Pengertian Ragam Hias, Jenis dan Polanya

Seni Melisa

Dalam seni budaya biasanya kita sering mendengar istilah Ragam Hias. Namun tentu tidak semua mengetahui apa itu Ragam Hias. Untuk memahaminya mimin secara khusus akan merangkumkan pengertian Ragam Hias beserta contohnya.

Pengertian Ragam Hias dan Jenis-Jenisnya

Pengertian Ragam Hias

Ragam Hias adalah bentuk dasar hiasan yang biasanya akan menjadi pola yang diulang-ulang dalam suatu karya kerajinan atau seni.

Istilah Ragam Hias berasal dari bahasa Yunani yakni dari kata “ornane” yang artinya hiasan atau menghias.

Ragam Hias disebut juga dengan ornamen yakni sebuah motif atau bentuk yang memiliki tujuan dan makna tertentu.

Suatu pola pada ragam hias biasanya memiliki pola dan kaidah tertentu yang berada pada suatu bidang sehingga menghasilkan bentuk yang indah.

Baca juga : Pengertian Akulturasi Menurut Para Ahli dan Umum

Jenis Ragam Hias

Ragam Hias memiliki beberapa jenis berdasarkan motif atau polanya. Biasanya karya seni rupa ini diiambil dari bentuk flora (tumbuhan), Fauna (hewan), figural (manusia) dan bentuk geometris.

Ragam Hias Flora

Ragam hias dengan motif tumbuhan dapat dijumpai pada barang seni seperti batik, kain tenun, dan juga ukiran.

Ragam Hias Fauna

Ragam hias fauna merupakan ragam hias dengan motif hewan . Beberapa contoh bentuk hewan yang sering digunakan sebagai motif adalah kupu-kupu, burung, ikan, gajah dan lain-lain.

Ragam Hias Figuratif

Ragam hias figuratif berbentuk obyek manusia yang biasanya digambar dengan mendapatkan penggayaan bentuk. Ragam hias figuratif biasanya banyak dijumpai di daerah Timur contohnya daerah Papua.

Ragam Hias Geometris

Ragam hias yang satu ini merupakan ragam hias yang dikembangkan dari bentuk-bentuk geometris kemudian digayakan sesuai dengan imajinasi si pembuat.

Pola Ragam Hias

Ragam hias umumnya memiliki pola atau susunan yang diulang-ulang. Dalam bentuk yang lain ragam hias dapat berupa pola yag teratur, terukur dan memiliki keseimbangan.

Demikian penjelasan tentang pengertian ragam hias dan contoh serta jenis-jenisnya. Semoga artikel yang Sumberpengertian.com sajikan ini dapat bermanfaat bagi para pembaca. Sampai jumpa pada artikel selanjutnya yaa 🙂

You Might Also Like

No Comments

Leave a Reply