Pengertian Seni Musik Menurut Para Ahli Beserta Jenis-Jenisnya

Seni Melisa

Musik merupakan salah satu bagian dari karya seni yang dapat memberikan nilai hiburan. Salah satu Cabang dari Karya Seni ini sangat indah untuk dinikmati ketika rasa penat melanda. Lalu apa sih pengertian Seni Musik, dan apa saja Jenis-jenis Seni Musik ? Yuk simak informasi Informasi Lengkap terkait Pengertian Seni Musik.

Pengertian Seni Musik Menurut Para Ahli

Pengertian Seni Musik

Seni Musik merupakan kumpulan atau susunan bunyi atau nada, yang mempunyai ritme tertentu, serta mengandung isi dan nilai perasaan.

Kata Musik berasal dari Bahasa Yunani “Mousikos” yang merupakan salah satu Dewa dari Yunani. Mousikos merupakan Dewa Keindahan yang menguasai dalam bidang seni dan keilmuan.

Baca juga : Pengertian Seni Rupa 2 Dimensi

Pengertia Seni Musik Menurut Para Ahli

Irwin Edman

Irwin Edman berpendapat bahwa Pengertian Musik adalah urutan bunyi-bunyian yang logis tetapi bukan logika dari suatu argumentasi, musik adalah suatu himpunan teratur dari vitalitas, suatu impian di mana bunyi-bunyian bersatu padu dan mengkristalisasi.

Alferd Aurbach

Menurut Alferd Aurbach Pengertian Musik adalah Musik adalah bahasa dunia, ia tidak perlu diterjemahkan, dalam musik berbicara dari jiwa kepada jiwa.

Suhastjarja

Menurut Suhastjarja Pengertian Musik adalah ungkapan perasaan estetis manusia dalam bentuk konsep pemikiran yang bulat dan terwujud dalam nada-nada dan unsur lainnya yang memiliki harmoni serta memiliki bentuk dan ruang lingkup tersendiri yang dapat dipahami oleh siapapun yang menikmatinya.

Sylado

Pengertian Seni musik merupakan wujud dari kumpulan ilusi dan rangkaian suara yang mengalun. Alunan suara yang terdapat pada musik tersebut dapat menggetarkan jiwa siapapun yang mendengarkannya.

Jamalus

Jamalus berpendapat bahwa Seni musik merupakan suatu hasil karya seni yang berupa bunyi pada lagu atau komposisi yang memiliki arti atau ungkapan isi hati dari penciptanya. Seni musik diungkapkan melalui rangkaian irama, lagu, nada, dan harmoni yang membentuk satu kesatuan.

David Ewen

Menurut David Ewen, Musik merupakan ilmu pengetahuan dan seni yang memiliki kombinasi nada-nada, baik vokal maupun instrumental, serta harmoni dan ekspresi yang bersifat emosional.

Aristoteles

Aristoteles mengemukakan bahwa musik merupakan curahan kekuatan tenaga penggambaran yang berasal dari gerakan rasa dalam suatu rentetan suara (melodi) yang berirama.

Kamus Besar Bahasa Indonesia ( KBBI )

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia ( KBBI ) Musik diartikan sebagai ilmu atau seni menyusun nada atau suara dalam urutan, kombinasi, dan hubungan temporal untuk menghasilkan komposisi (suara) yang mempunyai kesatuan dan kesinambungan.

Wikipedia

Wikipedia mengemukakan bahwa pengertian musik yaitu suara yang disusun demikian rupa sehingga mengandung irama, lagu, dan keharmonisan terutama suara yang dihasilkan dari alat-alat yang dapat menghasilkan irama.

Baca juga : Pengertian Seni Rupa 3 Dimensi

Jenis-jenis Seni Musik

Seni Musik terbagi ke dalam dua jenis yakni Seni Musik Tradisional dan Seni Musik Modern.

Seni Musik Tradisional

Seni Musik Tradisional merupakan jenis Seni Musik yang hidup dan tumbuh ditengah-tengah masyarakat secara turun temurun. Seni Musik Tradisional banyak digunakan untuk sarana upacara dan ritual.

Karakteristik Seni Musik Tradisional

Seni Musik Tradisional memiliki karakter dan ciri-ciri sebagai berikut :

  • Tidak memiliki notasi
  • Bersifat informal
  • Lirik menggunakan bahasa daerah

Seni Musik Modern

Seni Musik Modern merupakan seni musik yang tercipta berdasarkan aturan komposisi yang jelas dan terwujud dalam partitur notasi, tangga dana, dan instrumen musik yang sudah banyak dikenal masyarakat luas.

Beberapa aliran seni musik modern diantaranya :

  • Pop
  • Jazz
  • Rythm & Blues (R&B)
  • Rock dan lain sebagainya

Demikian penjelasan tentang Seni Musik beserta jenis-jenisnya. Semoga artikel yang kami sajikan di Sumberpengertian.com ini bermanfaat bagi anda. Wassalamualaikum 🙂

You Might Also Like

No Comments

Leave a Reply

Most popular articles related to Pengertian Seni Musik Menurut Para Ahli Beserta Jenis-Jenisnya