Pengertian Router Lengkap ! (Jenis-jenis, Fungsi dan Cara Kerja Router)

Posted on

Setelah membahas banyak hal tentang Materi Fisika, Yuk beralih ke materik Teknik Informasi dan Komunikasi. Pada kesempatan ini kami akan mengulas tentang Pengertian Router, Jenis-jenis Router, Cara Kerja dan Fungsi dari Router. Jika sobat belum faham tentang materi ini marilah kita ulas bersama-sama.

Pengertian Router

Router merupakan perangkat keras jaringan komputer yang dapat digunakan untuk menghubungkan beberapa jaringan yang sama atau berbeda.

Dapat dikatakan bahwa Router merupakan alat yang digunakan untuk mengirimkan paket data melalui jaringan atau internet untuk dapat menuju tujuannya, proses tersebut dinamakan routing.

Proses Routing

Cara kerja router atau proses routing itu sendiri terjadi pada lapisan 3 dari stack protokol tujuh-lapis OSI. Kadang router digunakan untuk mengkoneksikan 2 buah jaringan yang menggunakan media berbeda, seperti halnya dari Ethernet menuju ke Token Ring.

Fungsi Router

Fungsi Utama dari Router yakni guna membagi atau mendistribusikan IP address. IP adress baik yang secara statis ataupun DHCP atau Dynamic Host Configuration Procotol kepada semua PC yang terhubung ke router tersebut.

Dengan demikian fungsi dari IP address yang unik yang dibagikan router tersebut kepada setiap komputer dapat memungkinan setiap komputer untuk saling terhubung dan melakukan komunikasi, baik itu pada LAN atau internet.

Sehingga dapat disimpulkan bahwa Fungsi router adalah menghubungkan 2 jaringan atau lebih untuk menyalurkan data / informasi dari jaringan satu kepada jaringan lainnya.

Baca juga : Pengertian Energi Potensial, Rumus dan Contoh Soal

Jenis-jenis Router PadaJaringan Komputer

Router terbagi ke dalam dua macam yaitu : Router Statis dan Router Dinamis.

Router Statis

Router statis adalah router yang di setting manual oleh administrator sehingga memiliki tabel routing statis.

Router Dinamis

Router dinamis adalah router yang mempunyai dan membuat tabel routing dinamis dengan melihat sinyal lalu lintas jaringan dan saling terhubung dengan router yang lainnya.

Pengertian Router Lengkap ! (Jenis-jenis, Fungsi dan Cara Kerja Router)

Cara Kerja Router

Terdapat 2 buah network yang terhubung dengan 1 router pada gambar diatas

  • Network sebelah kiri terhubung ke port 1 router = 192.168.1.0, sedangkan network sebelah kanan terhubung ke port 2 router = 192.155.2.0.
  • Jika komputer B mengirim data ke komputer C, maka router tidak akan mengirimkan data tersebut k network lain. Sama dengan jika komputer E mengirimkan data ke komputer F dan berbagai pola dalam satu network.
  • Namun, jika komputer E mengirimkan data ke komputer B, maka router akan mengirimkan data tersebut ke komputer B melalui jaringan lain (network 2 menuju network 1).

Baca juga : Pengertian Energi Kinetik Dalam Fisika (Jenis-jenis, dan Contoh Soal Energi Kinetik)

Demikian penjelasan tentang Pengertian Router Lengkap dengan Jenis, Fungsi dan juga cara kerjanya. Stay di Sumberpengertian.com yaa untuk informasi selanjutnya 🙂 See You Soon !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *