Pengertian Menggambar Model (Unsur-unsur, Alat dan Bahan, Tehnik)

Posted on

Pengertian Menggambar Model – Pada artikel ini kami masih akan membahas bab menggambar. Kali ini kami akan menjelaskan tentang sub menggambar model, prinsip, unsur, cara, alat serta bahan yang dibutuhkan untuk mengambar model.

Pengertian Menggambar Model (Unsur-unsur, Alat dan Bahan, Tehnik)

Pengertian Menggambar Model

Model merupakan sebuah objek yang akan menjadi inspirasi dalam menggambar karya seni.

Menggambar merupakan proses pengungkapan gagasan seseorang melalui bahasa gambar.

Sehingga dapat disimpulkan bahwa pengertian menggambar model adalah kegiatan menggambar yang diawali dengan menentukan objek model yang akan digambar.

Objek Menggambar Model

Untuk objek gambar model sendiri dapat berupa benda hidup yakni hewan, tumbuh-tumbuhan, manusia, maupun kumpulan benda-benda mati yang disusun sesuai dengan komposisi, proporsi, keseimbangan, dan irama yang baik sehingga gambar memiliki satu kesatuan yang utuh.

Menggambar Model Tiga Dimensi ( 3 D )

Menggambar Model Benda Kubistis

Benda kubistis merupakan benda-benda yang bentuknya menyerupai bangun kubus (balok). Misalnya, meja, kursi, lemari, bak sampah, kotak pensil, dan sebagainya.

Menggambar Model Benda Silindris

Benda silindris merupakan benda-benda yang bentuknya menyerupai silinder (elips). Misalnya, botol, gelas, piring, mangkuk, teko, dan sebagainya.

Menggambar Model Benda Bebas

Benda bebas yang dimaksud disini merupakan benda yang bentuknya tidak beraturan. Contoh Menggambar Model Bebas adalah buah-buahan, pepohonan, batu-batuan, dan lain lainnya.

Prinsip Menggambar Model

Komposisi

Komposisi merupakan tata susunan yakni cara kita menyusun dan mengatur objek gambar yang digunakan sebagai model gambar sehingga hasil gambar tampak menarik dan indah. Komposisi dapat dibuat melalui bentuk objek gambar, warna objek gambar, jenis objek gambar, dan latar belakang gambar.

Proporsi

Sebuah benda tersusun dari suatu kesatuan berdasarkan ukuran antara bagian satu dengan bagian lainnya. Kesebandingan, keseimbangan, atau kesesuaian bentuk dan ukuran suatu benda antara bagian yang satu dengan bagian yang lain itulah yang dinamakan proporsi. Apabila suatu gambar menggunakan proporsi yang tepat, maka gambar benda yang dihasilkan akan tampak wajar. Jika gambar yang dibuat tidak sesuai dengan proporsi maka akan terkesan janggal.

Keseimbangan

Keseimbangan merupakan prinsip dalam menggambar yang artinya adalah keselarasan antara bidang gambar, objek gambar, dan gambar yang dihasilkan. Keseimbangan hasil gambar model dapat diperoleh dengan cara membuat skala, memberi efek perspektif pada objek gambar dan sudut pandang penggambar.

Kesatuan (Unity)

Kesatuan merupakan suatu penggambaran objek yang memberikan kesan adanya kesatuan unsur-unsur yang terpadu. Kesatuan artinya keterpaduan dari bagian-bagian gambar, tidak terkesan terbelah atau terpisah.

Baca juga : Pengertian Nilai Mutlak, Sifat, Persamaan, dan Contoh Soal Nilai Mutlak

Unsur-unsur Menggambar Model

Setelah memahami prinsip apa saja yang harus diperhatikan dalam menggambar, maka kami akan memberikan penjelasan tentang unsur-unsur apa saja yang dibutuhkan untuk menggambar model.

Garis

Garis terbentuk melalui goresan atau tarikan dari titik yang satu ke titik yang lain.

Bidang

Bidang merupakan permukaan yang datar yakni suatu garis yang dipertemukan ujung pangkalnya akan membentuk bidang, baik bidang geometrik maupun bidang organik. Bidang juga mempunyai sifat yang beragam sesuai bentuknya.

Bentuk

Bentuk terjadi melalui penggabungan unsur bidang. Contoh dari bentuk adalah sebuah kotak terwujud dari empat sisi bidang yang disatukan.

Warna

Warna memiliki 3 dasar yakni merah, kuning, dan biru. Kemudian dari ketiga warna tersebut, dapat diperoleh berbagai jenis warna melalui proses pencampuran.

Tekstur

Tekstur merupakan permukaan suatu benda, ada yang halus ada yang kasar. Tekstur kasar misalnya terdapat pada batang kayu, daun, dan batu.

Nada Gelap-Terang

Benda yang tertimpa cahaya (secara langsung atau tidak langsung), ada sisi yang gelap dan ada sisi yang terang. Penggambaran bentuk benda yang baik, salah satunya ditentukan oleh kelihaian menentukan sisi gelap dan sisi terang secara tepat.

Ruang

Dalam seni bangunan, ruang terbentuk atas dua atau beberapa dinding yang berjarak.

Alat dan Bahan Menggambar Model

Alat-alat yang dibutuhkan untuk menggambar model adalah

Media Kering

  • Pensil
  • Pengapus
  • Krayon
  • Spidol
  • Konte
  • Drawing Pen

Media Basah

  • Cat Air
  • Cat Poster
  • Tinta Bak
  • Cat Minyak
  • Ecolin

Cara dan Teknik Menggambar Model

Berikut adalah tahapan, cara dan tehnik, menggambar model adalah :

  • Pengamatan
  • Sketsa
  • Menentukan Gelap Terang
  • Menentukan Teknik
  • Sentuhan Akhir

Baca juga : Pengertian Menggambar Lengkap ( Sejarah, Subjek, Alat dan Bahan, serta Tekniknya )

Demikian penjelasan tentang Pengertian Menggambar Model, Prinsip, Teknik dan Cara Menggambar Model. Semoga artikel yang kami sajikan ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sampai jumpa pada artikel selanjutnya di Sumberpengertian.com 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *