Pengertian Investasi Menurut Para Ahli Lengkap !

Posted on

Pengertian Investasi Menurut Para Ahli – Sangat penting bagi kita untuk mempelajari Ilmu Ekonomi terutama dalam bidang Investasi. Sebelum membahas lebih jauh tentang Investasi sebaiknya kita mempelajari lebih dulu tentang pengertian Investasi Secara Umum dan Pengertian Investasi Menurut Para Ahli.

Pengertian Investasi Menurut Para Ahli Lengkap !

Pengertian Investasi Secara Umum

Pengertian Investasi adalah suatu istilah dengan beberapa pengertian yang berhubungan dengan keuangan dan ekonomi.

Investasi juga berkaitan dengan akumulasi suatu bentuk aktiva dengan suatu harapan mendapatkan keuntungan pada masa depan. Sehingga investasi juga dapat diartikan sebagai penanaman modal.

Dapat disimpulkan bahwa Investasi adalah suatu istilah dengan beberapa pengertian yang berhubungan dengan keuangan dan ekonomi.

Baca juga : Pengertian Negara Maju dan Negara Berkembang ( Ciri-ciri, Indikator dan Contohnya )

Pengertian Investasi Menurut Para Ahli

Berikut adalah definisi investasi menurut para ahli :

Fitz Gerald

Investasi merupakan kegiatan yang berkaitan dengan usaha penarikan sumber-sumber yang dipakai untuk mengadakan modal barang pada saat sekarang.

Jogiyanto (2010:5)

Pengertian Investasi adalah penundaan konsumsi sekarang untuk dimasukkan ke aktiva produktif selama periode waktu tertentu.

James C Van Horn

Investasi merupakan kegiatan yang dilangsungkan adalah dengan memanfaatkan kas pada sekarang ini, dengan tujuan untuk mendapatkan hasil barang di masa yang akan datang.

Gitman dan Joehnk (2005:3)

Pengertian investasi adalah suatu sarana dimana dana dapat ditempatkan dengan harapan hal tersebut akan menghasilkan pendapatan positif dan/atau menjaga atau meningkatkan nilainya.

Haming dan Basalamah

Pengertian investasi adalah pengeluaran pada saat sekarang untuk membeli aktiva real (tanah, rumah, mobil, dan lain-lain) atau juga aktiva keuangan mempunyai tujuan untuk mendapatkan penghasilan yang lebih besar lagi dimasa yang mendatang, selanjutnya dikatakan juga investasi ialah aktivitas yang berkaitan dengan usaha penarikan sumber-sumber (dana) yang digunakan untuk mengadakan barang modal pada saat sekarang, dan dengan barang modal tersebut akan dihasilkan aliran produk baru di masa yang akan datang.

Henry Simamora

Investasi menurut pandangan Henry Simamora merupakan suatu aktiva yang digunakan oleh perusahaan untuk menambahkan atau pertumbuhan kekayaannya melalui distribusi hasil investasi (misal pedapatan bunga, royalty, deviden, pendapatan sewa dan lain -lain ), untuk apresiasi nilai investasi, atau juga untuk manfaat lain bagi suatu perusahaan yang berinvestasi,yang seperti manfaat yang diperoleh melalui hubungan dagang.

Mulyadi

Investasi adalah pengaitan sumber-sumber dalam jangka panjang untuk mendapatkan hasil laba di masa yang akan datang.

Sunariyah (2004:4)

Menurut Sunariyah Investasi adalah penanaman modal untuk satu atau lebih aktiva yang dimiliki dan biasanya berjangka waktu lama dengan harapan mendapatkan keuntungan di masa-masa yang akan datang.

Sadono Sukirno

Menurut Sadono Sukirno pengertian investasi adalah sebagai pengeluaran atau pembelanjaan penanam-penanam suatu modal atau perusahaan untuk membeli barang-barang modal dan juga perlengkapan-perlengkapan produksi untuk menambah kemampuan memproduksi barang-barang dan juga jasa-jasa yang tersedia dalam perekonomian.

Baca juga : Pengertian Modem, Jenis-jenis dan Fungsi Modem Lengkap !

Demikian Definisi Investasi Secara Umum dan Menurut Para Ahli. Semoga artikel ini dapat menambah pengetahuan kita tentang Ilmu Ekonomi yaa sobat. Sampai jumpa pada artikel pedidikan di Sumberpengertian.com selanjutnya 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *