Pengertian Puisi Menurut Para Ahli Lengkap !

Posted on

Selamat siang sobat, pada kesempatan yang baik ini mimin akan mengajak sobat untuk mengulas tentang Pengertian Puisi Menurut Para Ahli. Yuk langsung saja kita bahas lebih lanjut tentang pembahasan kali ini. Pengertian Puisi Menurut Para Ahli

Pengertian Puisi Menurut Para Ahli

Dibawah ini merupakan pengertian puisi menurut para ahli, diantaranya sebagai berikut.

Djoko Pradopo

Djoko Pradopo mengatakan bahwa puisi adalah suatu hasil kegiatan pemadatan, yakni suatu proses penciptaan dengan cara menangkap sebuah kesan-kesan lalu memadatkannya (kondensasi).

Edwin Arlington Robinson

Menurut Edwin Arlington Robinson mendefiniskan bahwa puisi yaitu suatu bahasa yang akan disampaikan sesuatu yang tidak hendak dinyatakan, tidak diperkirakan sama dan ada puisi yang benar atau sebaliknya.

H.B. Jassin

H.B. Jassin mendefinisikan bahwa puisi adalah suatu pengucapan dengan sebuah perasaan yang didalamnya mengandung suatu fikiran-fikiran dan sebuah tanggapan-tanggapan.

Herman J. Waluyo

Puisi merupakan suatu bentuk karya sastra yang mengungkapkan sebuah pikiran dan perasaan sih penyair dengan secara imajinatif dan disusun dengan mengonsentrasikan semua kekuatan bahasa dalam pengonsentrasian sebuah struktur fisik dan struktur batinnya.

John Keats

Puisi ialah suatu usaha untuk membaca indah dari membayangkan suatu narasi proses pemikiran atau logis. Dia tidak menyiratkan sebuah puisi yang tidak masuk akal atau tidak memiliki narasi.

Muhammad Hj. Salleh

Muhammad Hj. Salleh berpendapat bahwa puisi ialah sebuah bentuk karya sastra yang kental dengan music bahasa serta suatu kebijaksanaan oleh si penyair dan tradisinya. Dalam hal ini semua kekentalan itu, maka puisi sesudah dibaca akan menjadikan kita lebih bijaksana.

Pradopo

Pradopo mendefiniskan bahwa puisi yakni sebuah kegiatan yang sifatnya pencurahan jiwa yang padat, dan yang bersifat sugestif dan asosiatif.

Putu Arya Tirtawirya

Putu Arya Tirtawirya mengungkapkan bahwa puisi ialah suatu ungkapan secara implicit dan samar, dengan makna yang tersirat, dimana kata-katanya condong pada suatu makna konotatif.

Ralph Waldo Emerson

Menurut Ralph Waldo Emerson puisi adalah sebuah pengajaran sebanyak mungkin dengan kata-kata yang lebih sedikit.

Sastra Sudjiman

Berpendapat bahwa puisi merupakan suatu ragam sastra yang bahasanya terikat oleh suatu irama, matra, rima, serta sesuatu dalam penyusunan larik dan bait.

Usman Awang

Usman Awang mendefinisikan bahwa yang dimaksud puisi adalah bukanlah suatu nyanyian orang putus asa yang mencari suatu ketenangan dan kepuasan dalam puisi yang ditulisnya.

Waluyo

Menurut Waluyo puisi merupakan suatu karya sastra dengan gaya bahasa yang dipadatkan, dipersingkat dan diberikan irama dengan suara bunyi yang padu dan pemilihan sebuah kata-kata kias (imajinatif).

Watt-Dunton

Puisi adalah suatu ekpresi yang kongkret dan yang sifatnya artistik dari sebuah pikiran manusia dalam bahasa emosional dan berirama.

Baca juga : Ananiah, Ghabab, Hasad, Ghibah, Namimah dan Dampaknya Dalam Kehidupan

Demikian penjelasan tentang Pengertian Puisi Menurut Para Ahli. Semoga artikel yang kami sajikan ini dapat bermanfaat bagi sobat. Sampai jumpa pada artikel pendidikan lainnya pada Sumberpengertian.com yaa 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *