11 Pengertian Iklan Menurut Para Ahli

Posted on

Pengertian Iklan Menurut Para Ahli – Iklan seringkali kita lihat dalam tayangan televisi, koran, majalah, bahkan banyak tersebar dalam situs online. Bagi sobat yang penasaran apa itu iklan, simaklah artikel di Sumberpengertian.com ini dengan seksama yaa 🙂

Pengertian Iklan Menurut Para Ahli

Pengertian Iklan Secara Umum

Iklan merupakan segala bentuk pesan promosi benda seperti barang, jasa, tempat usaha, dan ide yang disampaikan melalui media dengan biaya sponsor dan ditunjukan kepada sebagian besar masyarakat.

Baca juga : Pengertian Jual Beli Secara Umum

Pengertian Iklan Menurut Para Ahli

Umar (2000:36)

Menurut Umar perikalanan merupakan tiap-tiap bentuk penyajian dan promosi bukan pribadi yang dibayar, mengenai gagasan, barang atau jasa oleh sponsor yang teridentifikasi.

Suhandang (2010:13)

Suhandang mengartikan periklanan (advertising) sebagai suatu proses komunikasi massa yang melibatkan sponsor tertentu, yakni si pemasang iklan (pengiklan), yang membayar jasa sebuah mediamassa atas penyiaran iklannya, misalnya, melalui program siaran televisi.

Peter dan Olson (2000:181),

Menurut Peter dan Olson iklan atau advertising adalah penyajian informasi non personal tentang suatu produk, merek, perusahaan, atau toko yang dilakukan dengan bayaran tertentu.

Kriyantono (2008)

Kriyanti mengartikan bahwa iklan merupakan bentuk komunikasi non-personal yang menjual pesan-pesan secara persuasif dari sponsor yang jelas guna untuk mempengaruhi orang agar membeli produk dengan membayar biaya untuk media yang digunakan.

Gilson & Berkman (1980)

Menurut Gilson & Berkman iklan adalah media komunikasi persuasif yang dirancang sedemikian rupa untuk menghasilkan respon dan membantu tercapainya objektifitas atau tujuan pemasaran.

Durianto (2003)

Durianto mengatikan iklan sebagai proses komunikasi yang tujuannya untuk membujuk atau menggiring orang agar mengambil tindakan yang menguntungkan bagi pihak pembuat iklan.

Russel & Lane (1990)

Russel & Lane berpendapat bahwa iklan ialah suatu pesan yang dibayar oleh sponsor dan disampaikan melalui beberapa media komunikasi massa.

Baca juga : 9 Pengertian Konflik Menurut Para Ahli

Lee (2004)

Menurut Lee iklan ialah sebuah komunikasi komersil dan non-personal tentang sebuah organisasi dan produk-produknya yang ditransmisikan ke khalayak ramai dengan target melalui media yang bersifat massal seperti televisi, radio, koran, majalah, direct mail (pengeposan langsung), reklame luar ruang, atau kendaraan umum.

Kotler (2002)

Kotler mengartikan periklanan sebagai bentuk penyajian dan promosi tentang ide, barang atau jasa secara non-personal oleh suatu sponsor tertentu yang memerlukan pembayaran.

Wells (1992)

Menurut Wells iklan merupakan salah satu bentuk komunikasi non-personal yang dibayar oleh pihak sponsor dengan menggunakan media massa dan bertujuan untuk membujuk dan mempengaruhi audience (penonton, pendengar atau pembaca).

Rhenald Kasali (1992)

Menurut Rhenald Kasali iklan secara sederhana ialah sebuah pesan yang menawarkan suatu produk yang ditujukan kepada masyarakat melalui media.

Demikian pengertian iklan yang dapat kami informasikan untuk sobat. Semoga info ini dapat memberi manfaat bagi kita semua. Sampai jumpa pada artikel selanjutnya yaa 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *