Pengertian Masyarakat Madani Menurut Para Ahli, Unsur dan Cirinya

Umum Melisa

| Meski konsep atau istilah masyarakat madani tidak sering kita jumpai dalam kehidupan sehar-hari. Namun tak ada salahnya untuk belajar mengenai istilah tersebut. Yuk bersama-sama memahami konsep Masyarakat Madani.

Pengertian Masyarakat Madani Menurut Para Ahli

Pengertian Masyarakat Madani

Masyarakat Madani adalah suatu masyarakat yang didasarkan pada hukum dan beradab.

Istilah Masyarakat Madani disebut juga dengan Civil Society atau societies civillis.

Menurut Menurut W.J.S. Poerwadarminto Istilah Masyarakat Madani berasal dari kata “masyarakat”” yang artinya suatu pergaulan hidup manusia, sehimpunan orang yang hidup bersama dalam suatu tempat dengan ikatan dan aturan yang tertentu.

Sedangkan kata “Madani” berasal dari bahasa Arab “Madinah” yang artinya kota. Jika diartikan secara harfiah pengertian masyarakat madani adalah sebuah masyarakat Kota. Namun saat inipengertian dari masyarakat madani merujuk kepada perlaku dan sifat dari masyarakat itu sendiri.

Baca juga : Pengertian Resensi Buku, Unsur, Jenis dan Tujuan Resensi

Pengertian Masyarakat Madani Menurut Para Ahli

Dewam Rahardjo

Pengertian masyarakat madani menurut Dewam Rahardjo adalah proses penciptaan peradaban yang mengacu kepada nilai-nilai kebijakan bersama.

Rumusan PBB

Masyarakat Madani adalah masyarakat yang demokratis dan menghargai human dignity atau hak-hak tanggung jawab manusia.

Gellner

Pengertian masyarakat madani menurut Gellner adalah sekelompok institusi/lembaga dan asosiasi yang cukup kuat untuk mencegah tirani politik, baik oleh negara maupun komunal/komunitas.

Hasyim

Masyarakat madani merupakan masyarakat yang selalu memelihara perilaku yang beradab, sopan santun berbudaya tinggi, baik dalam menghadapi sesama manusia atau alam lainnya.

Nurcholish Madjid

Pengertian masyarakat madani menurut Nurcholish Madjid berasal dari kata civility, yang mengandung makna toleransi, kesediaan pribadi-pribadi untuk menerima berbagai macam pandangan politik dan tingkah laku sosial.

Ciri-Ciri Masyarakat Madani

Menurut Bahmuller (1997) ciri dan karakteristik Masyarakat Madani antara lain :

Adanya kebebasan masyarakat melalui kegiatan lembaga-lembaga sosial dengan berbagai perspektif.

Meluasnya kesetiaan (loyalty) dan kepercayaan (trust) sehingga individu-individu mengakui keterkaitannya dengan orang lain dan tidak mementingkan diri sendiri (individualis).

Menyebarkan kekuasaan sehingga kepentingan-kepetingan yang mendominasi dalam masyarakat dapat dikurangi oleh kekuatan-kekuatan alternatif.

Terintegrasinya individu-individu dan kelompok-kelompok eksklusif ke dalam masyarakat dengan kontak sosial dan aliansi sosial.

Terjembataninya kepentingan-kepentingan individu dan negara karena keanggotaan organisasi-organisasi volunter mampu memberikan masukan-masukan terhadap keputusan-keputusan pemerintah.

Baca juga : Pengertian Nasionalisme, Ciri, Tujuan, Bentuk dan Contohnya

Unsur-unsur Masyarakat Madani

Elemen atau unsur dasar yang dimiliki oleh masyarakat madani adalah :

  • Adanya Wilayah Publik yang Luas
  • Demokrasi
  • Toleransi
  • Pluralisme
  • Keadilan social

Pilar Penegak Masyarakat Madani

  • Lembaga Swadaya Masyarakat
  • Pers
  • Supremasi Hukum
  • Perguruan Tinggi
  • Partai Politik

Syarat Masyarakat Madani

Terdapat beberapa syarat terbentuknya sebuah masyarakat madani diantaranya :

Adanya Hak, kemampuan, dan kesempatan bagi masyarakat dan lembaga-lembaga swadaya untuk terlibat dalam setiap forum, sehingga isu-isu kepentingan bersama dan kebijakan publik dapat dikembangkan.

Adanya jaminan, kepastian, dan kepercayaan dari setiap jaringan-jaringan kemasyarakatan sehingga terjalinnya hubungan dan komunikasi antara masyarakat secara teratur, terbuka dan terperacaya.

Adanya persatuan antarkelompok di masyarakat serta tumbuhnya sikap saling menghargai perbedaan antarbudaya dan kepercayaan.

Berkembangnya human capital (modal manusia) dan social capital (modal sosial) yang kondusif untuk terbentuknya kemampuan melaksanakan tugas-tugas kehidupan an terjalinnya kepercayaan dan relasi sosial antar kelompok.

Terpenuhinya kebutuhan dasar individu, keluarga, dan juga kelompok yang berada di dalam masyarakat.

Terselenggaranya sistem pemerintahan yang lembaga-lembaga ekonomi hukum, sosial berjalansecara produktif dan berkeadilan sosial

Tidak adanya diskriminasi dalam setiap bidang pembangunan atau terbukanya akses berbagai pelayanan sosial

Inilah pengertian Masyarakat Madani lengkap beserta unsur dan karakterstiknya. Semoga informasi di Sumberpengertian.com ini dapat menambah wawasan anda. See You at the next post 🙂

You Might Also Like

No Comments

Leave a Reply