Pengertian Jaringan LAN, MAN, WAN, Intranet, Internet dan Wireless

Posted on

Hello sobat, jumpa lagi dengan admin Sumberpengertian.com kali ini kami akan membahas tentang jaringan komputer. Jaringan yang ada pada komputer terbagi kedalam lima jenis yakni Local Area Network (LAN), Metropolitan Area Network (MAN), Wide Area Network (AN), Internet, dan Wireless yakni jaringan tanpa kabel. Jadi apasih definisi dan pengertian dari jaringan-jaringan tersebut ? Yuk langsung kita bahas saja yaa 🙂

 “Pengertian Jaringan LAN, MAN, WAN, Intranet, Internet dan Wireless” is locked Pengertian Jaringan LAN, MAN, WAN, Intranet, Internet dan Wireless

Pengertian Local Area Network (LAN)

Local Area Network (LAN) adalah jaringan yang radius wilayahnya hanya mencakup wilayah lokal saja.
LAN hanya menggunakan perangkat jaringan yang cukup sederhana dan populer diantaranya menggunakan kabel UTP (Unshielded Twisted-Pair), Hub, Switch, Router, dan lain sebagainya.

Contoh Local Area Network (LAN)

Komputer yang saling terhubung di sebuah tempat seperti sekolah, kantor, perusahaan, Warnet, kampus, gedung maupun antar rumah tetangga yang masih mencakup wilayah LAN.

Metropolitan Area Network (MAN)

Metropolitan Area Network (MAN) adalah jaringan yang lebih luas dan lebih canggih dari Jenis Jaringan Komputer LAN.

Jenis Jaringan Komputer ini dapat digunakan untuk menghubungkan jaringan komputer dari suatu kota ke kota lainnya. Untuk dapat membuat suatu jaringan MAN, biasanya diperlukan adanya operator telekomunikasi untuk menghubungkan antar jaringan komputer.

Contoh Metropolitan Area Network (MAN)

Contoh jaringan komputer yang menggunakan Metropolitan Area Network (MAN) diantaranya jaringan Depdiknas antar kota atau wilayah, jaringan mall-mall moderen yang saling berhubungan antar kota dan jaringan-jaringan lainnya yang menghubungkan jaringan komputer antar satu kota dengan kota yang lain.

Wide Area Network (WAN)

Wide Area Network (WAN) adalah jarngan komputer yang cakupan wilayahnya lebih luas dan lebih canggih daripada Jenis Jaringan Komputer LAN dan MAN. Teknologi jaringan WAN biasa digunakan untuk menghubungkan suatu jaringan dengan negara lain atau dari satu benua ke benua yang lainnya.

Jaringan WAN bisa terdiri dari berbagai Jenis Jaringan Komputer LAN dan WAN karena luasnya wilayah cakupan dari Jenis Jaringan Komputer WAN. Jaringan WAN, biasanya menggunakan kabel fiber optic serta menanamkannya di dalam tanah maupun melewati jalur bawah laut.

Intranet

Intranet merupakan sebuah jaringan komputer berbasis protokol TCP/IP seperti internet hanya saja digunakan dalam internal perusahaan, kantor, bahkan warung internet (WARNET) pun dapat di kategorikan Intranet.

Antar Intranet dapat saling berkomunikasi satu dengan yang lainnya melalui sambungan Internet yang memberikan tulang punggung komunikasi jarak jauh. Akan tetapi sebetulnya sebuah Intranet tidak perlu sambungan luar ke

Internet untuk berfungsi secara benar. Intranet menggunakan semua protocol TCP/IP Protokol TCP/IP, alamat IP, dan protokol lainnya), klien dan juga server.

Protokol HTTP dan beberapa protokol Internet lainnya (FTP, POP3, atau SMTP) umumnya merupakan komponen protokol yang sering digunakan. sebuah intranet dapat dipahami sebagai sebuah “versi pribadi dari jaringan Internet”, atau sebagai sebuah versi dari Internet yang dimiliki oleh sebuah organisasi.

Internet dapat diartikan sebagai jaringan komputer luas dan besar yang mendunia, yaitu menghubungkan pemakai komputer dari suatu negara ke negara lain di seluruh dunia, dimana di dalamnya terdapat berbagai sumber daya informasi dari mulai yang statis hingga yang dinamis dan interaktif.

Internet

Internet merupakan singkatan dari interconnection-networking merupakan seluruh jaringan komputer yang saling terhubung dengan menggunakan suatu standar sistem global Transmission Control Protocol/Internet Protocol Suite (TCP/IP) yang digunakan sebagai protokol pertukaran paket untuk melayani miliaran pengguna yang terdapat di seluruh dunia.

Rangkaian internet yang terbesar tersebut dinamakan dengan Internet. Cara menghubungkan rangkaian dengan menggunakan kaidah ini dinamakan dengan internetworking (“antarjaringan”).

Wireless (Jaringan Tanpa Kabel)

Wireless adalah Jenis Jaringan Komputer yang menggunakan media transmisi data tanpa menggunakan kabel. Media yang digunakan seperti gelombang radio, inframerah, bluetooth, dan microwave. Wireless dapat difungsikan kedalam jaringan LAN, MAN, maupun WAN.

Baca juga : Pengertian Usaha, Energi dan Daya Beserta Rumusnya !

Demikian definisi tentang Local Area Network (LAN), Metropolitan Area Network (MAN), Wide Area Network (AN), Internet, dan Wireless yakni jaringan tanpa kabel yang dapat kami sampaikan. Semoga informasi ini dapat menambah wawasan sobat. Sampai jumpa pada artikel selanjutnya yaa 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *