Pengertian Kelompok Sosial Menurut Para Ahli dan Macam-macamnya

Sosiologi Melisa

Jika pada artikel sebelumnya mimin megulas tentang pengertian Lembaga Sosial, pada artikel kali ini kami akan membahas tentang pengertian Kelompok Sosial.

Lembaga Sosial dengan Kelompok sosial merupakan dua hal yang berbeda. Untuk lebih memahaminya simaklah artikel berikut ini.

Pengertian Kelompok Sosial Menurut Para Ahli

Pengertian Kelompok Sosial

Kelompok Sosial merupakan kumpulan manusia yang memiliki kesadaran besama akan keanggotaan dan saling berinteraksi.

Kelompok Sosial dapat diartikan sebagai suatu kesatuan sosial yang terdiri dari dua individu atau lebih untuk saling berinteraksi.

Adanya Kelompok Sosial terbentuk pertemuan antar indidu yang kemudian berinteraksi untuk mencapai sebuah tujuan bersama.

Pengertian Kelompok Sosial Menurut Para Ahli

  1. Menurut Menurut Giddens kelompok sosial adalah sejumlah orang yang saling berinteraksi satu sama lain secara teratur.
  2. Menurut Robert K.Merton kelompok sosial merupakan sejumlah orang yang saling berinteraksi yang sesuai dengan pola yang telah mapan.
  3. Menurut Johnson pengertian Kelompok Sosial adalah dua orang atau lebih yang saling berinteraksi dengan cara yang terpola sebagai sebuah kelompok oleh mereka sendiri dan orang lain.
  4. Menurut Mac Iver dan Charles H. Page Kelompok Sosial  merupakan sebagai satu kesatuan atau himpunan manusia yang hidup bersama karena adanya interaksi.
  5. Menurut Serjono Soekanto pengertian Kelompok Sosial adalah satu kesatuan atau himpunan manusia yang saling berhubungan diantara mereka dengan adanya timbal balik dan saling mempengaruhi.

Macam Kelompok Sosial

Menurut Roberty Bierstedt kelompok sosial memiliki beberapa jenis yang dibedakan berdasarkan ada tidaknya organisasi, hubungan sosial antara kelompok dan kesadaran jenis.

  • Kelompok Statistik
  • Kelompok Kemasyarakatan
  • Kelompok Sosial
  • Kelompok Asosiasi

Klasifikasi Kelompok Sosial

Menurut Ferdinand Tonnies klasifikasi kelompok sosial dibedakan berdasarkan erat longgarnya ikatan antar anggota.

Paguyuban (Gemeinscharft)

Paguyuban atau disebut dengan gemeinscharft merupakan kelompok sosial yang anggota-anggotanya memiliki ikatan batin yang murni bersifat alamiah dan kekal.

Paguyuban dibedakan menjadi tiga jenis yakni :

Paguyuban karena ikatan darah

  • Contoh : Keluarga, kelompok kekerabatan

Paguyuban karena tempat

  • Contoh : Rukun tetangga, rukun warga

Paguyuban karena ideologi

  • Partai politik berdasarkan agama

Patembayan (gesellscharft)

Patembayan merupakan kelompok sosial yang anggota-anggotanya memiliki ikatan lahir yang pokok untuk jangka waktu pendek.

  • Contoh : Ikatan antara pedagang, organisasi dalam suatu pabrik atau industri.

Baca juga : Pengertian Yudisium dan Wisuda dalam Perkuliahan

Faktor Pembentuk Kelompok Sosial

Terdapat dua faktor utama yang membentuk terjadinya kelompok sosial yakni :

Kedekatan

Kelompok Sosial terbentuk karena adanya interaksi antar individu, semakin dekat interaksi yang dilakukan maka semakin berpotensi terjadinya pembentukan Kelompok Sosial.

Kesamaan

Kelompok Sosial juga dibangun dari faktor kesamaan. Faktor kesamaan menjadi sangat penting dalam proses terbentuknya Kelompok Sosial. Biasanya kebiasaan serta kesukaan atau hobi memegang peranan utama dalam hal ini.

Sumberpengertian.com menyimpulkan bahwa Kelompok Sosial merupakan iteraksi antar dua individu atau lebih yang memiliki tujuan yang sama.

Demikian penjelasan tentang pengertian Kelompok Sosial dan jenisnya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sampai jumpa pada artikel selanjutnya yaa 🙂

You Might Also Like

No Comments

Leave a Reply