Pengertian Interaksi Sosial Menurut Para Ahli dan Jenisnya

Posted on

Dalam kehidupan sosial khususnya ketika terjun di dalam masyarakat banyak terjadi interaksi sosial. Meski sering kita lakukan, namun tentu masih banyak dari kalian yang belum paham tentang pengertian Interaksi Sosial.

Untuk itu admin Sumberpengertian.com akan membagikan informasi terkait pengertian Interaksi Sosial, Jenis Interaksi Sosial, serta Faktor Pembentuknya. Yuk simak penjelasannya dengan seksama.

Pengertian Interaksi Sosial Menurut Para Ahli

Pengertian Interaksi Sosial

Pengertian Interaksi Sosial adalah suatu hubungan-hubungan sosial yang menyangkut hubungan antarindividu, individu dengan kelompok, maupun hubungan kelompok dengan kelompok.

Pengertian Interaksi Sosial Menurut Para Ahli

Wikipedia

Menurut Wikipedia, Pengertian Interaksi Sosial adalah suatu fondasi dari hubungan yang berupa tindakan yang berdasarkan norma dan nilai sosial yang berlaku dan diterapkan di dalam masyarakat.

Soerjono Soekanto

Pengertian Interaksi Sosial menurut Soerjono Soekanto adalah proses sosial tentang cara berhubungan yang bisa dilihat jika individu dengan kelompok sosial saling bertemu lalu menentukan sistem dan hubungan sosial.

Astrid. S. Susanti

Astrid. S. Susanti  berpendapat bahwa Interaksi Sosial merupakan hubungan antar manusia yang menciptakan hubungan tetap dan pada akhirnya memungkinkan pembuatan struktur sosial.

Kimball Young dan Raymond W. Mack

Pengertian Interaksi Sosial adalah hubungan sosial yang dinamis yang menyangkut hubungan antar individu, individu dengan kelompok, atau pun kelompok dengan kelompok lainnya.

Bonner

Menurut Bonner pengertian Interaksi Sosial adalah suatu hubungan antar dua individu atau lebih yang saling mempengaruhi, mengubah, atau memperbaiki kelakuan individu lain atau sebaliknya.

Homans

Homans berpendapat Interaksi Sosial adalah suatu keadaan ketika suatu aktivitas (kegiatan) yang dilakukan oleh seseorang terhadap individu lain diberi ganjaran atau hukuman dengan memakai suatu tindakan oleh pasangannya.

Gilin

Pengertian Interaksi Sosial menurut Gilin adalah hubungan-hubungan sosial yang dinamis dan menyangkut hubungan antar individu dan kelompok atau antar kelompok.

Macionis

Interaksi Sosial menurut Macionis ialah proses aksi (tindakan) dan reaksi (membalas tindakan) yang dilakukan oleh seseorang dalam berhubungan dengan orang lain.

Broom dan Selznic

Pengertian Interaksi Sosial merupakan proses aksi (tindakan) yang dilandasi oleh kesadaran adanya orang lain dan proses menyesuaikan tindakan balasan (respon) sesuai dengan tindakan orang lain.

Baca juga : Pengertian Legenda, Ciri-ciri dan Jenisnya

Jenis-jenis Interaksi Sosial

Interaksi sosial terbagi ke dalam dua bentuk yakni Interaksi Sosial Asosiatif dan Interaksi Sosial Disosiatif.

Interaksi Sosial Asosiatif

Berikut adalah beberapa contoh dalam Interaksi Sosial Asosiatif :

Kerja Sama (Cooperation)

Kerja sama merupakan suatu usaha bersama antar individu atau kelompok untuk mencapai tujuan bersama.

Akomodasi (Accomodation)

Akomidasi yakni proses penyesuaian sosial dalam interaksi antarindividu dan antarkelompok untuk meredakan pertentangan.

Asimilasi (Assimilation)

Asimilasi merupakan proses ke arah peleburan kebudayaan sehingga setiap pihak dapat merasakan kebudayaan tunggal sebagai milik bersama.

Akulturasi (Acculturation)

Akulturasi adalah proses yang timbul dari suatu kebudayaan untuk menerima unsur budaya asing tanpa menyebabkan kebribadian budaya sendiri hilang.

Interaksi Sosial Disosiatif

Selain Interaksi Sosial Asosiatif, terdapat Interaksi Sosial yang disebut Disosiatif. Beberapa bentuk Interaksi Sosial ini diantaranya :

Persaingan (Competition)

Persaingan atau kompetisi adalah suatu perjuangan dari berbagai pihak yang lomba-lomba untuk mencapai suatu tujuan yang sama.

Kontraversi

Kontraversi merupakan suatu bentuk proses sosial yang menunjukkan ketidaksenangan atau ketidakpuasan terhadap pihak lain baik secara sembunyi atau terang-terangan.

Pertentangan dan Konflik Sosial

Pertentangan atau konflik sosial yakni proses sosial antar individu atau kelompok masyarakat tertentu akibat adanya perbedaan paham dan kepentingan yang sangat mendasar sehingga menimbulkan adanya semacam jurang pemisah antara mereka.

Baca juga : Pengertian Masyarakat Madani Menurut Para Ahli, Unsur dan Cirinya

Faktor Pembentuk Interaksi Sosial

Interaksi Sosial terbentuk dari beberapa faktor yakni :

  • Imitasi
  • Identifikasi
  • Sugesti
  • Simpati
  • Motivasi
  • Empati

Demikian pengertian Interaksi Sosial, faktor pembentuk, serta beberapa jenis Interaksi Sosial. Semoga informasi yang admin sampaikan ini dapat bermanfaat bagi para pembaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *