Pengertian Ilmu Kimia Secara Umum dan Menurut Para Ahli !

Posted on

Pengertian Ilmu Kimia – Dari pokok bahasan Bahasa Indonesia kita beralih ke materi Kimia. Oh iya sebelum membahas lebih jauh tentang sub bab Ilmu Kimia sebaiknya kita mempelajari hakikat Ilmu Kimia. Pada artikel ini kita akan membahas lebih lanjut tentang gambaran Ilmu Kimia Secara Umum dan Menurut Pandangan Para Ahli.


Pengertian Ilmu Kimia Secara Umum dan Menurut Para Ahli !

Pengertian Ilmu Kimia

Pengertian Ilmu Kimia adalah suatu ilmu yang mempelajari tentang komposisi, struktur, sifat dan perubahan dari suatu zat.

Istilah Kimia berasal dari bahasa Arab: كيمياء, transliterasi: kimiya yakni perubahan benda/zat atau dari bahasa Yunani: ÷çىهكل, transliterasi: khemeia yakni ilmu yang mempelajari mengenai komposisi, struktur, dan sifat zat atau materi dari skala atom hingga molekul serta perubahan atau transformasi serta interaksi mereka untuk membentuk materi yang ditemukan dalam kehidupan sehari-hari.

Ilmu Kimia cukup erat kaitannya dengan permasalahan-permasalahan sifat suatu unsur dan atom, bagaiaman pembentukan suatu senyawa, bagaimana atom berikatan satu sama lain, apa kegunaan dari suatu material, serta bagaimana reaksi yang dapat dimanfaatkan dalam kehidupan manusia.

Pengertian Ilmu Kimia Menurut Para Ahli

Menurut Brady ( 1994 : 3 )

Pengertan Ilmu Kimia adalah sebuah ilmu mengenal bahan kimia.

Bahan kimia bukanlah zat abstrak yang perlu ditakuti oleh manusia biasa.

Bahan ini mencakup benda yang ada di sekitar kita. Selanjutnya ilmu kimia dapat didefinisikan sebagai ilmu murni yang mempelajari bahan-bahan yang ada di alam semesta, interaksi diantaranya dan perubahan energy yang berhubungan atau disebabkan oleh adanya perubahan-perubahan alam.

Agung Nugroho Catur Saputro & Irwan Nugraha, ( 2008)

Ilmu kimia merupakan ilmu pengetahuan alam yang mempelajari tentang materi yang meliputi struktur, susunan, sifat, dan perubahan materi serta energi yang menyertainya.

Irfan Anshory (2000: 3)

Pengertian ilmu kimia menurut Irfan Anshory adalah cabang ilmu pengetahuan alam yang mempelajari struktur materi, sifat-sifat materi, perubahan suatu materi menjadi materi lain, serta energy yang menyertai perubahan materi.

Wikipedia

Kimia adalah cabang dari ilmu fisik yang mempelajari tentang susunan, struktur, sifat, dan perubahan materi.

Baca juga : Pengertian Penyerbukan Sendiri (Autogami) dan Macamnya !

Cabang Ilmu Kimia

Ilmu Kimia memiliki beberapa cabang meliputi :

Kimia analitik

Kimia analitik adalah sebuah ilmu kimia yang menganalisis bahan rekaman untuk mendapatkan suatu pemahaman tentang komposisi kimia dan struktur.

Biokimia

Biokimia merupakan cabang ilmu kimia yang mengkaji reaksi, interaksi dan senyawa kimia yang terjadi dalam organisme hidup. Biokimia dan kimia organik berhubungan erat, seperti dalam kimia neurokimia atau medisinal.

Kimia anorganik

Kimia anorganik merupakan cabang ilmu kimia yang mempelajari reaksi dan sifat senyawa anorganik. Perbedaan antara bidang organik dan anorganik tidak begitu mutlak, khususnya di bidang kimia organologam.

Kimia organik

Kimia organik merupakan cabang ilmu kimia yang mempelajari struktur, sifat, komposisi, mekanisme, dan reaksi senyawa organik. Suatu senyawa organik sebagai segala senyawa yang berdasarkan rantai karbon.

Kimia fisik

Kimia fisik merupakan cabang ilmu kimia yang mempelajari dasar fisik sistem dan proses kimia, khususnya, dinamika dan energetika sistem. Daerah penting dalam penelitian ini antara spektroskopi, kinetika kimia, elektrokimia, mekanika statistik dan termodinamika kimia.

Baca juga : Pengertian Dialog Interaktif Lengkap ( Unsur, Ciri-ciri, Tujuan, dan Contohnya )

Inilah Pengertian Ilmu Kimia secara umum dan Menurut Pendapat Para Ahli serta beberapa cabang ilmu kimia. Semoga artikel yang kami sajikan ini dapat memperluas wawasan kita semua. Sampai jumpa pada artikel pendidikan di Sumberpengertian.com yaa 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *