Pengertian Pendidikan Menurut Para Ahli serta Tujuan Pendidikan

Umum Melisa

Pengertian Pendidikan Menurut Para Ahli – Pendidikan sangatlah penting dalam membantu mencerdaskan bangsa. Pendidikan bahkan di mulai sejak usia dini guna memberikan bekal dan pondasi yang baik bagi anak. Namun apakah sobat tau apa pengertian pendidikan itu ?

Pengertian Pendidikan Menurut Para Ahli

Pengertian Pendidikan Secara Umum

Pendidikan adalah pembelajaran pengetahuan, keterampilan, dan kebiasaan sekelompok orang yang diturunkan dari satu generasi ke generasi berikutnya melalui pengajaran, pelatihan, atau penelitian.

Pengertian Pendidikan Menurut Para Ahli

Prof. H . Mahmud Yunus

Pendidikan adalah suatu usaha yang dengan sengaja dipilih untuk mempengaruhi dan membantu anak yang bertujuan untuk meningkatkan ilmu pengetahuan, jasmani dan akhlak sehingga secara perlahan bisa mengantarkan anak kepada tujuan dna cita-cita.

M.J. Langeveld

Pengertian pendidikan adalah upaya dalam membimbing manusia yang belum dewasa kearah kedewasaan. Pendidikan adalah suatu usaha dalam menolong anak untuk melakukan tugas-tugas hidupnya agar senantiasa mandiri dan bertanggung jawab secara susila.

Baca juga : 10 Pengertian Negara Menurut Para Ahli

Plato

Menurut Plato Pendidikan adalah proses yang dilakukan seumur hidup yang dimulai dari proses lahir hingga kematian, yang akan membuat seseorang bersemangat dalama mewujudkan warga negara yang ideal dan mengajarkannya bagaimana cara memimpin dan mematuhi yang benar.

Ki Hajar Dewantara

Menyatakan bahwa pendidikan adalah suatu tuntutan di dalam hidup tumbuhnya anak-anak. Maksud dari hal itu adalah bahwa pendidikan menuntun segala kekuatan kodrat yang ada pada peserta didik agar sebagai manusia dan anggota masyarakat dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan hidup yang setinggi-tingginya.

UU SISDIKNAS No.20 tahun 2003

Pendidikan adalah suatu usaha yang dilakukan secara sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mampu mengembangkan potensi yang ada didalam dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, kepribadian yang baik, pengendalian diri, berakhlak mulia, kecerdasan,dan keterampilan yang diperlukan oleh dirinya dan masyarakat.

Thedore Brameld

Pendidikan adalah suatu proses yang lebih luas daripada proses yang berlangsung di dalam sekolah saja.

Comenius

Pendidikan menurut Comenius adalah proses dimana individu mengembangkan kualitasnya terhadap agama, ilmu pengetahuan dan moralnya, yang membuatnya mampu mengklaim dirinya sebagai manusia.

Ahmad D. Marimba

Pendidikan menurut Ahmad D. Marimba adalah proses bimbingan yang dilaksanakan secara sadar oelh pendidik terhadap suatu proses perkembangan jasmani dan rohani peserta didik yang bertujuan agar kepribadian peserta didik terbentuk dengan sangat unggul.

Kohnstam dan Gunning

Kohnstamm dan Gunning mengarikan pendidikan  sebagai ciptaan dari hati nurani manusia, bahwa pendidikan merupakan proses pembentukan dan penentuan nasib sendiri sesua hati nurani.

UU No. 20 tahun 2003

Menurut UU No. 20 tahun 2003, Pendidikan adalah sebuah usaha yang di lakukan secara sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaaan, membangun kepribadian, pengendalian diri, kecerdasan, akhlak mulia, serta ketrampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa, dan Negara.

Baca juga : 16 Pengertian Hukum Menurut Para Ahli

Tujuan Pendidikan

Dalam UU No. 2 Tahun 1985 disebutkan bahwa tujuan pendidikan yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia yang seutuhnya yaitu yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berbudi pekerti luhur, memiliki pengetahuan dan keterampilan, kesehatan jasmani dan rohani, kepribadian yang mantap dan mandiri serta rasa tanggung jawab kemasyarakatan bangsa.

Sedangkan menurut  MPRS No. 2 Tahun 1960 dikatakan bahwa tujuan pendidikan adalah membentuk pancasilais sejati berdasarkan ketentuan-ketentuan yang dikehendaki oleh pembukaan UUD 1945 dan isi UUD 1945.

Inilah pengertian Pendidikan secara umum menurut Para Ahli, serta tujuan dari pendidikan. Semoga artikel di Sumberpengertian.com ini dapat memberikan manfaat bagi para pembaca.

You Might Also Like

No Comments

Leave a Reply

Most popular articles related to Pengertian Pendidikan Menurut Para Ahli serta Tujuan Pendidikan