Pengertian Penyerbukan Sendiri (Autogami) dan Macamnya !

Biologi Melisa

Pengertian Penyerbukan Sendiri Pada Tumbuhan – Ketika memperlajari materi Biologi kalian pasti pernah kan mendengar tentang penyerbukan sendiri yang dilakukan oleh tumbuhan. Jika kalian lupa atau belum pernah belajar tentang hal ini yuk ingat-ingat lagi apa itu Pengertian Penyerbukan Sendiri dan Bagaimana prosesnya !


Pengertian Penyerbukan Sendiri (Autogami) dan Macamnya

Pengertian Penyerbukan Sendiri (Autogami)

Pengertian Penyerbukan Sendiri merupakan sebuah proses penyerbukan atau berpindahnya serbuk sari dari kepala sari ke kepala putik yang secara khusus terjadi pada bunga yang sama atau antar bunga yang berbeda tetapi dalam satu tanaman atau di antara bunga pada klon tanaman yang sama.

Penyerbukan Sendiri ini dalam Bahasa Inggris disebut dengan istilah self-pollination.

Baca juga : Pengertian Letak Astronomis dan Letak Geografis Sebuah Wilayah + Contohnya

Jenis-jenis Self-pollination (Penyerbukan Sendiri)

Penyerbukan Sendiri atau Self-pollination dibedakan menjadi dua kategori yakni Penyerbukan Sendiri Alami dan Penyerbukan Sendiri Buatan, Apasih perbedaan dari kedua hal ini ? Berikut adalah penjelasannya :

Penyerbukan Sendiri Alami

Penyerbukan Sendiri secara alami dilakukan oleh tumbuhan itu sendiri dengan syarat adanya kelengkapan alat kelamin pada bunga yakni putik dan benang sari.

Penyerbukan Sendiri Buatan

Sedangkan untuk Penyerbukan Sendiri buatan yakni penyerbukan yang dibantu dengan rekayasa manusia. Proses dari penyerbukan sendiri dengan cara buatan yakni dengan mengumpulkan serbuk sari dari kepala sari suatu tanaman dan mengoleskan atau meletakanya pada putik bunga yang sama atau bunga pada tanaman yang sama sebelum diserbuki.

Contoh Tanaman yang Melakukan Penyerbukan Sendiri

Banyak sekali tanaman yang melakukan penyerbukan sendiri diantaranya :

  • Buncis
  • Gandum
  • Kacang panjang
  • Kacang tanah
  • Kentang
  • Padembakau
  • Tomat
  • Wijen

Baca juga : Pengertian Interaksi Antar Ruang (Pengertian Ruang dan Interaksi Antarruang)

Bagaimana sobat sudah faham tentang Pengertian Penyerbukan Sendiri ? Semoga artikel yang kami bagikan ini dapat bermanfaat untuk sobat yaaa 🙂 Sampai jumpa pada artikel pendidikan lainyya 🙂

You Might Also Like

No Comments

Leave a Reply