Pengertian Jual Beli Secara Umum dan Menurut Para Ahli Fiqih Islam

Posted on

Pengertian Jual Beli – Kegiatan Jual Beli merupakan kegiatan yang hampir setiap hari kita lakukan. Dalam kegiatan Ekonomi, jual beli merupakan hal yang sangat penting. Banyak para ahli yang juga turut mengartikan jual beli menurut versi mereka.

Pada kesempatan yang baik ini admin akan membagikan informasi tentang Pengertian Jual Beli secara umum maupun menurut para ahli. Berikut adalah penjelasanya.

Pengertian Jual Beli Secara Umum

Pengertian Jual Beli Secara Umum

Jual Beli merupakan pemindahan hak milik berupa barang atau harta kepada pihak lain dan menggunakan uang sebagai salah satu alat tukarnya.

Secara Etimologis pengertian jual beli adalah menukar harta dengan harga lainnya.

Secara Terminologis pengertian jual beli adalah transaksi penukaran selain dengan fasilitas dan kenikmatan.

Baca juga : Pengertian Konflik Menurut Para Ahli

Pengertian Jual Beli Menurut Ahli Fiqh Islam

Taqiyyudin

Menurut Taqiyyudin jual berli merupakan saling tukar harta, menerima, dapat dikelola dengan proses ijab qabul dan cara yang sesuai syara’

Idris Ahmad

Menurut Idris Ahmad jual beli merupakan proses menukar barang dengan barang atau barang dengan uang, dengan cara melepas hak milik dari satu orang kepada orang lainnya atas dasar ridha.

Imam Nawawi

Menurut Imam Nawawi jual beli merupakan pertukaran harta dengan harga dengan tujuan untuk kepemilikan.

Ulama Hanafiah

Menurut Ulama Hanafiah pengertian jual beli adalah proses pertukaran harta atau benda denan harta lain berdasarkan cara-cara khusus yang diperbolehkan.

Ibnu Qudamah

Menurut Idmu Qudamah pengertian jual beli adalah proses pertukaran harta dengan harta untuk saling menjadi milik seseorang.

Raudh Al-Nadii Syarahkafi Al-Muhtadi

Menurut Raudh Al-Nadii Syarahkafi Al-Muhtadi pengertian jual beli adalah tukar menukar harta meski ada dalam tanggungan atau kemanfaatan yang mubah dengan sesuatu semisal dengan keduanya untuk memberikan secara bertahap.

Baca juga : Pengertian Biografi dan Autobiografi

Rukun Jual Beli

Syarat terjadinya jual beli menurut Jumhur Ulama terbagi kedalam empat kategori yakni :

  • Ba’i (penjual)
  • Mustari (pembeli)
  • Shighat  (ijab dan qabul)
  • Ma’qud ‘alaih (benda atau barang)

Demikian pengertian jual beli secara umum dan menurut para ahli beserta dengan rukunnya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sampai jumpa pada artikel selanjutnyadi Sumberpengertian.com 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *