Pengertian Kewirausahaan Menurut Para Ahli Lengkap dengan Ciri-cirinya !

Posted on

Sebelumnya kita telah banyak mengulas tentang materi Agama Islam, kali ini kami akan membahas tentang Pengertian Kewirausahaan. Jika sobat penasaran tentang definisi Kewirausahaan langsung saja yuk simak artikel lengkapnya.

Pengertian Kewirausahaan Menurut Para Ahli lengkap dengan ciri-cirinya

Pengertian Kewirusahaan

Pengertian kewirausahaan adalah suatu proses dalam mengerjakan sesuatu yang baru atau kreatif dan berbeda (inovatif) yang bermanfaat dalam memberikan nilai lebih.

Pengertian Kewirausahaan Menurut Para Ahli

Para pakar telah mendefisiniskan kewirausahaan menurut pandangannya masing-masing :

Ahmad Sanusi (1994)

Pengertian kewirausahaan adalah suatu nilai yang diwujudkan dalam perilaku yang dijadikan sumber daya, tenaga penggerak, tujuan, siasat, kiat, proses, dan hasil bisnis.

Drucker (1959)

Pengertian kewirausahaan adalah kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda

Drs. Joko Untoro

Pengertian kewirausahaan adalah suatu keberanian untuk melakukan upaya upaya memenuhi kebutuhan hidup yang dilakukan oleh seseorang, atas dasar kemampuan dengan cara manfaatkan segala potensi yang dimiliki untuk menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi dirinya dan orang lain.

J.Leach Ronald Melicher

Menurut J.Leach Ronald Melicher dalam bukunya berjudul Eddy Soeryanto Soegoto bahwa kewirausahaan atau entrepreneurship adalah usaha kreatif yang dibangun berdasarkan inovasi untuk menghasilkan sesuatu yang baru, memiliki nilai tambah, memberi manfaat, menciptakan lapangan kerja dan hasilnya berguna bagi orang lain. kewirausahaan adalah sebuah proses dalam merubah ide menjadi kesempatan komersil dan menciptakan nilai (harga).

Eddy Soeryanto Soegoto

Eddy Soeryanto Soegoto menyatakan bahwa kewirausahaan atau entrepreneurship adalah usaha kreatif yang dibangun berdasarkan inovasi untuk menghasilkan sesuatu yang baru, memiliki nilai tambah, memberi manfaat, menciptakan lapangan kerja dan hasilnya berguna bagi orang lain.

Siswanto Sudomo (1989)

Definisi Kewirausahaan atau entrepreneurship menurut Siswanto Sudomo (1989) adalah segala sesuatu yang penting mengenai seorang wirausaha, yakni orang yang memiliki sifat bekerja keras dan berkorban, memusatkan segala daya dan berani mengambil risiko untuk mewujudkan gagasannya.

Pengertian Wirausaha

Geoffrey G. Meredit et ak, (1995)

Wirausaha atau enterpreneur adalah orang yang memiliki kemampuan melihat dan menilai kesempatan kesempatan bisnis mengumpulkan sumber sumber daya yang dibutuhkan guna mengambil keuntungan daripadanya serta mengambil tindakan yang tepat, guna memastikan kesuksesan.

Keputusan Menteri Koperasi dan Pembinaan Pengusaha Kecil Nomor 961/KEP/M/XI/1995.

Kewirausahaan adalah semangat, sikap, perilaku, dan kemampuan seseorang dalam menangani usaha atau kegiatan yang mengarah pada upaya mencari, menciptakan, serta menerapkan cara kerja, teknologi dan produk baru dengan meningkatkan efisiensi dalam rangka memberikan pelayanan yang lebih baik dan atau memperoleh keuntungan yang lebih besar.

Skinner, (1992)

Enterpreneur atau wirausaha adalah seseorang yang mengambil risiko yang diperlukan untuk mengorganisasikan dan mengelola suatu bisnis menerima imbalan jasa berupa profit nonfinancial.

Say, (1996)

Wirausaha atau entrepreneur adalah orang yang memiliki kemampuan untuk melakukan koordinasi, organisasi dan pengawasan. Wirausaha memiliki pengetahuan yang luas tentang lingkungan dan membuat keputusan keputusan tentang lingkungan usaha, mengelola sejumlah modal dan menghadapi ketidakpastian untuk meraih keuntungan.

Richard Cantillon, (1973)

Menurut Richard Cantillon, Kewirausahaan didefinisikan sebagai bekerja sendiri (self-employment).

Zimmerer, (1996)

Kewirausahaan adalah suatu proses penerapan kreativitas dan inovasi dalam memecahkan persoalan dan menemukan peluang untuk memperbaiki kehidupan.

Ciri-ciri Wirausaha

Berikut adalah ciri-ciri dan karakteristik dari wirausaha :

  • Memiliki keberanian mempunyai daya kreasi
  • Berani mengambil risiko
  • Memiliki semangat dan kemauan keras
  • Memiliki analisis yang tepat
  • Tidak konsumtif.
  • Memiliki jiwa pemimpin
  • Berorientasi pada masa depan

Baca juga : 10 Pengertian Wirausaha Menurut Para Ahli

Demikian penjelasan tentang Kewirausahaan dan Wirausaha serta Ciri-ciri Wirausaha. Semoga artikel ini dapat memperluas wawasan sobat yaa 🙂 Sampai jumpa pada artikel pendidikan lainnya di Sumberpengertian.com

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *