Pengertian Kebudayaan, Unsur-unsur, Wujud dan Komponen Kebudayaan !

Posted on

Selamat berakhir pekan sobat, pagi ini mimin akan mengulas tentang Pengertian Kebudayaan serta apa saja unsur-unsur dalam kebudayaan dan apa saja yang menghambat perkembangan budaya.

Pengertian Kebudayaan, Unsur-unsur, Wujud dan Komponen Kebudayaan !

Pengertian Kebudayaan

Pengertian budaya atau kebudayaan adalah hal-hal yang berkaitan dengan budi, dan akal manusia.

Istilah budaya atau kebudayaanberasal dari bahasa Sanskerta yaitu buddhayah, yang merupakan bentuk jamak dari buddhi (budi atau akal).

Dapat dikatakan bahwa budaya adalah suatu cara hidup yang berkembang, dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang, dan diwariskan dari generasi ke generasi. Budaya terbentuk dari banyak unsur yang rumit, termasuk sistem agama dan politik, adat istiadat, bahasa, perkakas, pakaian, bangunan, dan karya seni.

Budaya juga merupakan suatu pola hidup menyeluruh yang bersifat kompleks, abstrak, dan luas. Banyak aspek budaya turut menentukan perilaku komunikatif. Unsur-unsur sosio-budaya ini tersebar, dan meliputi banyak kegiatan sosial manusia.

Unsur-unsur Budaya/Kebudayaan Menurut Para Ahli

Bronislaw Malinowski

Menurut Bronislaw Malinowski, terdapat 4 unsur pembangun dalam budaya/kebudayaan yakni :

Sistem norma sosial yang memungkinkan kerja sama antara para anggota masyarakat untuk menyesuaikan diri dengan alam sekelilingnya

  • Organisasi ekonomi
  • Alat-alat, dan lembaga-lembaga atau petugas-petugas untuk pendidikan (keluarga adalah lembaga pendidikan utama)
  • Organisasi kekuatan (politik)

C. Kluckhohn

Sedangkan menurut C. Kluckhohn, terdapat 7 unsur kebudayaan secara universal (universal categories of culture) diantaranya :

  • Bahasa
  • Sistem pengetahuan
  • Sistem tekhnologi, dan peralatan
  • Sistem kesenian
  • Sistem mata pencarian hidup
  • Sistem religi
  • Sistem kekerabatan, dan organisasi kemasyarakatan.

Wujud Kebudayaan

Menurut J.J. Hoenigman terdapat 3 hal wujud dari kebudayaan yakni : gagasan, aktivitas, dan artefak.

Gagasan/Wujud ideal

Wujud ideal dari suatu kebudayaan adalah kebudayaan yang berbentuk kumpulan ide-ide, gagasan, nilai-nilai, norma-norma, peraturan, dan sebagainya yang sifatnya abstrak; tidak dapat diraba atau disentuh. Wujud kebudayaan ini terletak dalam pemikiran warga masyarakat.

Jika masyarakat tersebut menyatakan gagasan mereka itu dalam bentuk tulisan, maka lokasi dari kebudayaan ideal itu berada dalam karangan, dan buku-buku hasil karya para penulis warga masyarakat tersebut.

Aktivitas/Tindakan

Aktivitas dan tindakan merupakan wujud kebudayaan sebagai suatu tindakan berpola dari manusia dalam masyarakat itu. Wujud dari aktivitas dan tindakan ini sering pula disebut dengan sistem sosial.

Sistem sosial ini terdiri dari aktivitas-aktivitas manusia yang saling berinteraksi, mengadakan kontak, serta bergaul dengan manusia lainnya menurut pola-pola tertentu yang berdasarkan adat tata kelakuan. Sifatnya konkret, terjadi dalam kehidupan sehari-hari, dan dapat diamati, dan didokumentasikan.

Artefak/karya

Artefak merupakan salah satu wujud kebudayaan fisik yang berupa hasil dari aktivitas, perbuatan, dan karya semua manusia dalam masyarakat berupa benda-benda atau hal-hal yang dapat diraba, dilihat, dan didokumentasikan.

Sifatnya paling konkret di antara ketiga wujud kebudayaan. Dalam kenyataan kehidupan bermasyarakat, antara wujud kebudayaan yang satu tidak bisa dipisahkan dari wujud kebudayaan yang lain. Sebagai contoh: wujud kebudayaan ideal mengatur, dan memberi arah kepada tindakan (aktivitas) dan karya (artefak) manusia.

Wujud Kebudayaan Menurut Koentjaraningrat ada 4 yakni :

Nilai-nilai Budaya

Nilai-nilai budaya disini merujuk kepada penyebutan unsur-unsur kebudayaan yang merupakan pusat dari semua unsur yang lain. Nilai-nilai kebudayaan yaitu gagasan-gagasan yang telah dipelajari oleh warga sejak usia dini, sehingga sukar diubah. Gagasan inilah yang kemudian menghasilkan berbagai benda yang diciptakan oleh manusia berdasarkan nilai-nilai, pikiran, dan tingkahlakunya.

Sistem Budaya

Dalam wujud ini, kebudayaan bersifat abstrak sehingga hanya dapat diketahui dan dipahami. kebudayaan dalam wujud ini juga berpola dan berdasarkan sistem-sistem tertentu.

Sistem Sosial

Sistem sosial merupakan pola-pola tingkah laku manusia yang menggambarkan wujud tingkah laku manusia yang dilakukan berdasarkan sistem. Kebudayaan dalam wujud ini bersifat konkret sehingga dapat diabadikan.

Kebudayaan Fisik

Kebudayaan fisik ini merupakan wujud terbesar dan juga bersifat konkret. Misalnya bangunan megah seperti candi Borobudur, benda-benda bergerak seperti kapal tangki, komputer, piring, gelas, kancing baju, dan lain-lain.

Baca juga : Pengertian Sepak Bola Lengkap ( Teknik, Pemain, Lapangan, Lama Permainan Sepak Bola) !

Demikian penjelasan tentang Pengertian Budaya atau Kebudayaan serta wujud dan Unsur-unsurnya. Sampai jumpa pada artikel selanjutnya yaa di Sumberpengertian.com karena kami akan terus mengulas informasi pendidikan setia harinya. See You Nex Time !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *