Pengertian Komputer Secara Umum dan Menurut Para Ahli

Posted on

Hello sobat Sumberpengertian.com senang bisa menyapa anda kembali. Pada kesempatan yang baik ini kami akan mengulas tentang Pengertian Komputer. Banyak sekali definisi komputer menurut berbagai sumber. Agar lebih mudah memahaminya kami merangkumkan Pengertian Komputer Menurut Para Ahli secara khusus untuk sobat yaa..Pengertian Komputer Secara Umum dan Menurut Para Ahli

Pengertian Komputer Secara Umum

Definisi Komputer adalah alat yang digunakan untuk mengolah data berdasarkan prosedur yang dibutuhkan.

Mulanya penggunaan kata “Komputer” adalah diperuntukan kepada mereka yang pekerjaannya melakukan perhitungan aritmatika atau mereka yang melakukan perhitungan aritmatika tanpa alat bantu. Seiring berjalannya waktu definisi komputer menjadi bergeser kepada alat perhitungan aritmatika.

Kata Komputer berasal dari Bahasa Latin yakni “Computare” yang diartikan menghitung. Dan jika dari Bahasa Inggris Komputer disebut dengan kata yang berbeda namun memiliki kesamaan makna yakni sama-sama menghitung.

Baca juga : Pengertian Unsur, Senyawa, dan Campuran Lengkap !

Pengertian Komputer Menurut Para Ahli

V. Carl Hamacher, Zvonko G. Vranesic, Safwat G. Zaky (2001)

Dalam Buku Computer Organization (5th Edition) disebutkan bahwa definisi Komputer adalah mesin penghitung elektronik yang cepat dan dapat menerima informasi input digital, kemudian memprosesnya sesuai dengan program yang tersimpan di memorinya, dan menghasilkan output berupa informasi.

Fuori (1981)

Menurut Fuori dalam bukunya Introduction to the merupakan suatu pemroses data yang dapat melakukan perhitungan besar secara cepat, termasuk perhitungan aritmetika dan operasi logika, tanpa campur tangan dari manusia.

Sanders (1985)

Definisi Komputer menurut Sanders adalah Komputer adalah sistem elektronik untuk memanipulasi data yang cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan supaya secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya, dan menghasilkan output berdasarkan instruksi-instruksi yang telah tersimpan di dalam memori.

Elias M. Awad

Elias M. Awad berpendapat bahwa Komputer sebuah alat hitung yg memproses data untuk disajikan dalam bentuk data digital dan data analog.

V.C. Hamacher et al

Menurut V.C. Hamacher et al pengertian Komputer adalah mesin penghitung elektronik yg dengan cepat dapat menerima informasi input digital, memrosesnya sesuai dengan program yg tersimpan di memorinya dan menghasilkan output informasi.

Robert H. Blissmer

Pengertian Komputer berdasarkan pernyataan Robert H. Blissmer merupakan sebuah alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas seperti menerima input, memroses input, menyimpan perintah-perintah dan menyediakan output dalam bentuk informasi.

Larry Long & Nancy Long

Definisi Komputer adalah alat hitung elektronik yang mampu menginterpresentasikan dan juga melaksanakan perintah program untuk input, output, perhitungan, dan operasi-operasi logik.

Williams, Sawyer

Sedangkan menurut Williams, Sawyer Komputer adalah mesin multiguna yang dapat diprogram, yang menerima data (fakta-fakta & gambar-gambar kasar) dan memproses atau memanipulasinya ke dalam informasi yang dapat kita gunakan.

Baca juga : Pengertian Materi Dalam Kimia ( Wujud Materi dan Contohnya )

Inilah Pengertian Komputer Secara Umum dan Menurut Pendapat Para Ahli, semoga artikel yang kami sajikan ini dapat berguna untuk kita semua. Sampai jumpa pada artikel selanjutnya yaa 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *