Pengertian Narkoba, Psikotropika dan Zat Adiktif serta Dampaknya

Posted on

Pengertian Narkoba, Psikotropika dan Zat Adiktif serta Dampaknya – Pemerintah nampaknya semakin gencar memberantas Narkoba karena memiliki dampak yang sangat buruk bagi kesehatan. Apakah kalian tahu apa itu narkoba dan apa saja contohnya. Langsung saja yaa guys kita bahas pengertian Narkoba atau yang juga sering disebut dengan NAPZA.

Pengertian Narkoba, Psikotropika dan Zat Adiktif serta Dampaknya

Pengertian Narkoba

Narkoba adalah singkatan dari narkotika dan obat atau bahan berbahaya.

Pengertian NAPZA

Pengertian Napza yang merupakan singkatan dari narkotika, psikotropika, dan zat adiktif.

Istilah NAPZA ini merupakan sebuah istilah lain dari Narkotika yang digunakan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Baik nakoba, psikotropika dan zat adiktif merupakan sebuah senyawa yang memberikan efek addict atau kecanduan bagi para penggunanya. Efek kecanduan dari obat ini tentunya berdampak buruk bagi kesehatan.

Pengertian Narkoba Secara Umum

Secara umum narkoba didefinisikan sebagai obat-obatan yang mampu menggangu sistem kerja saraf tubuh untuk tidak merasakan sakit atau rangsangan atau obat-obatan yang digunakan untuk membius. Namun seringkali disalah gunakan dengan penggunaan secara berlebihan.

Narkotika mulanya terbuat dari bahan alami (organik) yakni dari Candu (Papaper Somniferum), kokain (Erythroxyion coca) dan ganja (Cannabis sativa).

Saat ini sudah banyak sekali jenis narkoba diantaranya Opium atau Opioid atau Opiat atau Candu, Codein, Methadone (MTD), LSD, PC, mescalin, barbiturat, demerol, petidin, dan lainnya.

Baca juga : Pengertian Zaken Kabinet, ( Fungsi, Tujuan dan Contohnya )

Pengertian Psikotropika

Pengertian Psikotropika adalah bahan lain yang tidak mengandung narkotika, merupakan zat buatan atau hasil rekayasa yang dibuat dengan mengatur struktur kimia. Mempengaruhi atau mengubah keadaan mental dan tingkah laku pemakainya.

Contoh Psikotropika

Berikut ini adalah contoh-contoh psikotropika :

  • Angel Dust
  • Ekstasi / Inex / Metamphetamines
  • Demerol
  • Megadon
  • Nipam
  • Speed
  • Sabu-sabu(Shabu/Syabu/ICE)
  • Sedatif-Hipnotik(Benzodiazepin/BDZ), BK, Lexo, MG, Rohip, Dum

Pengertian Zat Adiktif

Definisi dari Zat adiktif ialah zat-zat yang bisa membuat ketagihan jika dikonsumsi secara rutin.

Contoh Zat Adiktif

  • Alkohol
  • Zat Nikotin
  • Zat Kafein
  • Zat Desainer

Akibat Penggunaan Narkotija, Psikotropika dan Zat Adiktif

Halusinogen merupakan sebuah efek dari narkotika yang dapat menyebabkan seseorang menjadi ber-halusinasi dengan melihat suatu hal/benda yang sebenarnya tidak ada atau tidak nyata bila dikonsumsi dalam sekian dosis tertentu.

Contoh : kokain & LSD.

Stimulan yaitu efek dari narkoba yang bisa mengakibatkan kerja organ tubuh seperti jantung dan otak lebih cepat dari biasanya sehingga mengakibatkan penggunanya lebih bertenaga serta cenderung membuatnya lebih senang dan gembira untuk sementara waktu.

Depresan merupakan sebuah efek dari narkotika yang dapatmenekan sistem syaraf pusat dan mengurangi aktivitas fungsional tubuh, sehingga pemakai merasa tenang bahkan tertidur dan tidak sadarkan diri.

Contoh : Narkotika jenis putaw.

Adiktif merupakan sebuah efek dari narkoba yang menimbulkan kecanduan. Seseorang yang sudah mengonsumsi narkoba biasanya akan ingin dan ingin lagi karena zat tertentu dalam narkoba mengakibatkan seseorang cenderung bersifat pasif, karena secara tidak langsung narkoba memutuskan syaraf-syaraf dalam otak.

Contoh : ganja, putau serta heroin.

Kematian, jika narkoba telah memberikan efek kecanduan jangka panjang, maka sangat memungkinkan bagi penggunaanya mengalami kematian.

Baca juga : 15 Pengertian Bangsa Menurut Para Ahli Lengkap !

Dampak Penggunaan Narkoba, Psikotropika dan Zat Adiktif

Narkoba, Psikotropika dan Zat Adiktif atau yang sering disebut dengan NAPZA memiliki dampak yang sangat buruk bagi kesehatan tubuh hingga yang paling buruk dapat menyebabkan kematian.

Cara menyembuhkan efek kecanduan dari pengaruh narkotika ini juga sangatlah tidak mudah. Oleh karena itu sebaiknya jangan coba-coba yaa karena sangat berbahaya dan dapat merusak tubuh dan masa depan anda.

Bagaimana sobat, apakah kalian sekarang sudah mengerti dan faham tentang definisi dari Pengertian Narkoba, Psikotropika dan Zat Adiktif serta Dampaknya bagi kesehatan ? Simak terus informasi pendidikan lainnya hanya di Sumberpengertian.com yaa 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *