Pengertian Konsep Secara Umum dan Menurut Para Ahli Lengkap

Umum Melisa

Pengertian dan Definisi Konsep banyak dicari oleh para peselancar di dunia maya. Umumnya mereka penasaran tentang Pengertian Konsep Secara Umum dan menurut para ahli. Untuk memenuhi rasa penasaran sobat, pada artikel ini kami secara khusus akan mengulas Definisi Konsep atau Teori untuk sobat. 🙂

Pengertian Konsep Secara Umum dan Menurut Para Ahli

Pengertian Konsep Secara Umum

Pengrtian Konsep adalah serangkaian pernyataan yang saling berhubungan yang menjelaskan mengenai sekelompok kejadian / peristiwa dan merupakan suatu dasar atau petunjuk didalam melakukan suatu penelitian, dimana teori dan konsep tersebut dapat memberikan gambaran secara sistematis dari suatu fenomena.

Baca juga : Pengertian Budaya Politik Menurut Para Ahli

Pengertian Konsep Menurut Para Ahli

Berikut adalah beberapa definisi dan pengertian Konsep (Teori) menurut pandangan para Ahli :

Siswoyo

Siswoyo (dalam Mardalis, 2003:42) mendefinisikan teori sebagai seperangkat konsep dan definisi yang saling berhubungan yang mencerminkan suatu pandangan sistematik mengenai fenomena dengan menerangkan hubungan antar variabel, dengan tujuan untuk menerangkan dan meramalkan fenomena.

Menurut Bahri (2008:30)

Dalam Bukunya, Bahri berpendapat bahwa  Konsep adalah satuan arti yang mewakili sejumlah objek yang mempunyai ciri yang sama.

Dikatakan juga bahwa Orang yang memiliki konsep mampu mengadakan abstraksi terhadap objek-objek yang dihadapi, sehingga objek-objek ditempatkan dalam golongan tertentu.

Objek-objek dihadirkan dalam kesadaran orang dalam bentuk representasi mental tak berperaga. Konsep sendiri pun dapat dilambangkan dalam bentuk suatu kata.

Mory Cooper

Mory Cooper (dalam Umar, 2004:50) mendefinidikan teori adalah suatu kumpulan konsep, definisi, proposisi, dan variabel yang berkaitan satu sama lain secara sistematis dan telah digeneralisasi sehingga dapat menjelaskan dan memprediksi suatu fenomena (fakta-fakta) tertentu.

Tan

Tan (dalam Koentjaraningrat, 1997:32) mengemukakan bahwa konsep atau pengertian adalah unsur pokok di dalam suatu penelitian, kalau masalah dan kerangka teorinya sudah jelas, biasanya sudah diketahui pula fakta mengenai hal yang menjadi pokok perhatian dan suatu konsep yang sebenarnya adalah definisi secara singkat dari sekelompok fakta atau gejala itu.

Singarimbun dan Effendi (2009)

Beliau menjelaskan bahwa Konsep merupakan generalisasi dari sekelompok fenomena tertentu, sehingga dapat dipakai untuk menggambarkan barbagai fenomena yang sama.

Aristoteles

Aristoteles dalam bukunya “The classical theory of concepts”  mendefinisikan konsep merupakan penyusun utama dalam pembentukan pengetahuan ilmiah dan filsafat pemikiran manusia.

Soedjadi (2000:14)

Soedjadi mengartikan konsep sebagai ide abstrak yang dapat digunakan untuk mengadakan klasifikasi atau penggolongan yang pada umumnya dinyatakan dengan suatu istilah atau rangkaian kata (lambang bahasa).

Hoy & Miskel

Hoy & Miskel (dalam Sugiyono, 2010:55) mendefinisikan teori sebagai seperangkat konsep, asumsi, dan generalisasi yang dapat digunakan untuk mengungkapkan dan menjelaskan perilaku dalam berbagai organisasi.

Menurut Woodruf

Pengertian Konsep menurut Woodruf adalah suatu gagasan/ide yang relatif sempurna dan bermakna, suatu pengertian tentang suatu objek, produk subjektif yang berasal dari cara seseorang membuat pengertian terhadap objek-objek atau benda-benda melalui pengalamannya (setelah melakukan persepsi terhadap objek/benda).

Umar

Umar (2004:51) menyatakan bahwa pengertian Konsep adalah sejumlah teori yang berkaitan dengan suatu objek. Konsep diciptakan dengan menggolongkan dan mengelompokkan objek-objek tertentu yang mempunyai ciri-ciri yang sama.

Wikipedia Indonesia

Pengertian Konsep adalah abstrak, entitas mental yang universal yang menunjuk pada kategori atau kelas dari suatu entitas, kejadian atau hubungan.

Baca juga : Pengertian Badan Usaha Milik Daerah (BUMD)

Unsur-unsur Konsep

Terdapat beberapa unsur yang terkandung dalam Konsep atau Teori yakni :

Nama

Nama adalah konsep yang mewakili kata tunggal untuk mempresentasikan ide atau gagasan

Contoh positif dan negatif

Contoh digunakan untuk menganalisis dan membandingkan contoh-contoh positif atau negatif beserta karakteristinya.

Karakteristik pokok

Karakteristik pokok digunakan untuk menciptakan dan menentukan suatu contoh yang termasuk dalam kategori konsep atau bukan konsep.

Rentang karakteristik

Rentang Karakteristik merupakan sebuah konsep yang berhubungan dengan konsep lainnya dan memiliki rentang karakteristik yang membatasi konsep tersebut. Terdapat 3 hal terkait dengan rentangan karakteristik, yakni :

  • Super ordinat (konsep yang dihubungkan dengan konsep yang lebih luas)
  • Koordinat (konsep yang setara dan saling berkaitan satu dengan lainnya)
  • Subordinat (sub kategori atau bagian kecil dari suatu konsep)
  • Kaidah

Inilah pengertian Konsep (Teori) secara umum dan menurut pandangan para ahli lengkap dengan unsur-unsur pembentuknya. Semoga artikel di Sumberpengertian.com ini dapat bermanfaat untuk sobat yaa 🙂 Sampai jumpa pada artikel selanjutnya.

You Might Also Like

No Comments

Leave a Reply