Pengertian Kedaulatan, Sifat dan Jenis-Jenis Kedaulatan

Posted on

Pengertian Kedaulatan saat ini menjadi salah satu keyword pencarian terbanyak di Google Trends, karenanya Sumberpengertian.com akan mengulaskan untuk sobat yang ingin mengetahui tentang pengertian Kedaulatan. Simaklah dengan teliti yaa 🙂

Pengertian Kedaulatan Kedalam dan Keluar

Pengertian Kedaulatan

Pengertian Kedaulatan secara umum adalah kekuasaan tertinggi dalam sebuah negara.

Kedaulatan juga diartikan sebagai kekuasaan yang tertinggi untuk membuat undang undang dan melaksanakannya dengan semua cara yang tersedia.

Istilah kedaulatan berasal dari Bahasa Inggris “overeignity”, Belanda “Souvereinieit”, dan “Souvereinete” dari bahasa Prancis.

Makna dari Kedaulatan tergantung sesuai dengan penggunaannya.

Menurut Wikipedia kedaulatan adalah hak eksklusif untuk menguasai suatu wilayah pemerintahan, masyarakat, atau atas diri sendiri terdapat penganut dalam dua teori yaitu berdasarkan pemberian dari Tuhan atau Masyarakat.

Dalam hukum konstitusi dan internasional, konsep kedaulatan terkait dengan suatu pemerintahan yang memiliki kendali penuh urusan dalam negerinya sendiri dalam suatu wilayah atau batas teritorial atau geografisnya, dan dalam konteks tertentu terkait dengan berbagai organisasi atau lembaga yang memiliki yurisdiksi hukum sendiri.

Baca juga : Pengertian Ide Pokok, Kalimat Utama, Kalimat Penjelas dan Contohnya

Pengertian Kedaulatan Rakyat

Dalam kedaulatan rakyat memiliki makna bahwa rakyat memegang kekuasaan tertinggi dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.

Kedaulatan rakyat merupakan sistem pemerintahan yang diatur oleh rakyat yang berarti pemerintahan dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat.

Jenis Kedaulatan

Jean Bodin menyatakan dalam bukunya Les Six Liveres de la Republique, bahwa kedaulatan di bagi menjadi dua yakni kedaulatan kedalam dan kedaulatan ke luar.

Kedaulatan Ke Dalam

Kedaulatan ke dalam merupakan kekuasaan tertinggi dalam negara untuk melaksanakan fungsi negara  dalam urusan nasional atau dalam negeri.

Kedaulatan Ke Luar

Kedaulatan ke luar merupakan kekuasaan tertinggi bagi suatu negara untuk melaksanakan fungsi negara dalam urusan internasional atau luar negeri.

Baca juga : Pengertian Kognitif, Tujuan dan Faktor yang Mempengaruhi

Sifat Kedaulatan

Permanen

Permanen maksudnya kedaulatan tetap ada selama negara yang bersangkutan tetap berdiri.

Asli

Asli artinya kedaulatan tidak berasal dari kekuasaan lain yang lebih tinggi.

Bulat

Bulat maksudnya kedaulatan tidak dapat dibagi-bagi.

Tidak Terbatas

Sifat kedaulatan tidak terbatas artinya kedaulatan tidak dibatasi siapa pun.

Semoga pengertian kedaulatan yang kami sajikan ini dapat bermanfaat bai kita semua. Simak informasi penting lainnya pada postingan selanjutnya yaa 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *