Pengertian Lingkungan Hidup Secara Umum & Menurut Para Ahli

Geografi Melisa

Pada artikel ini admin akan membahas tentang Pengertian Lingkungan Hidup. Untuk lebih mudah memahaminya, simaklah artikel ini dengan seksama yaa 🙂

Pengertian Lingkungan Hidup Secara Umum

Pengertian Lingkungan Hidup Secara Umum

Lingkungan Hidup adalah kesatuan ruang dengan segala benda dan makhluk hidup di dalamnya termasuk manusia dan perilakunya yang mempengaruhi keberlangsungan perikehidupan dan kesejahteraan manusia dan makhluk hidup lainnya.

Pengertian Lingkungan Hidup Menurut Para Ahli

UU No. 23 Tahun 1997

Menurut UU No. 23 Tahun 1997 pengertian Lingkungan Hidup adalah kesatuan ruang dengan semua benda, daya, keadaan, dan makhluk hidup, termasuk di dalamnya manusia dan perilakunya, yang mempengaruhi kelangsungan kedidupan dan kesejahteraan manusia serta makhluk hidup lainnya.

Emil Salim

Menurut Emil Salim Pengertian Lingkungan hidup adalah semua benda, keadaan, kondisi, dan juga pengaruh yang berada dalam ruangan yang sedang kita tempati dan itu mempengaruhi kehidupan sekitar baik itu hewan, tumbuhan, dan juga manusia.

Sambas Wirakusumah

Sambas Wirakusumah menyatakan bahwa Lingkungan hidup adalah semua hal yang mencakup aspek eksternal biologis, dimana organism yang hidup dan ilmu lingkungan menjadi tempat belajar aspek lingkungan organism tersebut

Soedjono

Soedjono berpendapat bahwa Lingkungan hidup adalah unsur fisik atau jasmani yang berada di alam dan mencakup makhluk hidup sekitar seperti manusia, hewan, dan tumbuhan.

Bintarto

Menurut Bintarto pengertian Lingkungan hidup adalah segalah hal yang berada di lingkungan kita. Baik itu benda ataupun makhluk hidup yang dapat terpengaruh oleh setiap aktivitas yang kita lakukan.

Munadjat Danu Saputra

Munadjat Danu Saputra berpendapat bahwaLingkungan hidup adalah setiap benda yang ada di dunia ini beserta kondisinya dimana di dalamnya termasuk manusia dan segala tingkah perbuatannya, yang terkumpul dalam satu ruang dimana manusia berada dan itu mempengaruhi kelangsungan hidup dan kesejahteraan makhluk hidup lainnya seperti manusia, hewan, dan juga tumbuhan.

Otto Soemarwoto

Pengertian Lingkungan hidup menurut Otto Soemarwoto adalah semua benda dan juga kondisi yang berada di dalam ruangan yang sedang kita tempati dan mempengaruhi kehidupan kita.

Unsur Penyusun Lingkungan Hidup

Lingkungan Hidup terbentuk dari tiga unsur yakni unsur biotik, unsur abiotik dan unsur sosial budaya.

Unsur Biotik

Lingkungan biotik atau unsur biotik adalah lingkungan yang hidup, misalnya tanah, pepohonan, dan para tetangga.

Unsur Abiotik

Sementara lingkungan abiotik mencakup benda-benda tidak hidup seperti rumah, gedung, stasiun, tiang listrik dan lain-lain.

Unsur Sosial Budaya

Unsur sosial budaya merupakan unsur yang terbentuk dari aktivitas sosial dan kebudayaan yang dilakukan oleh manusia dan tersusun membentuk sebuah sistem yang terdiri dari nilai, gagasan, dan juga keyakinan atas perilaku sebagai makhluk sosial.

Baca juga : Pengertian Sistem Operasi, Fungsi dan Contohnya

Macam-macam Lingkungan Hidup

Lingkungan Hidup terbagi menjadi dua macam yakni Lingkungan Hidup alami dan Lingkungan Hidup buatan.

Lingkungan Hidup Alami

Lingkungan Hidup alami merupakan lingkungan hidup yang terbentuk dari proses alam.

Contoh Lingkungan Hidup Alami

  • Hutan
  • Gunung
  • Lembah
  • Pantai
  • Sungai
  • Rawa

Lingkungan Hidup Buatan atau Binaan

Lingkungan Hidup Buatan merupakan sebuah lingkungan yang terbentuk diakibatkan campur tangan manusia.

  • Jalan
  • Pasar
  • Sekolah
  • Taman
  • Waduk
  • Perkotaan

Baca juga : Pengertian Cerpen Menurut Para Ahli, Ciri dan Strukturnya

Demikian penjelasan terkait pengertian Lingkungan Hidup beserta Contohnya. Semoga artikel di Sumberpengertian.com ini dapat memperluas wawasan anda. Sampai jumpa pada artikel selanjutnya yaa 🙂

You Might Also Like

No Comments

Leave a Reply

Most popular articles related to Pengertian Lingkungan Hidup Secara Umum & Menurut Para Ahli