Pengertian Modem, Jenis-jenis dan Fungsi Modem Lengkap !

Posted on

Pengertian Modem, Jenis-jenis dan Fungsinya – Di era modern ini kehidupan kita tidak dapat dipisahkan dengan dunia internet dan social media. Untuk dapat terhubung ke internet maka dibutuhkan seperangkat peralatan-peralatan salah satunya modem. Tentunya alat ini sudah tidak asing kan bagi sobat, jadi apa sih pengertian modem, fungsi modem, dan jenis-jenisnya.

Pengertian Modem, Jenis-jenis dan Fungsi Modem Lengkap !

Pengertian Modem

Modem adalah sebuah singkatan dari Modulator Demodulator.

Modulator adalah Bagian yang mempunyai fungsi untuk mengubah sinyal informasi menjadi sebuah sinyal carrier yang siap dikirimkan.

Demodulator adalah bagian yang mempunyai fungsi untuk memisahkan antara signal informasi dengan sinyal pembawa yang selanjutnya sebuah informasi dapat dikirmkan dengan baik.

Jenis – Jenis Modem

Modem memiliki beberapa jenis yakni modem internal dan modem eksternal :

Modem Eksternal

Modem eksternal adalah suatu perangkat hardware yang biasanya rangkaian kabel disambung ke PC melalui kabel kabel ke serial port COMx dengan menggunakan kabel DB-9 atau DB-25.

Contoh Modem Eksternal

Modem wired ADSL

Modem Internal

Biasanya modem dengan type seperti ini sudah tertanam pada slot PCI di motherboard suatu perangkat komputer.

Dan perlu anda ketahui jika tipe yang dipasang atau ditanam pada sebuah papan induk ini berbentuk sebuah kartu yang nantinya bisa diakses dan digunakan secara fungsinya setelah kartu tersebut dipasang pada slot PCI tersebut.

Contoh Modem Internal

Lan Card yang sudah dilengkapi dengan lubang connector Rj45.

Modem Analog

Jenis modem ini mungkin setiap harinya sudah sering kita lihat baik bentuk fisiknya ataupun kecepatan akses yang diberikan oleh modem ini, akses modem ini untuk bisa terhubung ke suatu jaringan internet harus melalui konfigurasi tertentu sperti dialup modem analog.

Modem ADSL

Modem ADSL merupakan sebuah tehnologi baru yang sudah dikembangkan, yang dimana moden jenis ADSL ini tidak berfokus pada frekuensi voiceband audio dan telepon.

Pada kenyataannya Beberapa modem ADSL menggunakan frekuensi coded orthogonal frequency division modulation ( (DMT, untuk MultiTone Diskrit, juga disebut COFDM, untuk TV digital di sebagian besar penguna di dunia) Kabel modem menggunakan rentang frekuensi awalnya ditujukan untuk penggunaan saluran televisi RF.

Modem GSM

Modem bertipe GSM ini mungkin buat anda yang mempunyai perangkat computer seperti laptop ataupun notebook sudah tidak asing lagi dengan modem yang satu ini, pada dasarnya system kerja Modem GSM ini telah menggunakan sistem telepon selular ( EVDO , WiMax ,GPRS ,HSPA ,UMTS , dll), dikenal sebagai modem nirkabel (kadang-kadang juga disebut modem selular). Pada masalah ini biasanya Modem nirkabel dapat tertanam di dalam laptop atau type alat eksternal.

Modem CDMA

Modem dengan jenis CDMA adalah suatu modem nirkabel yang dimana system kerjanya sudah diadopsi pada jaringan yang memang mempunyai basic jaringan CDMA.

Modem nirkabel ini berperilaku seperti a Hayes compatible dial-up modem. Modem ini letak Perbedaan utama antara modem Hayes standar dan modem CDMA adalah jika modem hayes mengirim dan menerima suatu data melalui saluran telepon tetap, sementara modem CDMA mengirim dan menerima data melalui suatu gelombang radio.

Fungsi Modem

Fungsi modem secara umum ialah sebagai hardware atau perangkat keras yang berguna untuk mengubah komunikasi 2 arah yaitu mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog dan sebaliknya. Sedangkan secara spesifik fungsi modem adalah untuk :

  • Alat pengubah sinyal digital menjadi sinyal analog.
  • Menghubungkan suatu perangkat dalam jaringan.
  • Melakukan kegiatan modulasi dan demodulasi.
  • Melakukan pemeriksaan paket data dan komunikasi.
  • Melakukan kompres data yang dikirimkan melalui sinyal.

Baca juga : Pengertian Negara Maju dan Negara Berkembang ( Ciri-ciri, Indikator dan Contohnya )

Demikian penjelasan tentang pengertian modem, jenis-jenis modem, dan fungsi modem. Semoga artikel ini dapat memperluas wawasan pembaca dan penulis. Sampai jumpa pada artikel selanjutnya yaa 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *