Pengertian Perubahan Sosial Secara Umum dan Menurut Para Ahli !

Posted on

Salam jumpa sobat, senang sekali rasanya bisa setia hari menyapa sobat dengan berbagai informasi penting dan menarik. Pada kesempatan yang baik ini mimin akan mengajak sobat untuk membahas tentang Pengertian Perubahan Sosial Secara Umum dan Perubahan Sosial Menurut Pandangan Para Ahli.

 “Pengertian Perubahan Sosial Secara Umum dan Menurut Para Ahli !” is locked Pengertian Perubahan Sosial Secara Umum dan Menurut Para Ahli

 

Pengertian Perubahan Sosial Secara Umum

Pengertian Perubahan Sosial adalah perubahan-perubahan yang terjadi pada lembaga-lembaga kemasyarakatan dalam suatu masyarakat yang memengaruhi sistem sosialnya, termasuk nilai, sikap-sikap sosial, dan pola perilaku di antara kelompok-kelompok dalam masyarakat.

Pengertian Perubahan Sosial Menurut Para Ahli

Sedangkan menurut pandangan para ahli perubahan sosial telah diartikan menurut pandangannya masing-masing :

Emile Durkheim

Menurut Emile Durkheim , perubahan sosial terjadi sebagai hasil dari faktor-faktor ekologis dan demografis, yang mengubah kehidupan masyarakat dari kondisi tradisional yang diikat solidaritas mekanistik, ke dalam kondisi masyarakat modern yang diikat oleh solidaritas organistik.

Gillin

Perubahan sosial menurut Gillin adalah perubahan yang terjadi sebagai suatu variasi dari cara hidup yang telah diterima karena adanya perubahan kondisi geografi, kebudayaan material, komposisi penduduk, ideologi, maupun adanya difusi atau penemuan-penemuan baru dalam masyarakat.

Karl Marx

Definisi perubahan sosial adalah perubahan-perubahan yang terjadi karena perkemangan teknologi atua kekuatan produktif dan hubungan antara kelas-kelas sosial yang berubah.

Kingsley Davis

Menurut pandangan Kingsley Davis perubahan sosial merupakan perubahan-perubahan yang terjadi dalam struktur dan fungsi masyarakat

Mac Iver

Perubahan sosial menurut Mc Iver adalah perubahan-perubahan yang terjadi dalam hubungan sosial (social relation) atau perubahan terhadap keseimbangan (ekuilibrium) hubungan sosial

Raja

Raja menjelaskan bahwa perubahan sosial adalah segala perubahan pada lembaga kemasyarakatan di dalam suatu masyarakat yang memengaruhi suatu sistem sosial.

Tidak semua gejala-gejala sosial yang mengakibatkan perubahan dapat dikatakan sebagai perubahan sosial, gejala yang dapat mengakibatkan perubahan sosial memiliki ciri-ciri antara lain:

  • Setiap masyarakat tidak akan berhenti berkembang karena mereka mengalami perubahan baik lambat maupun cepat.
  • Perubahan yang terjadi pada lembaga kemasyarakatan tertentu akan diikuti dengan perubahan pada lembaga-lembaga sosial lainnya.
  • Perubahan sosial yang cepat dapat mengakibatkan terjadinya disorganisasi yang bersifat sementara sebagai proses penyesuaian diri.
  • Perubahan tidak dibatasi oleh bidang kebendaan atau bidang spiritual karena keduanya memiliki hubungan timbal balik yang kuat.

Samuel Koenig

Menurut pendapat Samuel Koenig, “perubahan sosial menunjukkan pada modifikasimodifikasi yang terjadi dalam pola-pola kehidupan manusia”.f. Definisi lain adalah dari Selo Soemardjan. Rumusannya adalah “segala perubahanperubahan pada lembaga-lembaga kemasyarakatan di dalam suatu masyarakat, yang mempengaruhi sistem sosialnya, termasuk di dalamnya nilai-nilai, sikap dan pola perilaku di antara kelompok-kelompok dalam masyarakat”.

Selo Soemardjan

Definisi perubahan sosial berdasarkan pandangan Selo Soemardjan adalah segala perubahan pada berbagai lembaga masyarakat dalam suatu lingkungan masyarakat yang memengaruhi sistem sosial, termasuk di dalamnya nilai sosial, sikap, pola perilaku antara kelompok-kelompok dalam masyarakat.

William F. Ogburn

Menurut William F. Ogburn , Perubahan sosial adalah perubahan yang mencakup unsur-unsur kebudayaan baik material maupun immaterial yang menekankan adanya pengaruh besar dari unsur-unsur kebudayaan material terhadap unsur-unsur immaterial.

Baca juga : Pengertian Microsoft Excel, Fungsi dan Kegunaannya (LENGKAP !)

Demikian penjelasan tentang Definisi Perubahan Sosial Secara Umum dan Pengertian Perubahan Sosial Menurut Para Ahli. Semoga artikel yang kami share di Sumberpengertian.com ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sampai jumpa pada artikel selanjutnya yaa 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *