Pengertian Lembaga Sosial, Jenis dan Fungsinya

Sosiologi Melisa

Pengertian Lembaga Sosial – Dalam kehidupan bermasyarakat peran Lembaga Sosial sangatlah penting. Kehadirannya dalam lingkungan masyarakat diperlukan untuk mengatur dan mengendalikan berbagai macam aktivitas dan kegiatan individu maupun kelompok.

Pada artikel ini Sumberpengertian.com akan berbagi informasi terkait pengertian Lembaga Sosial dan fungsinya. Mimin juga akan menyertakan berbagai contoh Lembaga Sosial dalam kehidupan bermasyarakat. Yuk langsung saja simak penjelasannya 🙂

Pengertian Lembaga Sosial Menurut Para Ahli

Pengertian Lembaga Sosial secara Umum

Lembaga Sosial adalah sebuah lembaga yang mengatur tata cara dalam melakukan hubungan antar individu maupun kelompok  guna mencapai keteraturan hidup.

Lembaga Sosial juga dapat diartikan sebagai norma yang bersifat khusus dan tersusun secara sistematis yang dibentuk untuk memenuhi berbagai macam kebutuhan hidup manusia.

Istilah Lembaga Sosial berasal dari Bahasa Inggris  “Social Institution” yang diartikan sebagai pranata sosial.

Social Institution merujuk pada perlakuan mengatur perilaku anggota masyarakat.

Pengertian Lembaga Sosial Menurut Para Ahli

  1. Menurut Wikipedia pengertian Lembaga Sosial adalah salah satu jenis lembaga yang mengatur rangkaian tata cara dan prosedur dalam melakukan hubungan antar manusia saat mereka menjalani kehidupan bermasyarakat dengan tujuan mendapatkan keteraturan hidup.
  2. Menurut Koentjaraningrat, Lembaga Sosial adalah satuan norma khusus yang menata serangkaian tindakan yang berpola untuk keperluan khusus manusia dalam kehidupan bermasyarakat.
  3. Menurut Soejono Soekanto, Lembaga Sosial tumbuh karena manusia dalam hidupnya memerlukan keteraturan.
  4. Menurut Robert Melver dan C.H Page, Lembaga Sosial adalah prosedur atau tata cara yang telah diciptakan untuk mengatur hubungan antar manusia yang tergabung pada suatu kelompok dalam masyarakat.
  5. Selo Soemardjan dan Soelaman Soemardi pengertian Lembaga Sosial adalah kumpulan dari berbagai cara berperilaku (usage) yang diakui oleh anggota masyarakat sebagai sarana untuk mengatur hubungan-hubungan sosial.

Baca juga : 7 Pengertian Empati Menurut Para Ahli

Jenis Lembaga Sosial

Lembaga Keluarga

Keluarga adalah unit sosial terkecil dalam masyarakat sekaligus institusi pertama yang dimasuki manusia ketika ia dilahirkan.

Lembaga Pendidikan

Lembaga Pendidikan merupakan institusi yang bertujua untuk mengubah tingkah laku seseorang menjadi lebih baik. Di dalam lembaga pendidikan berlangsung kegiatan belajar mengajar guna memberikan perubahan dari tidak bisa menjadi bisa.

Lembaga Ekonomi

Tujuan dari lembaga ekonimi adalah untuk mengatur bidang-bidang ekonomi dalam rangka mencapai kehidupan yang sejahtera serta untuk memenuhi kebutuhan pokok demi kelangsungan hidup bermasyarakat.

Lembaga Politik

Lembaga politik bertugas menangani masalah administrasi dan tata cara tertib umum demi tercapainya keamanan dan ketentraman masyarakat.

Lembaga Agama

Lembaga ini merupakan sebuah sistem keyakinan dan praktik keagamaan dalam masyarakat yang telah dirumuskan dan dilakukan.

Lembaga Hukum

Lembaga hukum berfungsi sebagai sarana untuk mewujudkan keadilan sosial lahir dan batin serta sebagai pengatur tata tertib hubungan masyarakat.

Lembaga Budaya

Lembaga budaya berperan dalam pengembangan budaya, ilmu pengetahuan, seni dan pendidikan pada masyarakat yang ada pada suatu daerah atau negara.

Lembaga Kesehatan

Lembaga kesehatan merupakan salah satu lembaga yang memiliki peranan penting dalam kehidupan yang tujuannya memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

Fungsi Lembaga Sosial

Menurut Soejono Soekanto Lembaga Sosial memiliki beberapa fungsi antara lain :

  • Memberikan pedoman kepada anggota-anggota masyarakat bagaimana mereka harus bersikap atau bertingkah laku dalam menghadapi masalah-masalah yang muncul atau berkembang di lingkungan masyarakat, termasuk yang menyangkut tentang pemenuhan kebutuhan.
  • Menjaga keutuhan masyarakat yang bersangkutan.
  • Memberikan pengarahan kepada masyarakat untuk mengadakan sistem pengendalian sosial, yakni sistem pengawasan masyarakat terhadap anggota-anggotanya.

Demikian penjelasan tentang definisi Lembaga Sosial, fungsi Lembaga Sosial serta contoh dari Lembaga Sosial yang dapat kami sampaikan. Semoga kita semakin bisa memahami peranan dan fungsi kita dalam kehidupan maupun dalam suatu lembaga sosial.

You Might Also Like

No Comments

Leave a Reply

Most popular articles related to Pengertian Lembaga Sosial, Jenis dan Fungsinya