dengan sedemikian rupa sehingga menghasilkan lukisan.

Teknik Merakit

Teknik Merakit merupakan teknik membuat sebuah karya seni dengan cara menyambung beberapa potongan bahan. Cara ini disebut dengan merakit dan hasil karyanya disebut rakitan. Cara menggabungkan bahan tersebut dapat dengan cara dipatri, disekrup, mengelas atau dengan cara lainnya.

Teknik Pahat

Teknik pahat merupakan teknik dalam karya seni 3 dimensi membentuk suatu karya seni dengan membuang bahan yang tidak dibutuhkan.

Cara membuatnya dapat memakai alat pahat, kikir dan martil. Biasanya bahan atau media yang dipakai adalah bahan keras seperti batu, gips, kayu dan bahan lainnya.

Teknik Menuang atau Cor

Karya seni yang dihasilkan dengan cara menuang bahan cair yang dituang pada sebuah alat cetakan. Setelah bahan cair tersebut mengeras, kemudian dikeluarkan dari cetakan. Bahan cair yang dipakai biasanya seperti semen, logam, gips atau karet.

Baca juga : Pengertian Atletik, Sejarah dan Cabangnya

Unsur-Unsur Seni Rupa 3 Dimensi

Unsur-unsur dalam karya seni rupa 3 dimensi antara lain :

  • Garis
  • Bidang
  • Warna
  • Bentuk

Contoh Karya Seni Rupa 3 Dimensi

Berikut ini adalah beberapa contoh Karya Seni Rupa 3 Dimensi

  • Kriya
  • Patung
  • Keramik
  • Arsitektur

Demikian penjelasan terkait pengertian Karya Seni Rupa 3 Dimensi, Teknik Karya Seni Rupa 3 Dimensi, Unsur-unsur Karya Seni Rupa 3 Dimensi, serta Contoh Karya Seni Rupa 3 Dimensi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *