Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli serta Jenis-jenis dan Fungsinya

Posted on

Definisi Manajemen Menurut Para Ahli – Hello sobat Sumberpengertian.com, Pada kesempatan yang baik ini admin akan mengulas tentang Pengertian Manajemen. Apakah sobat sudah tau tentang definisi dari Manajemen? Jika belum tahu, simaklah penjelasan yang admin berikan dengan seksama yaa 🙂

Pengertian Manajemen, Fungsi Manajemen dan Jenis-jenisnya

Pengertian Manajemen

Pengertian Manajemen adalah proses yang dilakukan untuk mencapai sebuah tujuan suatu organisasi dengan cara bekerja dalam tim.

Manajemen juga dapat diartikan sebagai sebuah suatu seni dalam ilmu dan proses pengorganisasian seperti perencanaan, pengorganisasian, pergerakan, dan pengendalian atau pengawasan.

Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli

Setelah mengetahui gambaran umum tentang Manajemen. Kami akan memberikan gambaran yang berbeda dari pakar atau pendapat para ahli.

Encylopedia of the Social Science

Berdasarkan penjelasan Encylopedia of the Social Science pengertian manajemen adalah suatu proses yang pelaksanaan tujuan tertentu diselenggarakan dan diawasi.

George.R.Terry

Menurut George.R.Terry, Manajemen yakni suatu proses atau kerangka kerja yang melibatkan bimbingan atau pengarahan suatu kelompok orang-orang ke arah tujuan-tujuan organisasional maksud yang nyata.

James A.F Stoner

Pengertian manajemen menurut James A.F Stoner adalah proses perencanaan, pengorganisasian, dan penggunaan sumber daya organisasi yang lain agar mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan.

Koontz

Pengertian manajemen menurut Koontz adalah seni yang paling produktif selalu didasarkan pada pemahaman terhadap ilmu yang mendasarinya.

Lawrence A. Appley

Menurut Lawrence A. Appley Manajemen adalah seni pencapaian tujuan yang dilakukan melalui usaha orang lain.

Mary Parker Follet,

Pengertian Manajemen menurut Mary Parker Follet adalah sebuah seni atau management is an art).

Wilson Bangun

Berdasarkan pandangan Wilson Bangun, Pengertian Manajemen adalah rangkaian aktivitas-aktivitas yang dikerjakan oleh anggota-anggota organisasi untuk mencapai tujuannya.

Baca juga : 21 Pengertian Komunikasi Menurut Para Ahli

Fungsi Manajemen

Manajemen memiliki 5 fungsi yakni :

Planning (Perencanaan)

Planning merupakan fungsi manajemen yang pertama yang merupakan sebuah proses untuk menentukan tujuan dari perusahaan atau organisasi dalam bentuk visi dan misi baik jangka panjang dan jangka pendek.

Organizing (Mengorganisasi)

Organizing atau mengorganisasi maksudnya mengatur orang-orang yang ada dalam organisasi atau perusahaan tersebut. Supaya, mereka dapat menjalankan peran dan fungsinya masing-masing dengan maksimal.

Staffing (Penempatan)

Staffing memiliki arti dan makna yang lebih luas dari Organizing. Jika organizing lebih ke memanajemen sumber daya manusia sedangkan staffing lebih ke sumber daya secara umum. Contoh Staffing : peralatan dan inventaris yang dimiliki.

Coordinating (Mengkoordinasi)

Coordinating merupakan salah satu fungsi yang bertujuan untuk meningkatkan efisensi dan efektifitas kinerja, membuat suasana dalam lingkungan kerja menjadi dinamis, sehat, nyaman, dan lain sebagainya.

Fungsi ini diemban ditangan manajer, jadi manajer memiliki fungsi utama untuk mengkoordinasi bawahannya supaya dapat meningkatkan performa kerja masing-masing.

Controlling (Mengontrol)

Controlling merupakan fungsi akhir pada manajemen jadi setelah semuanya dilakukan maka langkah terakhir adalah mengontrolnya.

Fungsi Controlling memiliki elemen-elemen penting, misalkan evaluasi dan pembuatan kebijakan baru. Fungsi controlling ini sangat penting, supaya kinerja orang-orang didalamnya tidak menurun minimal standard kalau bisa ya meningkat.

Baca juga : Pengertian Wawancara (Interview), Jenis-jenis dan Tujuan Wawancara

Jenis-jenis dan Contoh Manajemen

Manajemen memiliki macam dan jenis yang berbeda-beda bergantung pada bidang yang digelutinya. Berikut adalah jenis dan contoh manajemen :

  • Manajemen Sumber Daya Manusia (SDM)
  • Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (Manajemen K3)
  • Manajemen Laboratorium
  • Manajemen Hubungan Masyarakat (Humas)
  • Manajemen Emosi

Demikian Penjelasan tentang Definisi Manajemen Secara Umum dan Menurut Pandangan Para Ahli beserta Fungsi dan Jenisnya 🙂 Simak terus informasi penting lainnya pada artikel selanjutnya yaa 🙂 Stay tune

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *