Pengertian Interaksi Antar Ruang (Pengertian Ruang dan Interaksi Antarruang)

Posted on

Pengertian Interaksi Antarruang – Hai sobat Sumberpengertian.com jumpa lagi dengan admin. Sebelumnya kita telah membahas tentang Pengertian Sinkronik dan Diakronik. Kali ini kita akan beralih ke bidang ilmu sosial yakni dengan tema Interaksi Antarruang. Apasih Pengertian Ruang dan Interaksi Antarruang? Yuk langsung saja simak penjelasannya !

Pengertian Interaksi Antarruang (Ruang dan Antarruang)

Pengertian Ruang

Penegrtian Ruang merupakan sebuah tempat di permukaan bumi, baik secara keseluruhan maupun hanya sebagian yang digunakan oleh makhluk hidup untuk tinggal.

Dalam hal ini ruang tidak hanya sebatas udara yang bersentuhan dengan permukaan bumi, tetapi juga lapisan atmosfer terbawah yang memengaruhi permukaan bumi.

Dapat dikatakan bahwa ruang mencakup perairan yang ada di permukaan bumi yakni laut, sungai, dan danau maupun yang ada di bawah permukaan bumi (air tanah) sampai kedalaman tertentu.

Pengertian Interaksi Antarruang

Pengertian Interaksi antar ruang merupakan suatu cara mengelola ruang-ruang berdasarkan potensi dan permasalahannya dan keterkaitan suatu ruang dengan ruang-ruang yang ada disekitarnya.

Keterkaitan antar lokasi atau ruang dapat dilihat secara fisik maupun non fisik.

Bentuk Interaksi Antarruang

Terdapat beberapa bentuk interaksi antarruang diantaranya :

Mobilitas Penduduk

Bentuk interaksi ruang yang pertama adalah Mobilitas penduduk, Mobilitas penduduk adalah Interaksi dalam bentuk pergerakan atau perpindahan manusia, contohnya emigrasi, imigrasi, transmigrasi, urbanisasi, perjalanan penduduk antar wilayah untuk bekerja atau wisata.

Komunikasi

Komunikasi adalah interaksi melalui perpindahan ide atau gagasan dan informasi, contohnya pengiriman informasi baik secara langsung maupun tidak langsung seperti membaca berita, melihat tayangan televisi, internet dan lain-lain.

Transportasi

Transportasi adalah interaksi melalui perpindahan barang atau energi, contohnya pengakutan barang, pergadangan dan lain-lain.

Syarat-syarat Terjadi Interaksi Antarruang

Interaksi Antarruang dapat terjadi jika memenuhi syarat-syarat dibawah ini :

Saling melengkapi (complementarity)

Syarat terjadinya interaksi antarruang yakni saling melengkapi. Kondisi saling melengkapi terjadi jika ada wilayah-wilayah yang berbeda komoditas yang dihasilkannya.

Kesempatan antara (intervening opportunity)

Kesempatan antara adalah sebuah lokasi yang menawarkan alternatif lebih baik sebagai tempat asal maupun tempat tujuan.

Keadaan dapat diserahkan/dipindahkan (transferability)

Kemudahan dalam bertransaksi merupakan hal yang penting agar tercipta interaksi antaruang. Dalam hal ini pengangkutan barang atau juga orang memerlukan biaya. Biaya untuk terjadinya interaksi tersebut harus lebih rendah dibandingkan dengan keuntungan yang diperoleh.

Demikian pengertian Ruang dan Interaksi Antarruang yang dapat kami informasikan kepada sobat. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sampai jumpa pada artikel selanjutnya yaa 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *