Pengertian Paragraf Lengkap ! (Ciri-ciri, Jenis, Fungsi dan Contohnya)

Posted on

Pengertian Paragraf – Salam jumpa sobat Sumberpengertian.com, senang sekali rasanya bisa setiap hari menyapa anda dengan topik-topik pendidikan yang akan memperluas wawasan kita semua. Di hari yang cerah ini mimin akan membahas tentang Pengertian Paragraf, jenis, fungsi, ciri-ciri dan contohnya.

Pengertian Paragraf Lengkap ! (Ciri-ciri, Jenis, Fungsi dan Contohnya)

Pengertian Paragraf

Definisi paragraf adalah Paragraf atau alinea merupakan sekumpulan kalimat yang saling berkaitan antara kalimat yang satu dengan kalimat yang lain.

Dapat dikatakan juga bahwa paragraf merupakan sebuah karangan singkat dikarenakan penulis dapat menuangkan ide dan pikirannya sehingga terbentuklah suatu pokok bahasan atau tema.

Di dalam sebuah paragraf biasanya terdapat beberapa jenis kalimat yang kemudian menjadikannya menjadi sebuah paragraf yang utuh. Kalimat tersebut diantaranya adalah kalimat pengenal, kalimat utama, kalimat penjelas dan juga kalimat penutup.

Dari seluruh kalimat tersebut kemudian terbentuklah satu paragraf utuh yang menjelaskan suatu ide pokok. Ide pokok ini biasanya terletak pada awal atau akhir paragraf yang disebut dengan istilah paragraf deduktif dan paragraf induktif.

Baca juga : Pengertian Jamur (Fungi) Lengkap (Ciri-ciri, Jenis, Reproduksi, dan Fungsi Jamur)

Jenis-jenis Paragraf

Paragraf banyak sekali macamnya, berikut adalah jenis-jenis paragraf :

  • Paragraf Narasi
  • Paragraf Eksposisi
  • Paragraf Persuasi
  • Paragraf Argumentasi
  • Paragraf Deskriptif

Ciri-ciri Paragraf

Paragraf memiliki beberapa ciri dan karakteristik diantaranya :

  • Pada baris pertama biasanya lebih menjorok ke dalam dengan 5 spasi.
  • Setiap kalimat memiliki ide pokok dengan beberapa kalimat penjelas.
  • Paragraf mempunyai dua jenis kalimat. Yaitu kalimat utama dan kalimat penjelas.

Fungsi Paragraf

Setelah menjelaskan pengertian paragraf, ciri-ciri, dan jenisnya maka kami akan menguraikan beberapa fungsi dari paragraf antara lain :

  • Mengekspresikan gagasan yang tertulis.
  • Digunakan sebagai sebuah penanda peralihan gagasan baru.
  • Untuk memudahkan menulis dan pembaca
  • Supaya dapat mempermudah dalam pengembangan topik
  • Agar dapat memudahkan pengendalian variable.

Contoh Paragraf

Supaya sobat lebih memahami pokok bahasan kali ini maka admin akan memberikan contoh paragraf induktif yakni sebuah paragraf yang mempunyai ide pokok diakhir paragraf.

Contoh Paragraf Induktif

       Apabila Anda menemukan seseorang demam yang tinggi beberapa hari maka harus dicurigai gejala demam berdarah. Selain mengalami demam orang yang menderita demam berdarah memiliki gejala lain seperti terjadinya pendarahan pada lubang hidung atau mimisan. Bukan hanya gejala itu, gejala yang paling menonjol yaitu adanya bintik-bintik merah pada kulit tubuh. Apabila menemukan gejala-gejala tersebut hendaknya harus diperhatikan, agar penderita tersebut bisa ditolong dan juga ditangani dokter.

Baca juga : Pengertian Zihar, Dasar Hukum dan Contohnya !

Demikian informasi tentang Paragraf Lengkap dengan ciri-ciri, jenis, dan fungsinya. Semoga artikel ini dapat memperluas wawasan kita semua tentang tata Bahasa Indonesia yang benar. Sampai jumpa pada informasi pendidikan lainnya yaa 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *