9 Pengertian Konflik Menurut Para Ahli

Posted on

Konflik sering kali terjadi dalam kehidupan, namun apakah sobat tau apa itu pengertian konflik yang sesungguhnya ? Pada artikel ini kami akan membahas tentang Pengertian Konflik menurut Para Ahli. Simaklah artikel selengkapnya ya 🙂

Pengertian Konflik Menurut Para Ahli

Pengertian Konflik Secara Umum

Pengertian konflik secara umum adalah suatu proses sosial antara dua orang atau lebih (bisa juga kelompok) di mana salah satu pihak berusaha menyingkirkan pihak lain dengan menghancurkannya atau membuatnya tidak berdaya.

Konflik berasal dari Bahasa Latin “configere” yang artinya saling memukul.

Baca juga : Pengertian Biografi dan Autobiografi

Pengertian Konflik Menurut Para Ahli

Soerjono Soekanto

Menurut Soerjono Soekanto Konflik adalah proses dari setiap individu atau kelompok akan menggunakan segara cara termasuk ancaman atau kekearasan sebagai bentuk pertentangan terhadap lawannya.

 James W. Vander Zanden

Menurut James W. Vander Zanden Konflik adalah suatu pertentangan mengenai nilai atau tuntutan hak atas kekayaan, kekuasaan, status atau wilayah tempat yang saling berhadapan, bertujuan untuk menetralkan, merugikan ataupun menyisihkan lawan mereka.

Ariyono Suyono

Menurut Ariyono Suyono, Konflik adalah proses atau keadaan dimana dua pihak berusaha menggagalkan tercapainya tujuan masing-masing disebabkan adanya perbedaan pendapat, nilai-nilai ataupun tuntutan dari masing-masing pihak.

Max Wber (1968)

Menurut Max Wber, Hubungan sosial disebut sebagai konflik apabila sepanjang tindakan yang ada di dalamnya secara sengaja ditujukan untuk melaksanakan kehendak satu pihak untuk melawan pihak lain.

Baca juga : Pengertian Drama beserta Unsur Intrinsik Drama

Gillin Dan Gillin (1948)

Konflik ialah proses sosial yang dimana individu atau kelompok mencapai tujuan mereka secara langsung menantang pihak lain dengan cara kekerasan atau ancaman kekerasan.

Berstein (1965)

Menurut Berstein konflik merupakan suatu pertentangan atau perbedaan yang tidak dapat dicegah, konflik ini mempunyai potensi yang memberikan pengaruh positif dan negatif dalam interaksi manusia.

A.W. Hijau (1956)

Konflik didefinisikan sebagai “upaya yang disengaja untuk melawan atau memaksa kehendak lain atau orang lain.

Zein (2001)

Menurutnya Zein konflik yakni:

  • Sebuah perdebatan atau pertandingan untuk memenangkan sesuatu.
  • Ketidak setujuan terhadap sesuatu, argumentasi, pertengkaran atau perdebatan.
  • Perjuangan, peperangan atau konfrontasi.
  • Keadaan yang rusuh, ketidakstabilan gejolak atau kekacauan.

Taman Dan Burgess (1921)

Konflik merupakan bentuk yang berbeda dari kompetisi atau persaingan.

Inilah pengertian Konflik secara umum dan menurut para ahli. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan anda. Sampai jumpa pada artikel lainnya di Sumberpengertian.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *