Pengertian Quality Control Menurut Para Ahli

Umum Melisa

Pengertian Quality Control Menurut Para Ahli

Pengertian Quality Control adalah pengendalian mutu.

Quality Control adalah suatu proses yang pada intinya adalah menjadikan entitas sebagai peninjau kualitas dari semua faktor yang terlibat dalam kegiatan produksi.

Pengendalian mutu atau pengendalian kualitas yang melibatkan pengembangan sistem untuk memastikan bahwa produk dan jasa dirancang dan diproduksi untuk memenuhi atau melampaui persyaratan dari pelanggan maupun produsen sendiri.

Pengertian Quality Control Menurut Para Ahli

  • Menurut Dr. K. Ishikawa pengertian Quality Control adalah suatu kegiatan meneliti, mengembangkan, merancang dan memenuhi kepuasan konsumen, memberi pelayanan yang baik dimana pelaksanaanya melibatkan seluruh kegiatan dalam perusahaan mulai pimpinan teratas sampai karyawan pelaksana.
  • Menurut Feightboum pengertian Quality Control adalah suatu sistem yang efektif untuk mengintegrasikan kegiatan-kegiatan pemeliharaan dan pengembangan mutu dalam suatu organisasi sehingga dapat diperoleh produksi dan servise dalam tingkat yang paling ekonomis dan memuaskan konsumen.
  • Menurut Ishita Nobuyuki pengertian Quality Control adalah aktivitas memelihara dan memperbaiki produk dan service yang ditawarkan kepada perusahaan, Quality Control bukan hanya menjadi tanggung jawab bagian Quality Control saja, tetapi seluruh karyawan atau pihak menjadi satu kesatuan memecahkan masalah.

Aspek dalam Quality Control

Terdapat tiga aspek yang ditekankan pada pengendalian mutu antara lain :

Unsur-unsur diantaranya kontrol, management pekerjaan, proses-proses yang terdefinisi dan telah terkelola dengan baik, kriteria integritas dan kinerja dan identifikasi catatan.

Kompetensi, diantaranya pengetahuan, ketrampilan, pengalaman, dan kualifikasi.

Elemen lunak, seperti kepegawaian, integritas, kepercayaan, budaya organisasi, motivasi, semangat tim, dan hubungan yang berkualitas.

Baca juga : Pengertian Fotosintesis hingga Faktor yang Mempengaruhi

Tujuan Quality Control

Quality Control bertujuan untuk memenuhi keinginan costumer terhadap produk dan service. Tujuan dari Quality Control adalah untuk menghasilkan kualitas produk yang baik dan ramah lingkungan. Pelaksanaan Quality Control juga mempengaruhi biaya produksi serta ketepatan dan cara penyampaian.

Total Quality Control

Total Quality Control atau disebut dengan pengendalian mutu total adalah suatu pendekatan yang melampaui teknik-teknik pengendalian mutu statistik biasa dan metode-metode peningkatan mutu.

Pendekatan ini menyiratkan gambaran secara lengkap dan evaluasi ulang dari spesifikasi-spesifikasi dari produk, tidak hanya mempertimbangkan fitur-fitur terbatas yang dapat diubah-ubah dalam produk sebelumnya.

Penekanan pengendalian mutu atau Quality Control terletak pada pengujian produk untuk memperoleh yang cacat. Hal ini dimaksudkan untuk menjamin kualitas dan menstabilitaskan proses produksi.

Demikian pengertian Quality Control yang dapat kami sampaikan. Semoga informasi di sumberpengertian.com ini dapat menambah wawasan anda. 🙂

You Might Also Like

No Comments

Leave a Reply