Pengertian Seni Menurut Para Ahli ( LENGKAP ! )

Posted on

Selamat pagi sobat, kalian pasti pernah kan belajar tentang seni budaya, seni musik, seni tari, dan berbagai macam seni lainya. Namun apakah sobat tahu apa hakikat seni sesungguhnya ? Pada kesempatan ini mimin akan mengajak sobat untuk memahami Pengertian Seni Menurut Para Ahli Lengkap !

Pengertian Seni Menurut Para Ahli ( LENGKAP ! )

Pengertian Seni Secara Umum

Pengertian seni secara umum adalah segala sesuatu yang diciptakan manusia yang mengandung unsur keindahan dan mampu membangkitkan perasaan orang lain

Pengertian Seni Menurut Para Ahli

Berikut ini beberapa pengertian mengenai seni menurut para ahli adalah sebagai berikut.

Alexander Baum Garton

Menurut Alexander Baum Garton seni adalah keindahan dan seni adalah tujuan yang positif menjadikan penikmat merasa dalam kebahagiaan.

Aristoteles

Seni ialah bentuk yang pengungkapannya dan penampilannya tidak pernah menyimpang dari kenyataan dan seni itu adalah meniru alam.

Ahdian Karta Miharja

Ahdian Karta Miharja menuturkan bahwa seni adalah kegiatan rohani yang mereflesikan realitas dalam suatu karya yang bentuk & isinya mempunyai untuk membangkitkan pengalaman tertentu dalam rohaninya penerimanya.

Drs. Popo Iskandar

Seni adalah hasil ungkapan emosi yang ingin disampaikan kepada orang lain dalam kesadaran hidup bermasyarakat/berkelompok.

Drs. Sudarmaji

Drs. Sudarmaji berpendapat bahwa seni merupakan segala manifestasi batin & pengalaman estetis dengan menggunakan media bidang, garis, warna, tekstur, volume & gelap terang.

Baca juga : Pengertian Ekonomi Syariah, Prinsip-prinsip, Manfaat, Tujuan, Ciri-ciri Ekonomi Syariah

Drs. Suwaji Bastomi

Pengertian seni adalah aktivitas batin dengan pengalaman estetika yang menyatakan dalam bentuk agung yang memiliki daya membangkitkan rasa takjub & haru.

Eric Ariyanto

Seni adalah kegiatan rohani atau aktivitas batin yang direfleksikan dalam bentuk karya yang dapat membangkitkan perasaan orang lain yang melihat atau mendengarkannya.

Hilary Bel

Menurut Hilary Bel seni adalah istilah yang digunakan untuk semua karya yang dapat menggugah hati untuk mencari tahu siapa penciptanya

Immanuel Kant

Menurutnya seni adalah sebuah impian karena rumus rumus tidak dapat mengihtiarkan kenyataan.

Ira Adriati. M.Sn

Seorang Dosen Seni ITB ini berpendapat bhea seni adalah proses dan produk dari memilih medium, dan suatu set peraturan untuk penggnaan medium itu, dan suatu set nilai-nilai yang menentukan apa yang pantas dengan ekspresi lewat medium itu, untuk menyampaikan baik kepercayaan, gagasan, sensasi atau perasaan dengan cara seefektif mungkin untuk medium itu.

James Murko

Berpendapat bahwa seni adalah penjelasan rasa indah yang terkandung dalam jiwa setiap manusia, dilahirkan dengan perantaraan alat komunikasi ke dalam bentuk yang dapat dianggap oleh indra pendengar (seni suara), penglihatan (seni lukis), atau dilahirkan dengan perantaraan gerak (seni tari, drama).

J.J Hogman

Definisi Seni adalah sesuatu yang memiliki unsur ideas, activities, dan artifact.

Ki Hajar Dewantara

Berpendapat bahwa seni merupakan hasil keindahan sehingga dapat menggerakkan perasaan indah orang yang melihatnya, oleh karena itu perbuatan manusia yang dapat mempengaruhi dapat menimbulkan perasaan indah itu seni.

Leo Tolstoy

Berpendapat bahwa yang dimaksud seni adalah ungkapan perasaan pencipta yanng disampaikan kepada orang lain agar mereka dapat merasakan apa yang dirasakan pelukis.

Plato & Rousseau

Plato & Rousseau menyatakan bahwa seni merupakan hasil peniruan alam dengan segala seginya.

Sudarmaji

Seni yaitu segala manifestasi batin dan pengalaman estetis dengan menggunakan media bidang, garis, warna, tekstur, volume dan gelap terang.

Schopenhaur

Schopenhaur mendefinisikan seni sebagai segala usaha untuk menciptakan bentuk-bentuk yang sangat menyenangkan. Menurut tiap orang senang dengan fungsi seni musik meskipun seni musik ialah seni yang paling abstrak

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Definisi Seni Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah :

  • Halus, kecil & halus, tipis & halus, lembut & enak di dengar, serta mungil & elok
  • Keahlian membuat karya yang bermutu
  • Kesanggupan akal untuk menciptakan sesuatu yang bernilai tinggi atau (luar biasa) orang yang berkesanggupan luar biasa.

Ensiklopedi Indonesia

Seni adalah ciptaan dari segala hal, karena keindahannya orang akan senang untuk melihat ataupun mendengarkanya.

Baca juga : Pengertian Sosialisasi Lengkap ( Fungsi, Tujuan, Jenis-jenis dan Contohnya )

Inilah Pengertian Seni Menurut Para Ahli Lengkap ! Semoga artikel yang kami sajikan ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sampai jumpa pada informasi selanjutnya di Sumberpengertian.com See You !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *