Pengertian Kognitif, Tujuan dan Faktor yang Mempengaruhi

Posted on

Selamat pagi, hari ini kami akan menyapa anda dengan materi Pengertian Kognitif. Kognitif adalah salah satu adpek yang mempengaruhi perkembangan anak. Mari kita ulas selengkapnya tentang pengertian Aspek Kognitif.

Pengertian Kognitif Menurut Para Ahli

Pengertian Kognitif

Kognitif adalah kemampuan intelektual siswa dalam berfikir, mengetahui, dan memecahkan masalah.

Bloom berpendapat bahwa ranah kognitif meliputi segala upaya yang menyangkut aktifitas otak.

Menurut Bloom (1956) 6 tujuan aspek Kognitif diantaranya :

Pengetahuan (knowledge)

Pengetahuan atau knowledge yakni mengacu kepada kemampuan mengenal materi yang sudah dipelajari dari yang sederhana sampai pada teori-teori yang sukar. Dalam pengetahuan yang paling penting adalah kemampuan mengingat keterangan dengan benar.

Pemahaman (comprehension)

Pemahaman atau comprehension mengacu kepada kemampuan memahami makna atau isi dari materi. Dalam pemahaman letaknya satu tingkat di atas pengetahuan dan merupakan tingkat berfikir yang rendah.

Baca juga : Pengertian Ilmu Ekonomi Secara Umum & Menurut Para Ahli

Penerapan (application)

Penerapan yakni mengacu kepada kemampuan menggunakan atau menerapkan materi yang sudah dipelajari pada situasi yang baru dan menyangkut penggunaan aturan dan prinsip. Penerapan atau analisis adalah tingkat kemampuan berfikir yang lebih tinggi daripada pemahaman.

Analisis (analysis)

Analisis mengacu kepada kemampun menguraikan materi ke dalam komponen-komponen atau faktor-faktor penyebabnya dan mampu memahami hubungan di antara bagian yang satu dengan yang lainnya sehingga struktur dan aturannya dapat lebih dimengerti.

Analisis merupakan tingkat kemampuan berfikir yang lebih tinggi daripada aspek pemahaman maupun penerapan.

Sintesa (evaluation)

Sintesa (evaluation) adalah aspek yang mengacu kepada kemampuan memadukan konsep atau komponen-komponen sehingga membentuk suatu pola struktur atau bentuk baru.

Dalam aspek sintesa ini memerluakn tingkah laku yang kreatif. Sintesis merupakan kemampuan tingkat berfikir yang lebih tinggi daripada kemampuan sebelumnya.

Evaluasi (evaluation)

Evaluasi yakni mengacu pada kemampuan memberikan pertimbangan terhadap nilai-nilai materi untuk tujuan tertentu. Evaluasi merupakan tingkat kemampuan berfikir yang tinggi.

Baca juga : Pengertian Bola Basket, Sejarah, Ukuran Lapangan dan Teknik Dasarnya

Faktor-faktor Yang Berpengaruh Dalam Aspek Kognitif

Terdapat beberapa faktor yang berpengaruh dalam aspek kognitif diantaranya :

Fisik

Interaksi fisik antara individu atau kelompok dengan dunia luar merupakan sumber pengetahuan baru. Dengan adanya interaksi tersebut maka  anak akan mendapatkan pengalaman serta mengembangkanya.

Kematangan

Faktor kematangan dalam sistem syaraf menjadi penting karena memungkinkan anak memperoleh manfaat secara maksimum dari pengalaman fisik.

faktor ini membuka kemungkinan untuk perkembangan sedangkan kalau kurang hal itu akan membatasi secara luas prestasi secara kognitif.

Perkembangan berlangsung dengan kecepatan yang berlainan tergantung pada sifat kontak dengan lingkungan dan kegiatan belajar sendiri.

Lingkungan Sosial

Salah satu faktor yang paling berpengaruh adalah lingkungan sosial. Lingkungan sosial mencakup peran bahasa dan pendidikan, pengalaman fisik dapat memacu atau menghambat perkembangan kognitifnya.

Demikian pengertian Kognitif, tujuan kognitif serta faktr-faktor yang mempengaruhi perkembangan aspek kognitif. Semoga ilmu pengetahuan yang ada di Sumbepengertian.com ini dapat menambah wawasan anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *