Pengertian Qalqolah, Jenis-jenis Qalqalah dan Contohnya !

Posted on

Pengertian Qalqalah – Hai sobat pengertian, jumpa lagi bersama mimin yang kali ini akan mengulas mengenai pengertian qalqalah. Tahukah kalian mengenai hukum bacaan qalqalah? Ada berapa hukum bacaan qalqalah? Kalau masih belum tau, mari kita simak artikel berikut ini.

Pengertian Qalqalah

Pengertian Qalqalah adalah bacaan pada huruf-huruf qalqalah dengan bunyi seakan-akan berdetik atau memantul. Huruf qalqalah ada 5, yaitu qaf (ق), tha (ط), ba’ (ب), jim (ج), dan dal (د) atau agar lebih mudah menghafalnya disingkat menjadi ‘Baju Ditoko”. Qalqalah berlaku apabila huruf qalqalah itu mati, atau mati karena waqaf atau dihentikan.

Macam- macam qalqalah

Jenis-jenis qalqalah ada dua yakni qalqalah sugra dan qalqalah kubra. Untuk lebih memahaminya kami akan memberikan penjelasan beserta dengan contohnya :

Qalqalah Sugra (Qalqalah kecil)

Kata “Sugra” artinya kecil. Hukum bacaan Qalqalah sugra terjadi apabila huruf qalqalah itu mati (sukun) pada kata asalnya. Pada umumnya qalqalah ini berada ditengah-tengah kata. Cara membaca nya adalah dengan pantulan tidak terlalu kuat.

Contoh Bacaan Qalqalah Sugra قلقله صغرى (Qalqalah kecil)

Contoh bacaan qalqalah sugra
Qalqalah Kubra قلقله كبرى (Qalqalah Besar)

Kata “Kubra” artinya besar. Hukum bacaan Qalqalah kubra, terjadi apabila huruf qalqalah yang mati bukan pada asalnya. Huruf itu mati karena dihentikan atau diwaqafkan dan berada pada akhir kata. Cara membaca qalqalah tersebut adalah harus lebih mantap dengan memantulkan suara dengan pantulan yang kuat.

Contoh Bacaan Qalqalah kubra قلقله كبرى

Contoh bacaan qalqalah kubra

Baca juga : Pengertian Biosfer Menurut Para Ahli Lengkap !

Seteleh memahami tentang pengertian Qalqalah, jangan lupa untuk mengamalkannya yaa sobat pengertian. Sampai jumpa pada artikel selanjutnya ya di Sumberpengertian.com karena kami akan terus membagikan artikel pendidikan setiap harinya 🙂 Semoga artikel yang kami berikan ini dapat membawa manfaat bagi kita semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *