10 Pengertian Implementasi Menurut Para Ahli

Posted on

Selamat pagi sobat, pada kesempatan in admin akan berbagi informasi terkait pokok bahasan Pengertian Inmplementasi. Mohon untuk menyimak dengan seksama penjelasan yang admin berikan yaa 🙂

Pengertian Implementasi Menurut Para Ahli

Pengertian Implementasi

Pengertian Implementasi adalah pelaksanaan dari sebuah rencana yang telah disusun dengan matang.

Kata Implementasi berasal dari Bahasa Inggris, “To Implement” yang artinya adalah mengimplementasikan.

Baca juga : 10 Pengertian Revolusi Menurut Para Ahli

Pengertian Implementasi Menurut Para Ahli

Kamus Besar Bahasa Indonesia ( KBBI )

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, Implementasi adalah pelaksanaan atau penerapan.

Budi Winarno

Menurut Budi Winarno, pengertian implementasi adalah tindakan-tindakan yang harus dilakukan oleh sekelompok individu yang telah ditunjuk untuk menyelesaikan suatu tujuan yang telah ditetapan sebelumnya.

Nurdin Usman ( 2002:70 )

Nurdin Usman berpendapat bahwa implementasi bermuara pada aktivitas, aksi, tindakan, atau adanya mekanisme suatu sistem. Implementasi bukan sekedar aktivitas, tetapi suatu kegiatan yang terencana dan untuk mencapai tujuan kegiatan.

Menurut Mazmanian dan Sabatier

Pengertian Implementasi adalah pelaksanaan dari kebijakan dasar hukum juga berbentuk dalam bentuk perintah atau keputusan, atau putusan pengadilan.

Proses pelaksanaan berlangsung setelah sejumlah tahapan seperti tahapan pengesahan undang-undang, dan kemudian output dalam bentuk pelaksanaan keputusan kebijakan, dan seterusnya sampai kebijakan korektif yang bersangkutan.

Daniel A. Mazmanian dan Paul Sabatier ( 1979 )

Menurut Daniel A. Mazmanian dan Paul Sabatier, pengertian implementasi adalah emahaman yang akan terjadi setelah menetapkan suatu program yang menjadi fokus perhatian pemerintah yang merancang implmentasi kebijakan.

Dikatakan juga bahwa Implementasi merupakan kejadian yang terjadi setelah dibuat dan disahkan pedoman kebijakan negara.

Harsono ( 2002 : 67 )

Menurut Hanifah Harsono, Implementasi adalah suatu proses untuk melaksanakan kebijakan menjadi tindakan kebijakan dari politik ke dalam administrasi. Pengembangan kebijakan dalam rangka penyempurnaan suatu program.

Solichin Abdul Wahab (1997: 63)

Pandangan Implementasi menurut Solichin Abdul Wahab adalah tindakan-tindakan yang dilakukan baik oleh individu-individu, pejabat-pejabat, atau kelompok – kelompok pemerintah atau swasta yang diarahkan pada tercapainya tujuan – tujuan yang telah digariskan dalam keputusan kebijakan.

Baca juga : Pengertian Teks Eksplanasi Menurut Para Ahli Beserta Strukturnya

Prof. H. Tachjan ( 2006: 25 )

Prof. H. Tachjan mengartikan Implementasi sebagai kebijakan publik adalah proses kegiatan administrasi yang dilakukan setelah kebijakan ditetapkan / disetujui Kegiatan ini terletak di antara perumusan kebijakan dan Implementasi Kebijakan evaluasi kebijakan mengandung logika yang top-down, yang berarti lebih rendah / alternatif menginterpretasikan.

Van Meter dan Van Horn

Pengertian implementasi menurut Van Meter dan Van Horn adalah pelaksanaan tindakan oleh individu, pejabat, instansi pemerintah atau kelompok swasta yang bertujuan untuk mencapai tujuan yang telah digariskan dalam keputusan tertentu. Badan-badan ini melaksanakan tugas-tugas pemerintahan yang berdampak pada warga.

Menurut Friedrich

Implementasi adalah Kebijakan adalah suatu tindakan yang mengarah pada tujuan yang diusulkan oleh seseorang, kelompok atau pemerintah dalam lingkungan tertentu sehubungan dengan adanya hambatan-hambatan tertentu seraya mencari peluang-peluang untuk mencapai tujuan atau mewujudkan sasaran yang diinginkan.

Demikian pengertian implementasi baik secara umum maupun menurut para ahli yang telah kami rangkum dari berbagai sumber. Semoga informasi yang telah Sumberpengertian.com berikan ini dapat menambah wawasan sobat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *