Pengertian Pancasila Menurut Para Ahli !

Posted on

Definisi Pancasila Menurut Para Ahli – Selamat siang sobat, selamat berakhir pekan yaa. Pada kesempatan yang baik ini mimin akan membagikan pengertian Pancasila. Sobat pasti juga ingin tahu kan apa itu pancasila dan bagaimana pandangan pancasila menurut para ahli.

Pengertian Pancasila Menurut Para Ahli

Pangertian Pancasila Secara Umum

Pengertian Pancasila berasal dari bahasa Sansekerta takni dari kata panca dan syila.

Panca berarti lima dan syila yang artinya satu sendi, dasar, alat, atau asas. Sedangkan syila dengan pengucapan i panjang (syi:la) berarti peraturan tingkah laku yang baik, utama atau yang penting.

Jadi secara umum “Pancasila” dapat diartikan berlaku sendi, lima atau lima tingkah laku utama, atau pelaksanaan lima kesusilaan (Panca syila krama).

Baca juga : Pengertian Paragraf Lengkap ! (Ciri-ciri, Jenis, Fungsi dan Contohnya)

Pengertian Pancasila Menurut Para Ahli

Para ahli telah mendefinisikan pancasila dalam pandangannya masing-masing diantaranya :

Pancasila Menurut Ir. Soekarno

Definisi Pancasila menurut pandangan Ir. Soekarno adalah sebuah isi dalam jiwa bangsa Indonesia yang secara turun temurun ada dalam setiap jiwa warga negara Indonesia. Jadi dapat disimpulkan bahwa Pancasila bukan hanya falsafah negara melainkan juga falsafah bangsa Indonesia.

Pancasila Menurut Muhammad Yamin

Muhammad Yamin mendefinisikan Pancasila sebagai kata yang berasal dari Panca yang berarti lima dan Sila yang berarti sendi, jadi Pancasila adalah 5 sendi yang menjadi dasar dan peraturan untuk mengatur tingkah laku masyarakat menjadi lebih baik.

Pancasila Menurut Notonegoro

Menurut Notonegoro Pancasila merupakan dasar falsafah negara Indonesia. Sehingga bisa disimpulkan bahwa Pancasila menjadi ideologi negara Indonesia dan menjadi pandangan hidup bagi bangsa Indonesia.

Baca juga : Pengertian Zihar, Dasar Hukum dan Contohnya !

Demikian pembahasan tentang Definisi Pancasila Menurut Para Ahli . Semoga artikel yang kami bagikan ini dapat bermanfaat untuk pembaca dan juga untuk penulis. Sampai jumpa pada artikel pendidikan lainnya di Sumberpengertian.com yaa 🙂 See You Arround !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *