Pengertian Ideologi Secara Umum dan Menurut Para Ahli

PPKN Melisa

Pengertian Ideologi Menurut Para Ahli – Selamat pagi sobat, berjumpa lagi dengan Sumberpengertian.com yang akan membagikan informasi tentang pengertian ideologi. Ideologi sangatlah penting bagi sebuah negara. Jadi apa itu ideologi ? Yuk kita simak artikel selengkapnya yaa 🙂

Pengertian Ideologi Secara Umum dan Menurut Para Ahli

Pengertian Ideologi

Ideologi merupakan hasil penemuan dalam pikiran yang berupa pengetahuan atau juga teori.
Ideologi berasal dari Bahasa Yunani, yakni dari kata “idea” dan “logi”. Idea artinya melihat dan logi yakni dari kata logos yakni pengertian atau teori.

Jadi dapat diartikan pula bahwa Ideologi suatu kumpulan konsep bersistem yang dijadikan sebagai asas, pendapat (kejadian) yang memberikan arah dan tujuan untuk sebagai kelangsungan hidup.

Pengertian Ideologi Menurut Para Ahli

Terdapat beberapa definisi atau pengertian dari para ahli diantaranya :

Karl Marx

Ideologi menurut Karl Marx adalah kesadaran palsu, karena ideologi adalah suatu hasil pemikiran yang diciptakan oleh pemikirnya yang ditentukan oleh kepentingannya.

Nicollo Machiavelli

Menurut Nicollo Machiavelli, Ideologi adalah pengetahuan mengenai cara menyembunyikan kepentingan, mendapatkan, serta mempertahankan kekuasaan dengan memanfaatkan konsepsi-konsepsi keagamaan dan tipu daya.

Frans Magnis Suseno

Ideologi berdasarkan pandangan Frans Magnis Suseno adalah keseluruhan sistem berpikir dan sikap dasar rohaniah sebuah gerakan, kelompok sosial, atau individu.

Karl Maanheim

Karl Maanheim berpendapat bahwa Ideologi adalah sistem pemikiran yang berguna dalam mempertahankan orde sosial tertentu.

Louis Althuser

Ideologi menurut Louis Althuser adalah suatu gagasan yang spekulatif, namun bukan gagasan palsu, karena bukan dimaksudkan untuk menggambarkan suatu realitas melainkan untuk dapat memberikan gambaran mengenai bagaimana semestinya manusia itu dapat menjalani hidupnya.

Thomas H.

Pengertian Ideologi adalah suatu cara untuk melindungi kekuasaan pemerintah agar dapat bertahan dan mengatur rakyatnya.

Antonine Destut de Tracy

Ideologi menurut Antonine Destut de Tracy adalah ilmu mengenai gagasan atau ilmu tentang ide-ide yang sesuai dengan realita dan sejalan dengan akal budi bukan khayalan atau gagasan palsu.

Baca juga : Pengertian Kanker Serviks Lengkap (Gejala-gejala dan Faktor Penyebab Kanker Seviks)

Francis Bacon

Francis Bacon berpendapat bahwa Ideologi adalah sintesa pemikiran mendasar dari suatu konsep hidup. Sintesa maksudnya adalah paduan berbagai pengertian agar semuanya menjadi selaras.

W. White

Pengertian Ideologi menurut W. White adalah cita-cita politik atau doktrin (ajaran) dari suatu lapisan masyarakat atau sekelompok manusia yang dapat dibeda-bedakan.

A.S. Hornby

A.S. Hornby menyatakan Ideologi adalah seperangkat gagasan yang membentuk landasan teori ekonomi dan politik yang dipegang oleh seseorang atau sekelompok orang.

Napoleon

Ideologi menurut Napoleon adalah keseluruhan pemikiran politik serta juga rival-rivalnya.

Silvio Vietta

Pengertian Ideologi adalah bentuk perlindungan kumpulan ide terhadap tingkah politik yang tidak rasional yang bertindak dalam wujud idealisme.

Soerjanto Poespowardoyo

Ideologi menurut Soerjanto Poespowardoyo adalah kompleks pengetahuan dan macam-macam nilai, yang secara universal menjadi landasan bagi seseorang atau juga masyarakat untuk dapat memahami jagat raya serta bumi seisinya dan juga menentukan sikap dasar untuk dapat mengolahnya.

Gunawan Setiardjo

Ideologi menurut Gunawan Setiardjo adalah kumpulan ide, gagasan, atau akidah yang melahirkan aturan-aturan dalam kehidupan.

Ali Syariati

Pandangan Ideologi menurut Ali Syariati adalah keyakinan-keyakinan dan gagasan-gagasan yang ditaati oleh suatu kelompok, suatu kelas sosial, suatu bangsa, atau suatu ras tertentu.

M. Sastra Prateja

M. Sastra Prateja berpendapat bahwa Ideologi adalah sebagai perangkat gagasan atau pemikiran yang berorientasi pada tindakan yang diorganisir menjadi suatu sistem yang teratur.

Murdiono

Pengertian Ideologi adalah kompleks pengetahuan dan nilai yang secara keseluruhan menjadi landasan bagi seseorang atau masyarakat untuk memahami jagad raya dan bumi seisinya serta menentukan sikap dasar untuk mengelolanya.

Soerjanto Poespowardoyo

Menurut Soerjanto Poespowardoyo Ideologi adalah kompleks pengetahuan dan macam-macam nilai, yang secara universal menjadi landasan bagi seseorang atau juga masyarakat untuk dapat memahami jagat raya serta bumi seisinya dan juga menentukan sikap dasar untuk dapat mengolahnya.

Kirdi Dipoyuda

Ideologi merupakan suatu kesatuan gagasan-gagasan dasar yang sistematis dan menyeluruh tentang manusia dan kehidupannya baik individual maupun sosial, termasuk kehidupan bernegara.

Baca juga : Pengertian Mastubrasi (Onani) dan Hukumnya dalam Islam

Demikian Pengertian Ideologi secara umum dan menurut Para Ahli. Semoga artikel ini bermanfaat bagi para pembaca demikian pun untuk penulis. Sampai jumpa pada artikel selanjutnya di Sumberpengertian.com 🙂

You Might Also Like

No Comments

Leave a Reply